Sejak kecil kita sudah mendengar bahwa telur rebus banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tapi banyak orang takut makan telur rebus karena kolesterol yang terkandung dalam kuning telur. Ada yang mengatakan makan putihnya saja kalau tidak mau kolesterol naik. Berapa banyak telur yang perlu dikonsumsi yang masih dalam jumlah aman dan bermanfaat untuk kesehatan?

Dulu banyak orang mengkonsumsi putih telur untuk penurunan berat badan. Bahkan orang yang ingin melatih ototnya sampai makan berkilo-kilo putih telur karena kandungan protein di dalamnya yang katanya membantu dalam pembentukan otot.

Kita perlu tahu manfaat telur (rebus) untuk kesehatan, supaya tidak salah dalam mengatur makanan kita. Kesehatan harus dijaga dari sekarang, bukan kalau nanti setelah penyakit datang.

manfaat telur rebus

Kasihan si kuning telur yang disalahkan sebagai penyebab kolesterol.

Apa betul kuning telur harus dihindari?

PERNYATAAN SALAH MENGENAI TELUR

  1. Telur penyebab penyakit jantung

Telur memang mengandung lemak jenuh sebesar 1.6 gram per butirnya. Lemak jenuh tidak menyebabkan penyakit jantung. Tidak ada korelasi antara lemak jenuh dengan penyakit jantung. (1)

  1. Telur mengandung banyak kolesterol

Ini benar, tapi kolesterol dalam telur bukan yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah. Tubuh kita dapat menghasilkan kolesterol sendiri sebanyak 3000 mg per hari.

70% dari orang yang mengkonsumsi telur tidak mengalami kenaikan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Hanya 30% orang yang mengalami kenaikan pada LDL dan itupun sangat sedikit. (2)

Memang ada beberapa orang yang mengalami kenaikan pada kolesterol jika mengkonsumsi beberapa butir telur per hari. Tapi yang terjadi adalah partikel “tidak baik” pada LDL berubah dari kecil menjadi padat dan membesar.

Dengan membesarnya partikel pada LDL mengakibatkan resiko penyakit jantung menurun. Jadi meskipun kolesterol naik sedikit saat mengkonsumsi telur, itu bukan hal yang patut dikhawatirkan. (3, 4)

Konsumsi 3-4 butir telur utuh sangatlah aman dan baik untuk kesehatan.

Telur menaikkan HDL(kolesterol baik) bukan LDL (kolesterol jahat).

  1. Telur Menyebabkan Jerawat

Penyebab jerawat adalah tidak seimbangnya bakteri baik dan jahat di dalam sistim pencernaan kita. Dan memang ada bakteri penyebab jerawat.

Putih telur dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan putih telur ini akan membuat pori-pori kulit pada wajah mengecil, sehingga bakteri penyebab jerawat tidak ada tempat berkembang biak di wajah. Bakteri penyebab jerawat dan kotoran yang menempel pada wajah akan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Kalau kamu ingin kulit mulus tanpa jerawat, perhatikan lagi makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Hindari makanan penyebab jerawat.

Omega-3 dalam telur justru membantu mengurangi tumbuhnya jerawat. (5)

  1. Telur Menyebabkan Obesitas/Menambah Berat Badan

Kalau ada orang yang makan telur dan bertambah berat badannya, coba cek lagi makanan lain yang dia makan dan seberapa sering dia makan dalam sehari.

manfaat telur rebus
Makanan manis penyebab kegemukan
  1. Telur Menyebabkan Ketidakseimbangan Hormon

Saat seseorang mengkonsumsi telur, hormon ghrelin dan insulin akan menurun. (6)

Dalam sebuah studi terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi telur untuk sarapan mengalami penurunan hormon ghrelin dan insulin dibanding dengan yang mengkonsumsi bagel pada saat makan pagi. (7)

Hormon ghrelin dan insulin inilah yang menyebabkan peningkatan berat badan. Ghrelin adalah hormone yang muncul saat lapar dan tingginya hormon insulin akan menyebabkan rasa lapar muncul terus.

Tentunya dengan menurunnya kedua hormon ini akan membantu kita menjadi lebih sehat.

  1. Telur Menyebabkan Bisul

Bisul disebabkan oleh bakteri yang bernama Staphylococcus. Bakteri ini masuk melalui pori-pori kulit masuk melalui folikel rambut.

Adanya bakteri ini bisa disebabkan kurangnya kebersihan, nutrisi yang tidak cukup, masalah dengan sistim daya tahan tubuh, paparan terhadap bahan kimia yang mengganggu kulit, bahkan diabetes. (8)

APAKAH MAKAN TELUR ITU SEHAT?

