Selama ini banyak orang menggunakan jamur untuk makanan dan tentunya sudah banyak yang tahu bahwa jamur termasuk bahan makanan yang sehat. Cukup dimasak dengan sedikit mentega atau minyak olive rasanya sudah enak sekali. Jamur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jamur juga membantu mencegah penuaan dini, radang di dalam tubuh dan stress.

Jamur jenis apa yang dapat membantu menghambat penuaan, radang dan stress? Hampir semua jenis jamur yang dapat dimakan adalah jamur yang menyehatkan.

Terbukti orang di Yunani, China, Jepang, dan Korea telah menggunakan jamur untuk penyembuhan berbagai penyakit. Mungkin hanya sedikit manfaat jamur untuk kesehatan yang kita tahu selama ini.

Ada 150.000 jenis jamur di atas bumi ini dan hanya 200 di antaranya yang digunakan sebagai obat. Jangan sembarangan mengambil jamur dari halaman rumahmu atau di pohon karena belum tentu jamur tersebut aman untuk dikonsumsi.

Jamur yang digunakan untuk obat mengandung satu komponen bernama polysaccharides (1) Komponen ini termasuk dalam karbohidrat kompleks yang membantu mengatur tekanan darah, membantu menormalkan gula darah dan bahkan memberi pengaruh baik terhadap mood kita.

Jamur yang digunakan sebagai obat mengandung komponen ini dan sangat membantu memperkuat sistim imun tubuh kita karena bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus.

Jamur yang seperti ini dapat ditambahkan dalam makanan kita atau juga dapat diperoleh dalam bentuk teh (2) atau suplemen kesehatan. (3)

JAMUR MEMBANTU MENCEGAH KANKER

Jamur dapat membantu mencegah bahkan mengobati kanker. Ada studi yang membuktikan bahwa jamur dapat menurunkan persediaan darah ke tumor dan bahkan mengecilkan tumor sampai dengan 70%.

Bahkan jamur ini dapat membantu mengurangi penderitaan pasien kanker yang menjalani pengobatan seperti kemoterapi dan radioterapi.

  • Reishi: Jamur Reishi ini dikenal dengan jamur Ling zhi sudah sejak beribu tahun yang lalu digunakan sebagai pengobatan di Asia.
Jamur Reishi

Jamur ini bekerja membantu sistim imun tubuh dengan mengatur bakteri dalam pencernaan kita sehingga tubuh lebih mampu menahan virus atau bakteri yang masuk.

Selain itu, jamur ini membantu dalam relaksasi dan saat tidur.

Bahkan jamur ini dikabarkan dapat membantu dalam penyembuhan penyakit kanker payudara dengan mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara sampai 50%. (4)

            Jamur ini dapat diperoleh dalam bentuk bubuk atau teh, dan juga suplemen.

  • Shitake : Jamur ini adalah jamur yang paling mudah dibudidayakan. Kalau kamu cukup sabar dan telaten, kamu bisa menanamnya sendiri di rumah.
Shitake

            Bahkan sekarang ini sudah ada yang menjualnya dalam bentuk box yang praktis. Bisa dibeli disini.

Jamur organik

Jamur shitake ini enak dimasak atau dipanggang dan manfaatnya luar biasa untuk sistim imun tubuh. (5)

Sama seperti jamur reishi, jamur shitake ini dapat membantu mengatasi sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

Untuk membantu menurunkan angka kolesterol dalam darah, cobalah konsumsi jamur shitake ini. Angka penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi di Jepang jauh lebih rendah dari negara lain. Dan ini dikarenakan mereka banyak mengkonsumsi jamur shitake dalam makanan maupun sebagai suplemen. (6)

Kalau kamu tidak suka makan jamur, kamu boleh coba mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. Sekarang sudah tersedia dalam bentuk suplemen dan lebih praktis.

  • Jamur Turkey Tail. Jamur ini banyak tumbuh di batang pohon yang sudah mati dan mudah dicari. Bentuknya seperti ekor burung kalkun.
Turkey Tail
Foto dari Wikipedia

Jamur ini memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit yang luar biasa dan untungnya mudah didapatkan dimana-mana.

Ilmuwan Jepang mengambil komponen yang dapat menyembuhkan dari jamur ini dan mengubahnya menjadi obat yang dapat membantu kesembuhan pasien kanker.

