Anda pernah kedutan? Biasanya pasti Anda cari tahu kenapa kedutan, apa artinya? Orang Indonesia kebanyakan menganggap kedutan itu petunjuk akan terjadi sesuatu. Entah hal yang baik maupun yang buruk sesuai dengan posisi kedutannya.

Kalau kedutannya hanya sesekali, mungkin bisa kita abaikan. Tapi kalau sudah bertubi-tubi, pasti terganggu kan?

Mari kita bahas dari segi kesehatan. Ini mungkin memang petunjuk, yaitu petunjuk untuk memperbaiki kesehatan kita.

Kedutan kalau sering terjadi, jangan diabaikan begitu saja. Itu merupakan tanda dari tubuh kita. Bisa jadi kita terlalu lelah, mata diforsir untuk melihat layar monitor komputer terlalu lama, atau gangguan urat syaraf.

Kedutan yang biasa dirasakan terjadi di kelopak mata atas atau bawah, kadang di hidung, kadang di bibir atau bahkan lengan atas. Keadaan ini disebut Tetany. Tetany ini terjadi karena kekurangan mineral tertentu. Dan ini dikaitkan dengan Hypocalcemia yaitu kondisi kekurangan kalsium.

Tetany adalah konsisi yang menyebabkan kejutan otot/kontraksi otot pada bagian wajah, tangan, kaki yang biasanya terjadi karena kekurangan kalsium dalam tubuh.

Tuhan menciptakan tubuh kita ini sudah sedemikian pintar. Urat syaraf kecil yang terdapat di muka bisa memberikan signal ini.

Pertanyaannya:

Kenapa bisa terjadi kekurangan kalsium? Mungkin Anda merasa sudah makan sehat selama ini. Anda merasa sudah minum susu yang merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi atau banyak makan makanan yang mengandung kalsium atau bahkan minum suplemen kalsium.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

Fosfor yang berlebihan.

Kalau kita menjalani pola makan Atkins dalam jangka panjang, kemungkinan akan terjadi tingginya kadar fosfor dalam tubuh kita. Fosfor yang berlebihan akan menimbulkan kurangnya kalsium dalam tubuh. Kemungkinan lain adalah sering minum minuman bersoda seperti Coca Cola, Pepsi dan sebagainya. Minuman bersoda mengandung fosfor yang tinggi.

Parathyroid yang rendah.

Keadaan seperti ini biasanya jarang terjadi.

Kadar Magnesium yang rendah.

Kemungkinan berikutnya adalah kadar magnesium yang rendah.

Kondisi tubuh terlalu basa (Alkalosis)

Kondisi tubuh yang terlalu basa akan menyebabkan kurangnya kalsium karena darah tidak lagi bisa menyerap kalsium yang masuk.

Alkalosis (Terlalu Basa)

Kondisi alkalosis ini bisa terjadi pada siapa saja.

Misalnya Anda baru habis muntah-muntah, diare, atau minum pil diuretic.

Stress juga dapat menyebabkan kondisi alkalosis ini, karena hormone cortisol akan meningkat akibat terlalu akitfnya kelenjar adrenalin.

Hormon cortisol ini menyebabkan banyak H+ (asam) yang dibuang ke saluran kandung kemih. Kalau kita tes pH urin dan mendapati tingginya asam pada urin kita, kita cenderung akan mencoba membuat basa tubuh kita kan?

Unsur H+

Justru ini salah. H+ yang banyak terbuang menandakan tubuh kita terlalu basa (alkalosis). Kita harus minum minuman yang membuat kondisi asam kembali normal.

Bagaimana cara mengatasi Alkalosis?

Minumlah 1 gelas air bersama 1 sendok makan Apple Cider Vinegar. Ini akan membuat pH tubuh jadi kembali normal dan mulai menyerap kalsium. Kedutan akan berangsur hilang.

Apple Cider Vinegar

So, dicoba saja yaa! 🙂

Kebiasaan minum Apple Cider Vinegar ini jangan stop sampai kedutan hilang saja. Lanjutkan. Minum larutan cuka apel/Apple Cider Vinegar ini paling baik dilakukan pada pagi hari dengan perut kosong atau siang hari tetap kuncinya dengan perut kosong ya!

Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat Apple Cider Vinegar, silahkan baca artikel ini.

Be Healthy!

shares