ADAKAH CARA MENGHILANGKAN PERUT BUNCIT SECARA ALAMI DAN CEPAT?

10 CARA MENGHILANGKAN PERUT BUNCIT SECARA ALAMI DAN CEPAT

Kalau kalian selama ini sudah berusaha berbagai macam cara untuk menghilangkan perut buncit tapi perut tidak kempes-kempes, kemungkinan besar cara kalian itu salah. Tentu saja semua orang akan berkata ‘menghilangkan perut buncit itu susah’ kalau caranya salah.

Kenapa kok di sekitar kita banyak sekali orang gagal menghilangkan perut buncit? Karena kita sudah bertahun-tahun, berpuluh tahun diberikan informasi yang salah. Coba berapa banyak yang setuju kalau kalori yang kita konsumsi dikurangi dan kalori yang dikeluarkan diperbanyak, kita akan dengan mudah mengecilkan perut buncit, mengurangi berat badan?

 Tapi, kenapa sebegitu banyak orang sudah pergi ke gym, olahraga berjam-jam, mengurangi porsi makan sampai seperti porsi kucing, dan perut buncit tidak juga pergi-pergi?

Perut buncit disini bukan hanya yang dalam skala besar ya. Ada orang yang secara keseluruhan badannya kurus, tapi bagian perutnya buncit.

Coba ganti mindset kalian! Untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit ada 3 hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu:

1. HORMON LAPAR

Bayangkan kalau kita bisa mengontrol rasa lapar yang sering muncul dan mengganggu. Kadang sore hari atau bahkan malam hari sebelum tidur, pasti banyak yang sering mengalami rasa lapar tak terkendali yang akhirnya membuat kita masak semangkuk Indomie. 😀

mengendalikan rasa lapar

2. HORMON PEMBAKAR LEMAK

Bayangkan kalau kita bisa meningkatkan hormon pembakar lemak dalam tubuh kita. Tentunya menyenangkan ya, jadi lemak yang tidak terpakai akan bisa terbakar dengan sendirinya.

3. MESIN PEMBAKAR LEMAK DALAM TUBUH (METABOLISME YANG CEPAT)

Banyak orang bermimpi punya mesin pembakar lemak dalam tubuh atau metabolism yang super cepat, sehingga apapun yang dimakan tidak menjadi lemak, tubuh tetap langsing dan sehat.

Nah, apakah ketiga hal tersebut bisa dicapai? Dan bagaimana caranya?

Ada 10 cara menghilangkan perut buncit secara cepat dan alami.

1. TURUNKAN HORMON INSULIN

Selama ini tidak banyak yang tahu bahwa dengan tingginya kadar insulin dalam tubuh akan membuat kita sulit menurunkan berat badan. Tubuh tidak akan membakar lemak yang ada selama ada hormon insulin yang tinggi.

Tahukah kalian setiap kali kita makan, hormon insulin akan bergerak naik. Coba hitung berapa kali kita makan sehari? Yang dihitung bukan hanya makan pagi, siang, dan malam ya. Termasuk semua cemilan di antaranya. Biasanya sehari orang bisa makan 5-6x bahkan ada yang 8x.

Insulin juga membuat kita lapar terus menerus. Pernahkah kalian merasa lapar padahal baru saja makan semangkuk bakmi 2 jam yang lalu? Ini disebabkan adanya resistansi insulin dalam tubuh karena hormone insulin yang terus menerus naik setiap kali kita makan.

Lalu bagaimana cara menurunkan hormone insulin ini?

~ Kurangi frekuensi makan

Sekarang kalau sudah tahu aturan ini ‘Setiap makan, hormone insulin akan naik’ berarti hal yang harus dilakukan adalah kurangi frekuensi makan.

Ini bisa dilakukan secara perlahan dan konsisten, misalnya dengan mengurangi semua cemilan dulu, jadi makan hanya 3 kali sehari. Lalu, mulai mundurkan makan pagi ke jam yang lebih siang, sehingga secara perlahan bisa mengurangi makan pagi.

Ikuti pola makan Intermittent Fasting secara bertahap. Asalkan disiplin dan konsisten, pasti hal ini akan berhasil menurunkan hormon insulin dan tentunya akan membantu pembakaran lemak.

~ Stop konsumsi gula

Gula terdiri dari 50% glukosa dan 50% fruktosa. Fruktosa akan langsung menuju ke organ hati dan ini sama bahayanya dengan mengkonsumsi alkohol dan dapat menyebabkan penyakit fatty liver. (1)

Fatty liver saling terkait dengan resistansi insulin. Hal ini akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

Gula juga meningkatkan insulin karena konsumsi gula akan meningkatkan gula darah. Gula dapat membuat kita makan lebih banyak. Gula juga bersifat adiktif, membuat kita mau lagi dan lagi.

~ Kurangi konsumsi karbohidrat

 Karbohidrat akan meningkatkan gula darah lebih cepat daripada protein dan lemak. Tentunya dengan meningkatnya gula darah, insulin akan naik.

2. KURANGI RASA LAPAR

Pilih makanan yang lebih lama dibakar oleh tubuh sehingga kita tidak merasa lapar dengan cepat. Penting juga untuk memilih makanan yang netral terhadap hormone insulin.

Protein dan lemak akan dibakar lebih lama oleh tubuh kita daripada glukosa yang terdapat dalam karbohidrat dan gula.

Banyak orang yang menjauhi lemak karena takut menjadi gemuk. Lemak adalah golongan yang paling sedikit memicu insulin dan dengan mengkonsumsi lemak, kita akan merasa kenyang lebih cepat dan tidak akan terdorong untuk mau makan makanan lain.

