10 Kebiasaan Baru Menuju Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

 

Siapa yang tidak ingin hidup sehat, hidup bahagia? Pasti semua orang ingin hidup sehat dan bahagia, bukan? Tapi kenyataannya dengan begitu banyak masalah, ternyata tidaklah mudah untuk hidup sehat dan bahagia. Apa betul? Yakin sudah pasti tidak bisa?

Mari ikuti beberapa tips di bawah ini supaya kamu bisa hidup sehat dan bahagia. Beberapa tips yang saya tuliskan di bawah ini tidak sulit dikerjakan. Kamu hanya perlu praktek, melakukannya dengan penuh kesadaran, konsisten dan mulailah punya kebiasaan baru.

 

10 kebiasaan baru menuju hidup sehat dan bahagia

Berbeda dengan cara kerja tubuh kita yang memang sudah otomatis seperti bernapas atau tidur yang kita tidak perlu berusaha sekuat tenaga, untuk menjadi bahagia  dan sehat itu perlu usaha yang keras.
Kebanyakan dari kita, tidak merasakan kebahagiaan dalam hidup kita. Kadang kita merasa bahwa untuk bahagia kita perlu punya uang yang banyak atau untuk merasa bahagia kita perlu punya mobil yang keren, tapi kenyataannya, pada saat kita sudah punya uang yang banyak atau punya mobil yang keren itu, kita tetap tidak merasa bahagia.
Kita sering membaca di berita-berita, begitu banyak orang kaya dan terkenal yang memilih bunuh diri atau kecanduan obat terlarang.
Jadi sebenarnya semua manusia mencari sesuatu. Sesuatu yang tidak terlihat secara kasat mata. Sesuatu yang dapat memberikan kebahagiaan dalam hidupnya.
Percaya atau tidak.. saat kamu sedang sehat-sehatnya pun belum tentu kamu merasa bahagia. Tetapi ada penelitian yang mengatakan bahwa kesehatan berhubungan dengan kebahagiaan. Semakin bahagia kamu, akan semakin sehat kamu.

Untuk memperoleh kebahagiaan, kita perlu mulai menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan mendukung kita secara fisik maupun secara psikis untuk mencapai kebahagiaan kita.

Mari kita coba 10 kebiasaan yang dapat membantu kita menjadi lebih bahagia dan juga lebih sehat.

 

1. Makan Sehat

Diet yang sehat tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Makanan yang enak seperti nasi, bakmi, dessert yang menyenangkan memang memberikan kesenangan sebentar, tapi nantinya akan mengganggu mood kamu.

Percayakah kamu bahwa diet sangat penting untuk kondisi emosional kamu. Bahkan ada riset yang sudah membuktikan bahwa makanan dapat berpengaruh kepada kesehatan mental dan makanan bahkan dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kejiwaan.

Ternyata orang yang banyak makan makanan yang diproses seperti daging kalengan, gula, dairy food, karbohidrat seperti kentang, nasi, bakmi lebih memiliki kecenderungan tinggi menjadi depresi. Orang yang lebih banyak mengkonsumsi sayuran segar, olive oil, karbohidrat kompleks malahan lebih bahagia dan tidak beresiko tinggi terhadap depresi.

healthy diet

So.. mulai sekarang coba pikir kembali kalau sudah mau masuk ke toko donut di mal itu. Senangnya sesaat saja kok, setelah itu mood kamu lebih gampang swing kalau banyak makan karbohidrat simple seperti itu.

2. Mulailah Olahraga Yang Menenangkan Seperti Yoga.

Ilmuwan membuktikan bahwa rutin yoga dapat membuat kamu lebih bahagia. Yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan tidak membuat tubuh kamu menjadi stress.

yoga

Ayo, mulai bersihkan yoga mat kamu dan mulai daftar latihan yoga di sekitar tempat tinggalmu!

3. Bersyukur Bersyukur Bersyukur

Buat kamu yang masih belum terbiasa dengan kebiasaan ini, coba untuk mulai bawa satu notebook kecil selalu bersama kamu, di dalamnya tuliskan hal-hal kecil yang membuat kamu bersyukur. Orang-orang di sekitar kamu, hal-hal yang terjadi, makanan atau minuman yang kamu dapatkan hari itu, ataupun hal-hal yang kamu temui pada hari itu. Namai buku tersebut Gratitude Note atau My Grace Book. Dengan memulai kebiasaan ini, optimisme kamu akan pelan-pelan berkembang. Lakukan ini setiap hari ya. Paling tidak selama 21 hari dulu. Dengan demikian, kamu jadi terbiasa melakukannya setiap hari dan seterusnya.

Dengan melakukan kebiasaan ini setiap hari 5 menit saja per harinya, kamu bisa melihat hal-hal kecil yang kamu miliki, dan kamu fokus dengan apa yang kamu dapat, bukan terhadap yang tidak mau dapat.

grateful

Hal ini bisa membantu mengurangi stress kamu karena dengan melihat pencapaian kamu, seberapapun kecilnya, kamu bisa lebih merasa optimis dan lebih merasakan ada harapan.

