Panduan Lengkap Cold Brew Coffee

Sekarang banyak dijual Cold Brew Coffee di cafe-cafe ternama di kota-kota besar di Indonesia. Apa sih yang disebut Cold Brew Coffee?

Cold Brew Coffee adalah kopi yang dibuat dengan teknik penyeduhan yang berbeda dari yang biasa yaitu dengan cara dingin, bukan diseduh dengan air panas. Bubuk kopi yang kena air panas otomatis tidak mengeluarkan zat asam yang tinggi, sehingga kopi jenis ini aman dikonsumsi untuk penderita maag yang biasanya tidak tahan dengan keasaman dari kopi yang diseduh air panas.

Panduan ini dapat digunakan untuk ibu rumah tangga yang ingin membuat cold brew coffee sendiri di rumah, pemilik cafe yang ingin menjual cold brew coffee botolan di cafenya, atau ingin sekedar tahu saja mengenai jenis minuman ini.

coffee bean

Sebelum mengerti betul tentang Cold Brew Coffee, mari kita pelajari kopi tradisional yang diseduh dengan air panas.

Kopi tradisional dibuat dengan menyeduh biji kopi yang sudah digiling kasar dengan air panas. Air panas akan menyerap aroma dan rasa dari biji kopi tersebut.

Lama penyeduhan manual paling lama 5 menit. Lain halnya dengan mesin kopi yang hanya membutuhkan waktu 2-4 menit, bahkan espresso yang dibuat dengan butiran halus biji kopi hanya membutuhkan waktu 20-30 detik saja.

Selama proses penyeduhan, minyak dan asam tertentu yang terdapat pada biji kopi akan keluar saat bersentuhan dengan air panas. Ini yang menyebabkan tingkat keasaman pada kopi menjadi tinggi. Dan biasanya dinetralisir dengan krim dan gula.

Hot Coffee

Air juga memegang peranan penting dalam penyeduhan kopi. Jika airnya tidak segar atau bersih atau suhu penyeduhan tidak tepat, maka akan ada rasa tertentu pada kopi yang menyebabkan kopi menjadi tidak enak.

Rasa tidak enak ini biasanya terjadi karena temperatur air yang tidak sesuai atau lama penyeduhan kopi yang kurang pas. Kalau penyeduhan terlalu lama, akan menjadi terlalu kental (over-brewed), dan sebaliknya kalau terlalu cepat menjadi tipis atau encer (under-brewed).

Cara menikmati kopi yang sudah diseduh dengan baik adalah dengan meminumnya segera, jangan dibiarkan terlalu lama karena rasa enak dari kopi tersebut akan berangsur hilang.

COLD BREW COFFEE

Sesuai dengan penjelasan di atas mengenai pembuatan kopi cara tradisional, kopi dibuat dari campuran air panas dan biji kopi yang sudah digiling.

Perbedaan cold brew coffee dengan kopi tradisional adalah di waktu. Cold brew coffee memerlukan waktu 12-24 jam untuk mengeluarkan aromanya. Dari pengalaman saya, cold brew coffee yang saya endapkan selama 12-16 jam biasanya rasanya pas, enak dan wangi. Pernah saya membuatnya lewat dari 20 jam, dan terasa lebih pahit.

Untuk membuat rasa kopinya lebih maksimal, saya sarankan menggiling biji kopinya menjadi butiran kasar saja, jangan terlalu halus.

Banyak cara membuat cold brew coffee, mulai dari yang sederhana sampai yang cukup rumit.

Dari proses cold brew ini, kita bisa menghasilkan kopi yang siap diminum ataupun kopi yang cukup pekat dan memerlukan campuran air lagi saat mau diminum. Keduanya dapat disimpan di kulkas dalam waktu yang cukup lama.

Dan lebih istimewanya lagi, cold brew coffee ini bisa dipanaskan saat mau diminum sehingga aromanya akan keluar lebih wangi lagi.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

  • Mason Jar/toples dengan penutup

Mason Jar

  • Alat penyaring / Strainer

Alat Penyaring Strainer

  • Kertas filter kopi / kain penyaring

Coffee Filter

  • Gelas ukur besar

Measuring Glass

  • Coffee Grinder

Coffee Grinder

Ada satu alat cold brew coffee yang sangat praktis dipakai di rumah. Gelas ini bisa menyimpan persediaan kopi untuk seminggu. Dengan Takeya ini, kita dapat menaruh bubuk kopi kasar, membiarkan terendam di dalam gelas, dan menyaringnya sekaligus.

