Manfaat Minum Air Lemon

Banyak orang menganggap minum air lemon adalah kebiasaan sehat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada yang pro, ada juga yang kontra. Banyak sekali yang menganggap manfaat minum air lemon ini baik sekali dan merasakan manfaatnya pada kesehatan mereka. Namun ada juga yang mengatakan minum air lemon ini bisa melukai dinding lambung atau saluran pencernaan karena asamnya.

Mari kita bahas satu per satu. Semoga dari artikel ini kita semua makin mengerti manfaat dari minum air lemon ini. Dan yang lebih penting adalah melakukannya sebagai kebiasaan rutin.

Buah Lemon dan Kandungannya

Lemon mengandung citrate, sebuah elemen yang sangat penting untuk mencegah batu ginjal, terutama kalau kita sering mengkonsumsi makanan yang tinggi oxylates nya seperti bayam, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran.

OXALATE + KALSIUM = BATU GINJAL

Kandungan vitamin C dalam sebuah lemon sangat tinggi. Lemon menurut sumber USDA National Nutrient Database memiliki kandungan gula yang sangat rendah. Vitamin yang terkandung di dalamnya ada vitamin B6, vitamin A, vitamin D, folate, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantothenic dan juga mengandung mineral seperti kalsium, copper, zat besi, magnesium, dan fosfor. Bahkan lemon mengandung lebih banyak potassium daripada apel dan anggur.

Manfaat Air Lemon

Lemon mengandung elemen anti bakteri dan anti virus. Dengan kemampuan ini, lemon bersifat membantu mengatasi bakteri di dalam saluran pencernaan kita, memperkuat sistim pencernaan. Coba tanyakan orang yang punya kebiasaan minum air lemon di pagi hari. Kebiasaan baik ini dapat membantu menurunkan berat badan, kulit lebih cerah dan bahkan daya pikir yang lebih cepat tanggap.

Ada orang yang sudah terbiasa begitu bangun harus langsung minum secangkir kopi. Dulu kebiasaan saya hanya minum air segelas saja. Tapi kemudian setelah saya ganti dengan minum segelas air lemon hangat, rasanya memang banyak bedanya. Seharian saya merasa lebih segar dan lebih fit.

Manfaat Minum Air Lemon

  • Lemon Membantu Meningkatkan Sistim Imun Tubuh Kita

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, lemon membantu tubuh kita dalam melawan flu.  Kalau begitu, pertanyaan berikutnya adalah kenapa kita tidak minum vitamin C yang dijual di toko-toko obat saja? Vitamin C dalam lemon adalah vitamin C yang asli dan membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membantu mengatasi bakteri/virus yang masuk dan aktif.

Sel darah putih ini lah yang akan menjadi sel penghambat bakteri dan virus yang masuk. Vitamin C nya sendiri melindungi sel tubuh yang sehat sehingga lebih mampu menciptakan antibody terhadap kerusakan yang disebabkan oleh bakteri dan virus tersebut.

  • Lemon Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan tingginya kandungan potassium, ternyata ini mampu meningkatkan daya kerja otak dan sistim syaraf kita.

Rendahnya kandungan potassium dalam darah dapat menghambat fungsi otak secara optimal.

Sebuah studi mengatakan bahwa 20% pasien gangguan mental mengalami kekurangan potassium.

  • Lemon Menjaga Fungsi Hati

Dengan rutinitas minum lemon di pagi hari, vitamin C di dalamnya dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

 dan  kandungan potassiumnya membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Lemon Membantu Menyeimbangkan pH tubuh kita

Meskipun rasanya asam, lemon di dalam tubuh kita ternyata membantu mengkondisikan tubuh kita menjadi alkali.

Dengan rajin minum air lemon hangat di pagi hari, fungsi sel tubuh sehat semakin baik dan menciptakan lingkungan yang sehat serta dapat melawan bakteri dan virus yang masuk.

  • Lemon Membantu Dalam Penurunan Berat Badan

Lemon memiliki serat pectin yang sangat banyak, sehingga mampu mengatasi rasa kepingin makan, Ada banyak yang mengatakan berat badan mereka lebih cepat turun setelah minum air lemon hangat di pagi hari.

Terbukti dari sebuah studi bahwa di dalam air lemon ada polyphenols

yang memiliki kemampuan menekan penumpukan lemak dalam tubuh.

