OLEH-OLEH MAKANAN DARI JAKARTA

 

Oleh-Oleh Makanan Dari Jakarta yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia sekaligus menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang serba modern dan berbagai barang – barang dapat ditemukan di sana. Bagi wisatawan yang datang ke Jakarta, tentu tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh – oleh khas Jakarta untuk sanak saudara dan tetangga di rumah. Oleh – oleh yang cukup populer dari Jakarta adalah makanan. Jakarta memiliki makanan khas yang lezat dan cocok dijadikan sebagai buah tangan. Jika Anda bingung menentukan makanan apa yang cocok untuk oleh – oleh, berikut ini beberapa oleh-oleh makanan dari Jakarta yang dapat Anda pilih sebagai buah tangan.

Dodol Betawi

Makanan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dodol dari daerah lainnya. Dodol betawi berwarna coklat kehitaman dengan variasi rasa yang lebih sedikit dibandingkan dodol dari daerah lain. Rasa dodol tersebut hanya ada tiga macam yaitu ketan hitam, ketan putih, dan durian. Bahan baku makanan ini adalah ketan, gula pasir, gula merah, dan santan. Biasanya, dodol betawi menjadi makanan khusus untk pesta, Idul Fitri, dan Idul Adha. Saat ini makanan ini juga telah menjadi salah satu oleh – oleh khas Jakarta.

Roti Buaya

Ini adalah makanan khas Betawi berupa roti manis yang berbentuk buaya. Roti ini selalu ada dalam upacara pernikahan Betawi dan kenduri tradisional Betawi. Selain itu, roti ini juga dapat dijadikan sebagai oleh – oleh karena menjadi ciri khas Jakarta.

Kembang Goyang

Ini adalah kue khas Jakarta yang biasanya selalu disajikan saat lebaran. Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk kembang atau bunga. Rasa kue ini juga renyah dan khas. Camilan semacam kerupuk ini diolah dengan cara digoreng. Saat ini sudah jarang yang menjual makanan ini. Namun, Anda dapat menemukannya di toko – toko oleh di Jakarta.

Gulali

Makanan yang satu ini selain menjadi oleh-oleh makanan dari Jakarta juga menjadi jajanan favorit untuk anak – anak. Rasanya yang manis dan teksturnya yang legit membuat makanan ini memiliki citarasa yang khas. Anda dapat menjadikan gulali sebagai salah satu oleh – oleh wajib saat berlibur ke Jakarta.

Selain makanan – makanan di atas, sebenarnya masih ada banyak makanan lain khas Jakarta yang dapat Anda pilih salah satunya adalah Marguerite. Ini adalah perpaduan antara nougat, selai, dan juga cookies. Makanan ini juga hanya dapat ditemukan di Jakarta dan memiliki cita rasa yang lezat. Makanan ini terbuat dari bahan – bahan berkualitas seperti gula berkualitas premium dari Lampung dan juga susu. Selain itu Marguerite nougat juga memiliki cita rasa yang khas dan tidak akan Anda temui di tempat lain selain Jakarta. Oleh sebab itu, jika Anda mencari oleh-oleh makanan dari Jakarta, Marguerite dapat menjadi pilihan yang tepat