4. Belajar Mendengarkan

Jaman sekarang, banyak orang lebih fokus kepada gadget di tangan. Saat berbicara dengan lawan bicara, seringkali kita tetap sibuk dengan gadget kita. Cobalah untuk lebih perhatian kepada lawan bicara kita, stop bermain gadget atau membaca message di dalam handphone kita, cobalah untuk lebih mendengarkan lawan bicara kita supaya terjalin komunikasi yang sehat.

5. Banyak Berinteraksi Dengan Alam Sekitar

Sesekali lepaskan sepatumu saat berjalan di atas rumput, biarkan tubuh kamu merasakan alam di sekitarmu secara langsung. Jalan kaki di pagi hari, hirup udara pagi yang bebas polusi dan rasakan sinar matahari masuk ke pori-pori tubuh kamu. Coba lakukan kebiasaan ini dan rasakan diri kamu akan semakin positif dan merasa lebih tenang dan bahagia.

 

 

 

 

6. Mindfulness/Kesadaran Penuh

Kebanyakan dari kita melakukan kegiatan sehari-hari tanpa disadari sepenuhnya, bahkan karena sudah terbiasa, semua seperti dilakukan dengan mata tertutup. Apalagi dengan adanya gadget yang seru. Banyak dari kita yang begitu terserap dalam handphone, sampai-sampai tidak memperhatikan sekeliling kita saat berjalan kaki, menyeberang, atau bahkan saat menyetir.

Saat kamu melakukan segala sesuatu dengan kesadaran penuh, kita akan mengalami hidup di level yang berbeda, yang akan berpengaruh terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan kita.

Mindfulness

Ayo, letakkan handphone kamu di meja, atau simpan dalam tas, dan fokus pada apa yang sedang kamu lakukan saja, rasakan perbedaannya. Mulai saja dengan lima menit sehari, perhatikan apa yang terjadi.

7. Perhatikan Dirimu Sendiri

Hidup kita sehari-hari sudah penuh dengan kegiatan yang super padat dan tentunya membuat kita kecapekan dan stress. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mulai memperhatikan dirimu sendiri. Jadwal yang super padat dan stress yang kamu hadapi setiap hari itu tidak baik untuk kesehatan dan kebahagiaan kamu.

Memperhatikan diri sendiri itu bisa dimulai dengan berbicara pada diri sendiri dengan cara yang lembut. Dalam pikiran kita seringkali kita menghakimi diri kita sendiri, bahwa apa yang kita lakukan tidak cukup baik, tidak cukup keren, tidak cukup maksimal. Coba rubah cara bicara ke diri sendiri dengan lebih memberikan pujian, lebih menenangkan, dan lebih memperhatikan apa yang telah kamu lakukan. Meskipun ini dilakukan dalam hati, dalam pikiran kita, ini bisa membantu memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kamu.

Stop judging yourself. Be kind to yourself!

8. Lebih Banyak Memeluk

hugging

Pernah dengar studi yang mengatakan bahwa berpelukan dapat membantu kamu untuk menjadi lebih sehat? Saat berpelukan, otak kamu menghasilkan hormon oxytocin yang juga disebut hormon pengikat. Oxytocin ini membantu mengurangi tekanan darah dan cortisol

9. Stop Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Saat kamu membuka Facebook atau Instagram, apa yang kamu lihat dalam hidup orang lain bisa membuat kamu senang atau bahkan membuat kamu merasa seperti the biggest loser in the world.

Membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain yang kamu lihat hanya sekilas dari foto-foto di Facebook atau Instagram tidak akan membuat kamu bahagia. Membandingkan sedikit mungkin tidak apa-apa, tapi kalau kamu sampai terobsesi untuk mau jadi seperti orang lain, itu tentunya tidak sehat, dong!

Bahkan ada studi yang mengatakan bahwa semakin sering kamu scroll news feed di social media kamu, semakin rendah self-esteem kamu, rasa percaya diri kamu dan semakin tidak bahagia kamu jadinya.

Social Media

Bahkan, orang-orang yang memutuskan untuk meninggalkan sosial media menjadi lebih bahagia dan merasa lebih baik terhadap dirinya sendiri.

10. Meditasi 5 Menit Dalam Sehari.

Meditasi dapat membantu kamu untuk hidup lebih sehat dan lebih bahagia. Banyak hal baik yang akan kamu dapatkan termasuk otak kamu.

Meditasi sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stress, mengurangi depresi, kecemasan, menurunkan tekanan darah tinggi, sakit, dan meningkatkan ketenangan, kemampuan berkonsentrasi, kesadaran diri, dan kebahagiaan.

Cukup mulai bermeditasi selama 5 menit dalam sehari saja. Lakukan kebiasaan ini di pagi hari begitu bangun tidur, atau malam hari sebelum tidur.

Ayo, mulai kebiasaan-kebiasaan baru ini, dan rasakan perbedaan dalam hidup kamu! Ingat untuk mempertahankan kebiasaan baru kamu selama 21 hari supaya kamu bisa lanjut terus!

 

Be Healthy and Be Happy!