Mengenal Bone Broth dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Akhir-akhir ini bagi para pencinta kesehatan, banyak beredar kata bone broth di kalangan penganut diet keto, kesehatan alami dan lainnya. Mari kita mengenal lebih jauh mengenai bone broth dan manfaatnya.

Bone broth adalah kaldu dari daging sapi, ayam ataupun babi yang diproses dari tulang yang masih ada sedikit dagingnya dan dimasak bersama dengan sayuran dan bumbu-bumbu dengan slow cooker atau dimasak dengan api kecil dan lama.

Sebenarnya ini adalah makanan tradisional sejak jaman dulu. Sewaktu saya kecil, saya ingat, mama saya selalu memasak ayam seekor bersama berbagai macam rempah, dan hanya diminum kuahnya saja. Ini untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

bone broth

Untuk yang sedang terserang flu atau habis kehujanan, biasanya orang tua akan memberikan sup hangat kan? Rasanya menenangkan dan ternyata jaman sekarang ini banyak yang riset vitamin dan mineral  yang terdapat dalam sup kaldu ini dan manfaatnya untuk kesehatan.

Asal Mula Bone Broth

Bone Broth ini adalah sup kaldu dari binatang seperti sapi, babi, ayam, ikan yang dimasak bersamaan dengan beberapa jenis sayuran dan ditambahkan Apple Cider Vinegar untuk mengeluarkan semua unsur mineral dan collagen yang bermanfaat dari dalam tulang-tulang tersebut. Proses memasak harus berlangsung dalam waktu yang lama, sekitar 12-24 jam, bahkan sampai 48 jam. Daging dan sayuran yang sudah dimasak biasanya sudah tidak enak dimakan, boleh dibuang karena kita hanya akan mengambil kaldunya saja yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa Bedanya Dengan Kaldu Biasa?

Kaldu biasa hanya dimasak selama paling lama 1 jam untuk mengeluarkan kaldu dari lemak dan daging. Biasanya untuk memasak sup biasa sudah cukup. Tentunya juga mengandung nutrisi yang baik.

Bone Broth dimasak selama 24 jam dengan slow cooker, sehingga tidak terlalu panas apinya. Dan dengan cara masak seperti itu bisa mengeluarkan nutrisi yang terdapat pada tulang terutama collagen dalam tulang.


Manfaat Bone Broth

Cara Memilih Bahan Yang Baik Untuk Bone Broth

Sebisa mungkin pilih bahan yang organik dan bebas dari kimia. Cari ayam kampung, sapi atau babi yang diberi makan hanya rumput saja.

Tulang Sumsum Sapi

Pastikan tulang sumsum berasal dari sapi grassfed, yaitu sapi yang dibiarkan di alam bebas dan makan rumput. Jangan takut makan sumsum, karena lemak dalam sumsum adalah lemak baik. Tulang yang dipakai boleh tulang yang masih ada dagingnya seperti tulang iga.

Kalau ingin menggunakan tulang babi atau ayam atau bahkan ikan juga boleh, pastikan juga yang grassfed atau organik ya.

Apple Cider Vinegar

Amino acid dalam Apple Cider Vinegar membantu mengeluarkan seluruh mineral dalam tulang pada saat proses memasak yang lama. Pilih Apple Cider Vinegar yang tidak difilter (unfiltered), tidak dipasteurisasi (unpasteurized), dan ada endapan di dasarnya (the mother).

Himalayan Salt

Mineral yang terdapat dalam Himalayan Salt ini akan menambah deretan mineral lainnya dalam bone broth nantinya. Dan masukkan Himalayan Salt nanti setelah bone broth jadi, atau saat akan diminum.

Sayuran

Sayuran seperti wortel, bawang bombay, selederi, parsley akan memberikan cita rasa yang lebih enak untuk bone broth ini.

Leaky Gut

Siapa Saja Yang Perlu Bone Broth?

Orang yang memiliki Food Intolerance atau banyak alergi terhadap beberapa jenis makanan.

Sistim Imun Tubuh Yang Menurun. Gangguan pada imun tubuh, penyakit seperti Lupus, atau penyakit Auto Imun lainnya.

Sulit Tidur

Ingin Awet Muda

Ingin Langsing

Bone broth (sup kaldu) ini banyak mengandung mineral seperti magnesium,  kalsium, fosfor yang sangat mendukung kesehatan tulang, kulit, otot, rambut dan pencernaan.