Minum air lemon juga dapat membantu mengurangi berat tubuh karena mengurangi cairan yang menumpuk dalam tubuh kita, yang dapat menyebabkan kembung, wajah seperti membengkak, dan penambahan berat atau yang disebut water retention.

  • Air Lemon Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Air lemon ini ternyata dapat membantu meningkatkan produksi cairan empedu yang sangat dibutuhkan dalam pencernaan kita.

Minum air lemon hangat dapat membantu sistim pencernaan lebih lancar tanpa merasa kekenyangan. Pencernaan yang baik dapat mengurangi resiko sembelit atau naiknya asam lambung yang membuat jantung serasa terbakar.

  • Air Lemon Bersifat Diuretik

Minum air lemon hangat sepanjang hari dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang tentu saja membantu membuang air yang tidak diperlukan dalam tubuh sekaligus membuang racun.

Bahkan, asam citrate di dalam lemon membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk orang yang sering makan bayam, kacang-kacangan, dan lainnya.

  • Membantu Mencerahkan Kulit

Vitamin C dalam air lemon membantu mengurangi kerutan dan mencerahkan kulit. Air lemon mampu membersihkan racun dalam darah, sehingga kulit bersih akan berangsur terlihat. Selain diminum, air lemon juga dapat dipakai untuk bekas luka pada kulit.

Kulit bersih dapat perlahan terlihat karena nutrisi vitamin C dari dalam terpenuhi.

  • Membantu Menyegarkan Napas

Lemon dapat juga membantu mengurangi rasa sakit atau gusi berdarah. Napas terasa lebih segar dengan rutin minum air lemon hangat setiap pagi.

Tapi saya anjurkan minum air lemon ini dengan sedotan untuk melindungi lapisan enamel gigi.

  • Lemon dapat membantu masalah pernapasan

Air lemon dapat membantu tubuh mengatasi masalah pernapasan seperti asma, alergi yang berhubungan dengan sistim pernapasan. Ini karena lemon mengandung vitamin C yang meningkatkan sistim imun tubuh dan mengandung limonene yang membantu mengatasi penyebab asma.

Sifat antioksidan pada lemon juga mampu mengatasi  penumpukan lendir dan melawan penyebab alergi.

  • Baik Untuk Hati

Lemon membantu produksi cairan empedu sehingga meringkan beban kerja hati dalam pembakaran lemak.

Lemon sendiri tidak bisa menjadi bahan detox bagi tubuh tapi dapat sangat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun secara alami.

  • Lemon Membantu Menurunkan Kadar Stress

Vitamin C yang tinggi pada lemon membantu fungsi sistim urat syaraf dan otak.

Siapa sih yang tidak pernah stress selama hidupnya? Orang yang memiliki vitamin C dalam kadar tinggi dalam tubuhnya lebih baik dalam menghadapi stress. Mereka lebih tidak stress dibandingkan dengan mereka yang kurang vitamin C.

Dan untuk para pelajar, mereka akan lebih mudah berkonsentrasi pada pelajaran.

  • Membantu Mengatasi Ketagihan Kopi

Saya merasa setelah minum air lemon hangat rutin, saya jadi tidak begitu kepingin minum kopi.

  • Lemon Membantu Mengatasi Kelelahan

Dengan cukupnya asupan vitamin C, tubuh kita lebih dapat bertahan dalam kelelahan.

  • Vitamin C dalam lemon Membantu Mengatasi Varicose Veins

Pada umumnya wanita sering mengalami spider veins/varicose veins yaitu urat yang terlihat jelas pada kaki, tangan atau wajah. Minum air lemon secara rutin dapat membantu mengatasi hal ini.

  • Lemon Membantu Mengatasi Gusi Berdarah

Sekali lagi karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, lemon dapat membantu mengatasi gusi berdarah atau sariawan.

Saya sendiri merasakan sejak rutin minum air lemon hangat di pagi hari sudah tidak pernah merasakan sariawan lagi.

  • Lemon Membantu Mengatasi Hidung Mimisan

Suka mengalami hidung mimisan atau berdarah? Rutin deh minum air lemon hangat setiap pagi.

Kenapa Harus Diminum Dengan Air Hangat?