Sejak kecil, semua orang sudah dibiasakan makan telur untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Dan semua setuju bahwa telur itu sehat, apalagi telur rebus ya.

Apa saja manfaatnya?

Manfaat Makan Telur Rebus Untuk Kesehatan

  1. Telur Mengandung Gizi Super Lengkap

Telur termasuk makanan yang paling bergizi di dunia ini. Sebutir telur mengandung semua gizi yang diperlukan oleh sebuah sel kecil menjadi anak ayam, apalagi untuk tubuh manusia.

Sebutir telur mengandung:

  • Vitamin A: 6%
  • Folate
  • Vitamin B5
  • Vitamin B12
  • Vitamin B2
  • Fosfor
  • Selenium
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Zinc
Manfaat Telur Rebus

Sebutir telur mengandung 77 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak baik.  Telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Telur yang terbaik tentunya adalah telur ayam kampung yang mengandung lebih banyak omega-3 serta vitamin A dan E.

Jangan hanya makan putih telurnya saja ya. Kuning telurnya juga dimakan karena vitamin dan mineralnya justru banyak di dalam kuning telur.

  1. Telur Mengandung Kolesterol Tapi Tidak Menambah Kolesterol

Kolesterol sangat dibutuhkan dalam tubuh kita. Kalau kamu takut makan telur karena takut angka kolesterolmu naik, kamu perlu mempelajari lebih banyak tentang telur dan kolesterol. Kolesterol yang tinggi di dalam darah disebabkan oleh pilihan makanan yang buruk seperti karbohidrat dan gula.

manfaat telur rebus

Organ hati kita memproduksi kolesterol setiap harinya. Kalau kita makan makanan yang mengandung kolesterol, otomatis hati akan mengurangi produksinya sesuai dengan konsumsi yang masuk.

  1. Telur Menaikkan HDL (Kolesterol Baik)

HDL adalah high-density lipoprotein yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Kalau kamu ke lab untuk tes darah, ada angka HDL, LDL dan total kolesterol.

Tingginya angka HDL akan mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan banyak masalah kesehatan lainnya. (9)

kolesterol

Konsumsi telur per hari adalah salah satu cara meningkatkan HDL dalam darah. Bahkan 2 telur per hari secara rutin dapat meningkatkan angka HDL sebanyak 10%. (9)

  1. Telur Mengandung Kolin (Choline)

Banyak orang tidak tahu apa itu Kolin (Choline) padahal ini termasuk salah satu gizi yang penting dan termasuk dalam grup vitamin B. Kolin ini adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh tapi justru banyak orang yang kekurangan Kolin.

Koline (Choline) dibutuhkan untuk membangun membrane sel dan sangat membantu dalam perkembangan otak dan banyak fungsi tubuh lainnya. (10)

Sebutir telur mengandung lebih dari 100 mg Kolin (Choline).

Sejak bayi sampai dewasa, kita selalu membutuhkan Kolin ini. Bahkan orang dewasa membutuhkan lebih dari 400 mg per harinya.

  1. Telur Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Orang selalu takut makan telur karena kandungan kolesterolnya. LDL adalah kolesterol jahat yang memang harus dihindari.

LDL adalah partikel kolesterol yang terdiri dari 2 bagian yaitu: partikel yang kecil, padat dan partikel yang besar. 

Orang dengan partikel LDL yang kecil dan padat lebih rentan terhadap serangan jantung dan stroke daripada yang memiliki partikel LDL besar. (11)

Meskipun saat awal mengkonsumsi telur, kolesterol LDL akan meningkat, tapi terjadi perubahan dari partikel kecil padat itu menjadi lebih besar. Dan tentunya ini baik untuk tubuh. (12)

  1. Telur adalah sumber utama protein yang lengkap

Telur mengandung 5-6 gram protein tergantung dari ukurannya. Dan telur merupakan sumber protein yang lengkap dengan seluruh asam amino yang penting untuk tubuh.

  1. Telur itu mengenyangkan

Makan sebutir atau 2 butir telur akan membuat kenyang dan sangat membantu mengendalikan rasa lapar. Ini baik untuk yang sedang program penurunan berat badan. Konsumsi sebutir atau 2 butir telur utuh akan membantu lebih cepat kenyang.

Kalau protein dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, justru dapat membantu penurunan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tulang, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. (13)

  1. Telur mengandung antioksidan tinggi

Telur mengandung Lutein dan Zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan retina mata. (13)

Dalam sebuah studi terlihat bahwa konsumsi 1 ½ kuning telur saja selama 4.5 minggu akan meningkatkan kadar Lutein sebanyak 28-50% dan Zeaxanthin sebanyak 114-142% dalam darah.  (14)

Mulai sekarang, kuning telurnya dimakan yaa, jangan dibuang!

