Mengenal Manfaat Nutritional Yeast

manfaat nutritional yeast

Akhir-akhir ini banyak orang yang menyadari bahwa hidup sehat itu sangatlah penting. Berbagai vitamin dan suplemen bermunculan di pasaran. Salah satunya superfood yang cukup asing di telinga kita adalah Nutritional Yeast. Banyak yang tidak tahu manfaat dari makanan unik ini, padahal sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

 

Apakah Nutritional Yeast itu?

 

Nutritional Yeast adalah ragi yang sudah tidak aktif lagi, sejenis Saccharomyces cerevisiae yang rasanya seperti keju dan memang digunakan sebagai pengganti keju dalam beberapa jenis masakan, seperti pasta, salad, sup.

 

Nutritional Yeast

 

Mari kita bahas lebih lanjut tentang Nutritional Yeast ini.

Nutritional Yeast bentuknya mirip serbuk abon kering berwarna kuning terang, ringan dan serpihannya sedikit garing. Karena rasanya yang gurih, nutritional yeast ini bisa juga dipakai sebagai pengganti MSG.

Nutritional yeast ini tidak sama dengan ragi yang dipakai untuk membuat roti atau ragi untuk membuat bir. Ragi yang dipakai untuk membuat roti masih aktif, sedangkan nutritional yeast ini sudah dinon-aktifkan raginya.

Nutrional yeast mengandung banyak vitamin B1 dan merupakan sumber protein nabati. Bagi kaum vegan dan vegetarian, nutritional yeast ini dapat dikonsumsi sebagai sumber protein yang baik.

Apa Saja Manfaat Nutritional Yeast?

Nutritional Yeast memiliki banyak manfaat dalam kesehatan

Sumber protein non hewani

Bagi kaum vegan dan kaum vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging, resiko kekurangan protein akan selalu ada. Nutritional Yeast bisa menjadi penggantinya.

 

Sumber mineral yang dapat menjaga kesehatan mental

Dengan begitu banyak mineral dalam Nutritional Yeast, ini dapat membantu mengurangi resiko depresi, stress, dan kemungkinan lupa yang sering terjadi jika kekurangan vitamin B1.

Sumber vitamin B yang lengkap

Di dalam Nutritional Yeast ditemukan banyak vitamin B yang lengkap seperti B1, B2, B12 dan lainnya yang sangat bermanfaat dalam kesehatan mental dan otak.

 

Kesehatan kuku dan rambut

Dengan mengkonsumsi Nutritional Yeast secara teratur, perhatikan bahwa kuku dan rambut pun akan semakin sehat.

 

Bagaimana Cara Terbaik Mengkonsumi Nutritional Yeast?

Nutritional Yeast dapat dimakan begitu saja, langsung dikunyah dan ditelan. Tapi setelah tercampur dengan air ludah, ada kecenderungan dia bisa lengket mengenai langit-langit dan gigi. Tidak usah kuatir, cukup minum air dan bisa ditelan. Di dalam tubuh dia akan larut dengan mudah.

Selain itu, nutritional yeast juga dapat ditaburkan di atas salad, sup, atau masakan lainnya seperti popcorn, kentang panggang dan lain-lain.

Dalam sehari, untuk 1 orang cukup mengkonsumsi 1 sendok teh Nutritional Yeast.

Nutritional Yeast Seperti Apa Yang Harus Dibeli?

Pastikan untuk membeli nutritional yeast yang non GMO, non fortified tanpa vitamin sintetis.

 

 

Nutritional Yeast mengandung amino acid yang lengkap, vitamin B yang sangat lengkap, dan mineral yang juga lengkap seperti selenium, zinc, phospor.