Dalam artikel ini kita akan bahas manfaat minyak kelapa untuk kesehatan. Dan kebetulan minyak kelapa mudah sekali didapat di Indonesia. Kita termasuk beruntung karena dengan tersedianya minyak kelapa dimana-mana, harganya pun masih bisa terjangkau untuk banyak kalangan.

Minyak kelapa adalah salah satu makanan yang digolongkan sebagai superfood karena banyak manfaatnya untuk kesehatan. Di dalam minyak kelapa ada kandungan asam lemak (fatty acids) yang dapat menyehatkan tubuh. Manfaat yang diberikan ke tubuh juga banyak sekali.

Tapi kenapa banyak sekali orang yang menghindari kelapa dan produk turunannya termasuk minyak kelapa, santan dan lainnya. Bahkan kelapa ini dianggap sumber penyebab penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kolesterol.

Apakah betul seperti itu? Yuk dibaca!

Apakah Kandungan Dalam Minyak Kelapa?

Minyak Kelapa mengandung 70% minyak MCT (Medium-Chain Triglycerides). 50% dari minyak kelapa memiliki kandungan lauric acid yang dapat menghambat masuknya bakteri ke dalam tubuh yang tentunya baik untuk sistim imun tubuh kita. (1, 2, 3, 4)

Manfaat minyak kelapa

Minyak Kelapa sarat mengandung lemak jenuh yang sehat. Lemak ini justru membantu pembakaran lemak dan berfungsi sebagai bahan bakar tubuh dan bahkan otak kita. Lemak jenuh jenis ini bahkan dapat menaikkan kadar kolesterol HDL dalam darah kita.

 Jenis lemak ini akan langsung menuju ke organ hati kita dan diproses menjadi bahan bakar yang disebut ketone. Ketone ini yang sangat membantu otak kita dan mencegah epilepsy, Alzheimer’s dan penyakit yang berhubungan dengan otak.

Di dunia Barat, minyak kelapa dianggap makanan eksotik yang cukup mahal dan sulit didapat. Hanya orang yang sadar akan kesehatan dan mengerti manfaatnya yang mau mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin.

Ada beberapa tempat dimana penduduknya banyak mengkonsumsi kelapa dan produk turunannya. Tokelauans di Pasifik Selatan. Ada riset yang membuktikan mereka cukup sehat, padahal makanan sehari-hari 60% lebih terbuat dari kelapa. (5)

Penduduk dari pulau Kitava di Papua New Guinea juga banyak mengkonsumsi kelapa. Kebanyakan penduduknya tidak mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung, stroke atau kolesterol. (6)

Sayangnya di Indonesia belum ada studi yang dilakukan untuk penduduk yang banyak mengkonsumsi kelapa dan produk turunannya.

Kalau dari pengamatan saya, penduduk pulau Bali yang banyak mengkonsumsi kelapa dalam makanan sehari-hari dan kelihatannya kebanyakan dari mereka sehat dan bahkan banyak yang hidup sehat sampai usia tua.

Manfaat Minyak Kelapa

Mari kita telusuri bersama manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

  1. Minyak Kelapa Dapat Membantu Dalam Pembakaran Lemak

Untuk yang kepingin kurus/langsing, coba masukkan minyak kelapa dalam daftar makananmu.

Sebuah riset membuktikan konsumsi 15-30 gram minyak MCT per hari akan membantu meningkatkan penggunaan energi sebanyak 5%. (7)

Minyak kelapa akan langsung menuju liver dan diubah menjadi ketone. Tentunya ada beberapa jenis makanan yang harus dirubah sehingga tubuh kita akan terbiasa menggunakan ketone sebagai bahan bakar utama dan tidak lagi menggunakan glucose.

  1. Minyak Kelapa Bersifat Anti Bakteri

Minyak Kelapa mengandung asam laurat (lauric acid) sekitar 50% dari lemak jenuhnya. Saat asam laurik ini diproses dalam tubuh, dia akan membentuk satu kandungan bernama monolaurin. Asam laurik dan monolaurin ini akan bekerja sama dalam membunuh bakteri yang tidak baik dalam tubuh, virus dan jamur yang masuk.

Studi yang menyatakan kandungan ini dapat membunuh bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Candida Albicans yang sering terjadi pada manusia. (8, 9)

  1. Minyak Kelapa Mengurangi Rasa Lapar

Minyak kelapa khususnya Virgin Coconut Oil dapat membantu mengurangi rasa lapar. Ini karena proses pembakaran kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa berbeda dengan pembakaran lemak jenis lainnya. Ketone yang merupakan hasil pembakaran lemak jenuh ini dapat menurunkan hormone Ghrelin. Hormon ghrelin ini adalah hormone yang menimbulkan rasa lapar dan nafsu makan. (10)

  1. Minyak Kelapa Mengurangi Resiko Kejang

Diet ketogenic yang mengutamakan karbohidrat rendah, lemak dalam jumlah tinggi, dan tanpa gula diterapkan ke beberapa anak penderita epilepsy yang sudah kebal terhadap obat. (11)

Dan ternyata angka munculnya kejang epilepsy pada mereka yang menjalani diet ini berkurang jauh.

Seperti ditulis di atas, lemak jenuh dalam minyak kelapa langsung menuju ke dalam hati dan diproses menjadi ketone. Ketone sangat membantu fungsi otak.