Manfaat Bone Broth

Apa saja manfaatnya kalau kita sering minum sup kaldu ini secara teratur?

1. Awet Muda

Kalau ingin kulit yang bagus, awet muda, tidak mudah berkeriput, coba mulailah konsumsi bone broth ini seminggu sekali atau seminggu 2 kali atau bahkan seminggu 3 kali. Ini dikarenakan tingginya collagen yang terdapat di dalam sup kaldu yang luar biasa ini. Selain kulit, rambut dan kuku juga akan menjadi lebih bagus.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Dengan adanya amino-acids dalam bone broth akan membantu sistim saraf kita menjadi lebih relax, daya ingat menjadi lebih tajam dengan cukupnya tidur kita.

3. Tulang dan persendian lebih kuat dan sehat.

Mineral seperti fosfor, magnesium dan calcium yang terdapat pada collagen dalam sup kaldu ini akan membantu menurunkan resiko osteoporosis, mengurangi sakit pada persendian. Mungkin kamu pernah dengar orang yang sakit di persendian tulang dan minum suplemen glucosamine dapat membantu. Glucosamine ini terdapat dalam bone broth bersamaan dengan mineral lainnya.

4. Sumber Energi

Dengan jadwal yang super sibuk tentunya kadang kita merasa lelah di siang/sore hari. Bone broth ini ada sumber electrolit seperti potassium, magnesium, sodium yang baik untuk otot, saraf, pencernaan, dan kemampuan berpikir. Bahkan banyak yang mengatakan dengan minum bone broth di siang hari, efeknya lebih hebat daripada minum kopi.

5. Membersihkan liver dan sistim pencernaan.

Bone broth mengandung glutathione yang membantu mendetox liver dan sistim pencernaan. Liver kita menyimpan hormon yang berlebihan, dan sampah lainnya. Dengan adanya glutathione, semuanya akan keluar dari sistim tubuh kita.

6. Meningkatkan Sistim Imun Tubuh.

Puasa bone broth akan membantu meningkatkan ekosistim bakteri baik di dalam pencernaan, yang sangat terkait dengan sistim kekebalan tubuh yang kuat. Bakteri baik dalam pencernaan akan meningkatkan gen tertentu dalam tubuh untuk mengurangi bakteri jahat.

Untuk kamu yang menderita leaky gut, food intolerance yang akut dan parah, atau ingin reset sistim tubuh menjadi lebih sehat atau ingin mengurangi berat badan, ada puasa bone broth yang akan membantu meningkatkan autophagy. Klik disini untuk informasi lebih lengkap mengenai puasa bone broth!

Untuk resep bone broth yang sederhana dan mudah dibuat, tinggal klik disini. Buat kamu yang super sibuk dan tidak ada waktu untuk memasak, boleh coba bone broth praktis seperti ini.

Resep Simple Bone Broth (Sup Kaldu Sederhana)

  • 1 kg tulang sumsum sapi / babi atau 1 ekor ayam / 1 ekor ikan (pilih salah satu)
  • 3 buah wortel dipotong 5-8 cm
  • 3 batang seledri dipotong 5-8 cm
  • 3 buah bawang bombay dibagi 4
  • 1/2 cangkir Apple Cider Vinegar
  • Himalayan Salt
  • Parsley

Masukkan tulang ke dalam wadah slow cooker, isi air sampai semua tulang terendam, masukkan potongan sayuran dan pastikan semua terendam air. Masukkan Apple Cider Vinegar, ini akan membantu mengeluarkan semua mineral dari dalam tulang. Tutup wadahnya, nyalakan slow cooker, pilih High untuk memasaknya sampai mendidih. Setelah mendidih, pindahkan ke tombol Low dan diamkan 12-24 jam. Tambahkan airnya setiap 8 jam jika sudah tinggal sedikit.

Kira-kira 10 menit sebelum dimatikan di keesokan harinya, tambahkan segenggam parsley. Tambahkan garam Himalayan salt secukupnya. Lalu saring dan masukkan ke dalam wadah.

Kaldu bone broth ini aman disimpan dalam kulkas untuk 5- 7 hari dan tahan di freezer selama 6 bulan.