Pasien kanker yang menjalani radioterapi dan kemoterapi mengalami kerusakan sel tubuh yang sehat sehingga sel tubuhnya semakin sulit menghadapi bakteri/virus yang masuk. Dengan mengkonsumi jamur turkey tail ini, sel tubuh yang masih sehat diperkuat sehingga bisa melindungi tubuh dan menjadikan tubuh pasien lebih kuat bertahan sampai selesai penyembuhan. (7)

Jamur ini bisa dikonsumsi langsung, tapi tidak seenak jamur shitake. Jadi boleh coba bentuk suplemen atau tehnya.

Suplemen Turkey Tail
Teh Turkey Tail

Jamur Obat Yang Berfungsi Menghambat Penuaan

Banyak jenis jamur yang mengandung antioksidan dan anti peradangan sehingga sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu komponen dalam beberapa jenis jamur adalah asam kojic yang berfungsi sebagai pemudar warna gelap pada kulit dan banyak digunakan dalam krim pemutih kulit. (8)

Jamur Shitake

Jamur Shitake membantu merevitalisasi kulit dan membantu produksi kolagen, memudarkan warna coklat pada kulit akibat berjemur dan menghilangkan noda bekas jerawat, serta membuat kulit lebih cerah. Kebanyakan jamur ini digunakan sebagai bahan krim kulit dan bersifat topikal.  Tentu kalau sering mengkonsumsi jamur shitake ini juga akan membantu dari dalam.

Bukan hanya untuk kulit atau membantu produksi kolagen yang menghambat penuaan dini, jamur ini juga membantu mencegah penyakit Alzheimer dan pikun.

Jamur Lion’s Mane

Salah satu jamur yang membantu dalam kesehatan otak adalah jamur lion’s mane yang bentuknya seperti rambut. (9)

Jamur Lion's Mane
Foto dari Kettle and Fire

Jamur ini membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer, Parkinson dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak. Bahkan jamur ini juga membantu mengurangi lupa ingatan jangka pendek. Banyak orang Asia yang memberikan jamur ini dalam bentuk sup untuk anak-anaknya yang sedang menghadapi ujian.

Jamur Chaga

Ada juga jamur bernama Chaga yang membantu mengurangi stress. Stress berlebihan dan berkepanjangan akan mempercepat proses penuaan. Jamur ini berfungsi membantu daya tahan tubuh dalam menghadapi stress.

Jamur chaga ini tidak banyak tersedia di pasaran tapi sekarang sudah dijual berupa teh dan bubuk ekstrak dan juga suplemen.

Jamur Chaga
Chaga Powder
Chaga Mushroom Supplement

Sifat Jamur Adalah Anti Peradangan

Peradangan yang berlebihan dan kronis adalah sumber segala macam penyakit yang dapat menyebabkan penyakit jantung, masalah pada pencernaan, dan bahkan penyakit kulit.

Sebuah studi dilakukan terhadap jamur obat yang membuktikan bahwa jamur dapat membantu mengatasi peradangan dan menyembuhkan banyak kerusakan yang sudah terjadi karena peradangan kronis. (10)

Cara Mengkonsumsi Jamur

Jamur sejenis shitake tentunya sudah sangat popular dan memang enak dikonsumsi. Dimasak apapun enak. Tapi ada orang yang tidak tahan dengan tekstur jamur atau bentuknya.

Tidak usah takut.

Sekarang ekstrak jamur tersedia dalam bentuk suplemen, bubuk, ataupun teh, kopi.

Bahkan kaldu jamur dapat ditambahkan ke dalam sup, saus, dan makanan yang kita makan sehari-hari. Pastikan kaldu jamurnya tidak mengandung MSG.

Ekstrak jamur dapat ditambahkan ke dalam jus atau sup. Tentu jadi sangat mudah. Ekstrak jamur ini tersedia dalam bentuk bubuk ataupun cairan dan juga dalam bentuk pil atau kapsul.

Sekarang juga tersedia teh, kopi, dan bahkan minuman coklat sehingga mengkonsumsi jamur jadi tidak terasa untuk orang yang tidak suka dengan bentuk atau tekstur jamur.  

Kalau sekarang ini kamu belum pernah mencoba suplemen jamur atau makan jamur secara rutin, kenapa tidak mencobanya? Manfaat yang dirasakan tentu tidak instan tapi akan berguna jangka panjang.

Coba gunakan dosis yang sedikit dulu di awal kalau kamu memutuskan mencoba suplemennya. Untuk teh, kopi saya rasa cukup satu kali dalam sehari dulu, nantinya kalau suka, boleh tambahkan jadi 2 kali dalam sehari.

Kalau kamu suka artikel ini, boleh bagikan ke teman-teman yang mungkin membutuhkannya. Kalau ada pertanyaan, tuliskan dalam bagian komen di bawah ya!

shares