  1. Omega-3 atau telur ayam kampung membantu menurunkan trigliserid.

Makanan yang diberikan kepada ayam dan cara mereka diternakkan sangat menentukan gizi yang terkandung dalam sebutir telur.

Ayam kampung yang dibiarkan berkeliaran makan rumput di padang memiliki dan/atau diberi makan makanan yang tinggi kandungan omega-3 nya akan menghasilkan telur yang juga tinggi kandungan omega-3 nya.

Warna kuning telurnya pun berbeda, lebih gelap dan orange kemerahan.

Omega-3 dapat menurunkan trigliserid yang merupakan penyebab serangan jantung. (15)

Rutin mengkonsumsi telur dengna kandungan omega-3 akan membantu menurunkan trigliserid. Dalam sebuah studi terlihat bahwa konsumsi 5 telur omega-3 saja per minggu selama 3 minggu berturut-turut dapat menurunkan trigliserid sebanyak 16-18%. (16)

  1. Telur membantu menurunkan resiko penyakit jantung/stroke JIKA dikombinasikan dengan diet lain.

Mulai sekarang, jangan salahkan si telur lagi ya kalau ada yang sakit jantung atau stroke. Coba cek diet si penderita, biasanya penderita penyakit jantung atau stroke makan makanan tinggi karbohidrat dan tinggi gula.

Pada 17 studi yang dilakukan pada 263.938 peserta, disimpulkan tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung atau stroke. (17)

Terutama penderita diabetes, mulailah diet rendah karbohidrat dan tanpa gula. Sertakan telur di dalam menunya. Dengan demikan barulah akan mengurangi resiko serangan jantung ataupun stroke. (18)

Bagaimana kalau hanya makan telur putih saja?

Telur putih memang merupakan sumber protein tanpa lemak dan rendah kalori yang biasanya dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Tapi masalahnya vitamin dan mineral yang baik semua terdapat pada kuning telurnya.

Kalau hanya mengkonsumsi telur putih saja dalam jangka waktu yang panjang, tubuh pasti akan kekurangan vitamin dan mineral yang ada di kuning telur, terutama Biotin. Kekurangan Biotin tidak akan terjadi dalam waktu sebentar, biasanya perlahan dan bersifat akumulasi. Nantinya akan terasa pada rambut yang perlahan tapi pasti semakin rontok, rambut menipis, dan kondisi kulit serta kuku yang kurang baik.

Jadi alangkah baiknya kalau telur dikonsumsi secara utuh…untuk yang mau sehat ya.

Penyebab naiknya berat badan karena konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan dan jadwal makan yang terlalu sering dalam sehari. Karbohidrat dan gula yang dikonsumsi diubah menjadi lemak. Jadi, bukan si lemak yang harus dihindari!

makanan karbohidrat dan gula
Makanan penyebab kegemukan

(Kasihan si telur! Selama ini jadi kambing hitam.)

Berapa Butir Telur Yang Aman Dikonsumsi Per Hari?

Banyak studi yang sudah dilakukan mengenai jumlah konsumsi telur per hari dan hasilnya adalah makan 1-3 butir telur per hari masih termasuk aman.

Kalau kamu sampai makan lebih dari 3 butir telur pun masih aman, kok.

Saya sendiri kadang makan sampai 4 butir telur kalau sedang kepingin makan telur. Itu jumlah maksimal ya.

Untuk menjadi sehat, apakah harus makan telur setiap hari?

Untuk menjadi sehat, tidak mutlak dan tidak harus makan telur setiap hari.

Meskipun telur terbukti merupakan sumber vitamin dan mineral serta mengandung antioksidan yang tinggi, masih ada makanan sehat lainnya yang baik untuk tubuh kita.

Jangan merasa terbeban harus makan telur untuk menjadi sehat, tapi kalau kamu masukkan telur ke dalam daftar makanan kamu, tentunya akan sangat baik.

Kesimpulan:

  1. Biasakan makan telur seutuhnya. Bukan hanya yang putih.
  2. Usahakan menggunakan telur ayam kampung yang tinggi omega-3 nya.
  3. Konsumsi telur 3-4 per hari tetap aman untuk kesehatan.
  4. Kalau ada bisul, jerawat, atau kegemukan, cek makanan yang lainnya. Bisa jadi penyebabnya adalah makanan lain. Jangan selalu salahkan si telur.
manfaat telur rebus

Sekarang kamu sudah tahu manfaat telur rebus untuk kesehatan, sudah saatnya makan telur utuh, jangan putihnya saja…kalau mau sehat!

shares