Tubuh kita perlu waktu dalam menerima air dingin ataupun panas dan menyamakannya dengan suhu tubuh, sedangkan untuk air hangat, begitu diminum sudah hampir sama dengan suhu di dalam tubuh kita. Dan dengan air hangat, kandungan polyphenol dalam lemon lebih banyak keluar dari lemon itu sendiri.

Tentu saja di siang hari kita boleh minum air lemon dingin untuk mengatasi panasnya cuaca dan menghindari ngantuk.

Resep Air Lemon

Gunakan ½ lemon, peras airnya, tambahkan air hangat segelas. Diaduk. Diminum.

Ini adalah resep yang paling sederhana dan menghemat waktu. Apalagi untuk kalian yang selalu terburu-buru harus mengejar kegiatan di pagi hari.

Siang di tempat kerja boleh siapkan ini:

Lemon Mint

1 container air yang bisa memuat 1.5 liter air

Peras 2 lemon

Potong 2-3 iris timun.

Masukkan beberapa lembar daun mint atau nanas

Aduk dengan air dingin

Lemon dan Mint
Lemon dan Mint

Jahe Lemon

Panaskan air dengan jahe. Masak sekitar 15 menit.

Peras  ½ lemon ke dalamnya.

Jahe Lemon

Lemon Cinnamon

Peras ½ lemon ke dalam air

Tambahkan Ceylon Cinnamon Powder sedikit saja ke dalamnya.

Ceylon Cinnamon Powder atau bubuk kayu manis dari Ceylon/Sri Lanka ini sangat membantu menurunkan gula darah sehingga keinginan ngemil bisa berkurang banyak. Cek manfaat Ceylon Cinnamon Powder disini.

Lemon Cinnamon

Cara Memilih Lemon

Lemon yang berat memiliki banyak mineral dan juga banyak gula terkandung di dalamnya Carilah lemon yang berkulit tipis, dan terasa padat kenyal.

Lemon dengan kulit yang lebih halus lebih banyak airnya.

Warna Lemon harus kuning terang. Jangan pilih yang masih ada warna hijaunya.

Lemon yang keras biasanya airnya sedikit. Jadi sekali lagi, pilih yang kenyal tapi juga tidak terlalu lembek ya.

Memilih Lemon Yang Baik
Pilih Lemon Yang Padat dan Kenyal Kulitnya

Satu lagi kehebatan lemon untuk tips ibu-ibu yang suka di dapur nih.

Bersihkan cangkir/mug yang terkena noda kopi/teh yang membandel.

Kulit lemon juga dapat dipakai untuk mengharumkan bagian pembuangan di kitchen sink.

Alternatif Pengganti Lemon

Apabila ada yang tidak suka bau atau rasa lemon, atau mungkin di daerah lingkungannya sulit mencari lemon, boleh coba ganti dengan jeruk nipis. Efeknya akan sama seperti minum air lemon hangat, hanya kalian perlu memeras lebih banyak jeruk nipis dibanding lemon, karena bentuknya yang lebih kecil.

Jeruk Nipis Pengganti Lemon

Lemon Mahal. Bagaimana Untuk Yang Budgetnya Pas-pasan?

Untuk kalian yang budget pas-pasan, kadang melihat harga lemon di supermarket memang bisa bikin kaget ya.

Alternatif lain, kalian bisa coba lemon lokal. Bentuknya lebih kecil, kulitnya lebih tipis, airnya banyak juga kok. Kalau menurut saya, lemon lokal ini wanginya beda dengan lemon import, tapi untuk rasa dan efeknya sama bagusnya.

Lemon Lokal

Harga lemon lokal jauh lebih murah daripada harga lemon import. Sekalian kita support petani lokal ya.

Apakah Boleh Minum Air Lemon Sepanjang Hari?

Minum air lemon sepanjang hari boleh saja, tapi untuk melindungi enamel gigi, sebaiknya pakai sedotan saat meminumnya.

Apakah Ada Efek Samping Minum Air Lemon?

Untuk penderita sakit maag seperti gastritis atau ulcer, minum air lemon mungkin bisa terasa perih. Kalau iya, stop dulu minum air lemon. Cobalah minum Chlorophyll setiap hari selama sebulan untuk mengobati luka pada lambung. Setelah itu, coba minum air lemon kembali, biasanya sudah tidak terasa perih.

shares