Takeya. Cold Brew CoffeeTakeya Cold Brew

COLD BREW COFFEE SKALA CAFE

Untuk cafe tentunya persediaan cold brew coffee tidak bisa hanya satu – dua liter. Skala lebih besar memerlukan peralatan lain yang lebih praktis dan memadai untuk menampung cairan yang lebih banyak.

Tangki ini dapat menampung sampai 15 galon dan memiliki alat penyaring yang terbuat dari stainless steel. Alat ini mudah dibersihkan dan memiliki penutup yang rapat sehingga aman dari serangga atau binatang yang bisa masuk.

Cold Brew Big Batch

SUHU SAAT COLD BREWING

Sampai sekarang ini masih banyak diperdebatkan apakah lebih baik membiarkan butiran biji kopi direndam dalam suhu ruangan ataukah suhu kulkas chiller.

Saya pernah mencoba keduanya. Satu kali saya membiarkan kopi yang direndam air dalam suhu ruangan sejuk, dan satu kalinya saya masukkan ke dalam kulkas. Menurut saya, hasilnya hampir sama. Tidak banyak perbedaan.

Intinya, saat kita melakukan cold brew pada kopi, kita ingin membuat kopi yang tidak mengeluarkan asam. Jadi kembali ke pilihan masing-masing ya, kalau mau dibiarkan dalam suhu ruangan boleh, disimpan dalam kulkas juga boleh. Yang pasti, diamkan antara 12-16 jam.

KEKENTALAN COLD BREW COFFEE

Cold Brew Coffee dapat dibuat pekat sehingga menghasilkan konsentrat kopi yang harus dicampur air atau cairan lain saat akan diminum atau yang siap diminum begitu saja.

Konsentrat Kopi

Biasanya untuk menghasilkan kopi yang cukup pekat bisa memakai ratio ini. Biji kopi yang digiling kasar sebanyak 350 gram dan air sebanyak 1600 ml. Ini bukan resep mutlak ya. Boleh disesuaikan dengan selera masing-masing.

Cold Brew Coffee Ice

Cold Brew Yang Siap Diminum

Saya biasanya menggunakan 100 gram biji kopi yang sudah digiling kasar dengan 1400 ml air. Ini biasanya menghasilkan sekitar 1200-1300 ml cold brew coffee yang bisa disimpan dalam kulkas dan siap diminum.

COLD BREW AT HOME

Siapkan 100 gram biji kopi yang sudah digiling kasar. Masukkan ke dalam wadah/mason jar. Masukkan air sebanyak 1400 ml. Simpan dalam kulkas atau di ruangan sejuk. Tutup wadahnya. Biarkan selama 12-24 jam. Saran saya, 14-16 jam. Saya biasa merendamnya selama 14 jam dan hasilnya sangat enak aromanya.

Setelah 14 jam, saring airnya, gilingan biji kopi yang kasar bisa dipakai untuk mandi scrub juga loh! Cairan kopi yang sudah disaring masih perlu disaring lagi dengan menggunakan coffee filter supaya lebih halus lagi. Kalau cairan yang keluar lewat coffee filter sudah sulit tembus, boleh ganti coffee filternya dengan yang baru.

Simpan cairan kopi yang sudah disaring dengan coffee filter ke dalam mason jar atau botol. Ini sudah siap diminum. Boleh dituang ke dalam gelas dan diberikan es batu atau dipanaskan dulu. Tergantung selera.

Coffee Over Ice

Untuk yang suka menambahkan susu, saya berikan resep Latte andalan saya:

1 cangkir kopi cold brew (200 ml)

50 ml susu (boleh fresh milk atau UHT)

25 ml whipping cream (hewani atau nabati)

Tambahkan secubit ceylon cinnamon powder (optional)

Kalau suka, boleh tambahkan 1-2 sdt Baileys atau 1-2 sdt Blackstrap Molasses.

Yummy!

Cold Brew Latte

SIAPA SAJA YANG BOLEH MINUM COLD BREW COFFEE?

Buat penderita maag yang tidak tahan keasaman dari kopi yang diseduh panas, boleh mencoba cold brew coffee ini, karena tingkat keasamannya sangat minim. Kopi jenis ini boleh dibilang lebih sehat dari kopi seduh biasa.

Dari segi rasa tidak kalah dengan kopi seduh biasa. Jadi dicoba saja, mungkin kamu suka. Mudah kan membuatnya?!

shares