  1. Minyak Kelapa Mengurangi Kolesterol

Di nomor ini pasti banyak pembaca tidak setuju karena kebanyakan informasi yang beredar di luar sana adalah jauhi minyak kelapa karena identik dengan kolesterol. Tapi tunggu dulu.

Lemak jenuh dalam minyak kelapa justru meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah dan bahkan mengubah LDL (kolesterol tak baik) menjadi lebih baik.

Jangan kaget dulu kalau setelah mengkonsumsi minyak kelapa atau mengikuti diet ketogenic lalu tes darah dan hasilnya kolesterol naik. Coba perhatikan angka HDL dan LDL nya, lihat mana yang lebih tinggi. Jangan terpaku pada angka total kolesterol. (12, 13)

  1. Minyak Kelapa Baik Untuk Kulit, Rambut, Dan Gigi

Selain dikonsumsi sebagai makanan, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, dan gigi secara eksternal.

Pemakaian minyak kelapa banyak digunakan sebagai bahan untuk kosmetik, juga untuk masker kulit. Penggunaan minyak kelapa topical dapat meningkatkan kelembaban kulit dan bahkan membantu menyembuhkan eksim. (14, 15)

Selain untuk kulit, minyak kelapa dapat digunakan untuk melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan radiasi ultraviolet. (16, 17)

Kumur dengan minyak kelapa dapat mengurangi bakteri dalam mulut. Ambil satu sendok makan virgin coconut oil, kumur-kumur selama 15- 20 menit. Ini dapat mengurangi bakteri tidak baik dalam mulut, menjadikan gigi lebih sehat, dan mengurangi bau mulut. (18, 19)

  1. Lemak Jenuh Dalam Minyak Kelapa Meningkatkan Kemampuan Otak

Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer’s dan berbagai penyakit degenerasi otak.

Pada otak pasien Alzheimer terjadi penurunan kemampuan menggunakan glucose pada otak. Penggunaan minyak kelapa yang mengandung MCT ini dapat meningkatkan kemampuan otak pada penderita Alzheimer tahap awal. (20)

  1. Minyak Kelapa Dapat Mengurangi Lemak Tubuh

Minyak kelapa dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan tentu dapat membantu mengurangi berat badan.

Dan hebatnya minyak kelapa ini dapat mengurangi lemak yang terdapat pada lingkar pinggang, lemak yang justru paling berbahaya untuk kesehatan. (21)

Lingkar pinggang adalah ukuran yang paling mudah dipakai untuk mengetahui ketebalan lemak di dalam rongga perut. Lemak di dalam rongga perut ini menumpuk karena lemak dari dalam organ hati sudah melimpah menutupi rongga perut dan organ tubuh lainnya.

  1. Minyak Kelapa Untuk Memasak

Sekarang sudah banyak minyak kelapa untuk memasak beredar di pasaran. Ada yang untuk menumis ataupun untuk menggoreng. Minyak kelapa untuk memasak cenderung lebih cepat membeku di suhu sejuk. Ini bukan berarti nantinya di dalam tubuh kita akan membeku. Dengan kandungan lemak jenuhnya, minyak jenis ini lebih aman untuk kesehatan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap 40 wanita yang kelebihan berat badan terutama di bagian perut, setelah mereka mengkonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa selama 12 minggu setiap hari, terjadi penurunan dalam BMI dan lingkar pinggang. (22)

Minyak Kelapa Yang Beredar Di Pasaran

Sekarang sudah banyak minyak kelapa beredar di pasaran.

  1. Minyak untuk memasak, menumis, menggoreng.

Sudah banyak merek yang beredar di pasaran. Baca labelnya dengan baik-baik.

Pilih yang mengandung sesedikit mungkin trans fat. Trans fat adalah lemak yang berbahaya yang dapat menyumbat saluran darah dan menyebabkan penyakit jantung dan hati.

Minyak kelapa goreng
  1. Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa yang diproses dengan suhu dingin sehingga bertahan lebih lama daripada proses pembuatan dengan suhu panas. Tapi tolong diperhatikan, tidak semua Virgin Coconut Oil dibuat dengan proses cold-pressed.

VCO
  1. Minyak Kelapa Buatan

Di pasar banyak dijual minyak kelapa dengan cara pembuatan tradisional, biasanya tukang kelapa menjualnya dalam botol kecil. Minyak ini bagus digunakan untuk masker rambut, creambath rambut. Setelah didiamkan selama 30 menit, rambut dicuci 2x supaya tidak ada sisa minyak menempel di rambut. Dijamin rambut akan mengkilap dan mudah diatur seketika.

minyak kelapa tradisional

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Minyak Kelapa?

Ibu hamil boleh mengkonsumsi minyak kelapa karena kandungan asam lauratnya yang baik untuk produksi ASI dan kemampuannya mengatasi bakteri yang tidak baik.

Minyak kelapa juga dapat mengurangi dampak asam lambung.

Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kelapa. Kamu masih mau musuhan dengan minyak kelapa, kelapa dan lainnya? Coba perhatikan makanan lainnya yang kamu konsumsi, mungkin masih banyak gula, tepung yang ikut merusak kesehatan dalam daftar makanan kamu.

Share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat ya.

shares