Lemak yang dikonsumsi akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh karena tubuh kita tidak akan menyimpan lemak tapi sebaliknya membakar lemak yang ada. Selain itu, kita juga tidak mudah merasa lapar lagi.

Cobalah diet rendah karbohidrat, tinggi lemak beberapa saat dan bandingkan hasilnya kalau kalian menjalani diet rendah lemak.

3. PERBAIKI FUNGSI THYROID

Perbaiki metabolisme tubuh kita dengan mengenali fungsi thyroid. Tentunya tubuh yang lemah fungsi thyroidnya akan sulit membakar lemak.

Fungsi thyroid perlu diperbaiki dulu, dibuat seimbang sebelum menjalankan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Cek fungsi thyroid apakah seimbang sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan.

4. TINGKATKAN KADAR OKSIGEN DALAM DARAH

Kadar oksigen dalam darah sangat penting untuk pembakaran lemak. Hal ini bisa dibayangkan seperti tungku pembakaran, kalau oksigennya kurang, api akan mengecil dan tidak mampu membakar kayu dengan baik.

Sama juga dengan tubuh kita, orang yang kekurangan oksigen atau kekurangan sel darah merah (anemia) akan sulit menurunkan berat badan karena kekurangan oksigen dalam darahnya.

Perbaiki dulu kondisi anemia tubuh dengan makan makanan yang mendorong terbentuknya sel darah merah.

5. KONSUMSI MCT ATAU VIRGIN COCONUT OIL UNTUK MENAMBAH ENERGI

Saat melakukan Intermittent Fasting, untuk memperpanjang masa puasa saat rasa lapar muncul, konsumsi minyak MCT atau minyak VCO (Virgin Coconut Oil).

MCT akan memberikan energi pada tubuh, sehingga masa puasa bisa diperpanjang lebih lama lagi. Ini juga berlaku dengan VCO.

cara menghilangan perut buncit

Kedua jenis minyak ini tidak akan menstimulasi insulin sehingga aman untuk diet. Banyak manfaat yang bisa didapat jika rajin mengkonsumsi minyak kelapa (virgin coconut oil) atau MCT oil.

6. KONSUMSI APPLE CIDER VINEGAR

Rutin mengkonsumsi cuka apel/ apple cider vinegar (ACV) akan membantu meningkatkan sensitifitas terhadap insulin, membuat lebih cepat kenyang, mengurangi perut buncit, membantu mengurangi sindrom metabolik.

Sindrom metabolic yang dimaksud disini adalah membantu menurunkan kolesterol, gula darah, dan membantu kesehatan jantung.

Pastikan untuk mengkonsumsi ACV dengan endapan ‘the mother’, ada tulisan ‘raw’, ‘organik’. Konsumsi satu sendok makan dicampur dengan segelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur.

7. LENGKAPI NUTRISI YANG DIBUTUHKAN

Vitamin B adalah yang terpenting di antara semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menghilangkan perut buncit. Cukupi kebutuhan vitamin B dengan mengkonsumsi Nutritional Yeast setiap hari.

Mineral yang dibutuhkan adalah potassium yang dapat membantu mengurangi sensitifitas terhadap insulin. Dari mana kita mendapatkan potassium? Yang paling baik adalah sayuran hijau.

Ada 12 jenis sayuran yang sangat membantu dalam penurunan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Coba dicek disini. Salah satunya adalah sayur Kale karena kale berfungsi mengeluarkan racun dari liver.

Konsumsi makanan alami (whole food) yang sesungguhnya. Ini memang akan lebih merepotkan apalagi untuk orang yang memiliki kesibukan tinggi. Banyak orang menjalani diet Keto dengan mengkonsumsi makanan yang sudah siap seperti makanan kalengan. Ini disebut Lazy Keto atau Dirty Keto. Karena kita juga ikut mengkonsumsi bahan pengawet ataupun kandungan yang tidak alami di dalamnya.

Hindari makanan yang diproses, usahakan untuk mengkonsumsi hanya makanan alami saja. Dengan demikian, nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi.

Secara jangka panjang, selain perut yang rata, tubuh kita juga akan menjadi jauh lebih sehat, dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang diproses.

Memang dengan menjalani diet Keto dan mengkonsumsi makanan yang diproses asalkan menghindari karbohidrat dan gula akan membuat kita lebih cepat dan efisien menurunkan berat badan, tapi secara jangka panjang ini tidak akan membuat tubuh menjadi sehat.

8. TINGKATKAN PEMBAKARAN LEMAK DALAM TUBUH

Adakah cara supaya tubuh kita bisa membakar lebih banyak lemak yang ada? Ada loh!

Hormon pertumbuhan atau disebut dengan growth hormone.

Cara meningkatkan HORMON PERTUMBUHAN (GROWTH HORMONE).

  • HIIT (High Intensity Interval Training)
  • Puasa
  • Tidur yang cukup

9. JALAN KAKI

Jalan kaki santai adalah olahraga yang dapat menurunkan hormone kortisol. Olahraga yang terlalu keras malah akan meningkatkan hormone stress dalam tubuh. Hormon stress (kortisol) ini dapat mempengaruhi naiknya hormon insulin, selain itu akan menimbulkan rasa lapar setelah berolahraga keras.

cara menghilangkan perut buncit

Jalan kaki santai tidak akan membuat kita merasa lapar dan tidak menghasilkan kortisol, aman untuk tubuh dan bersifat menenangkan.

10. MEDITASI

Meditasi tidak secara langsung menurunkan berat badan, tapi dengan meditasi kita bisa menenangkan pikiran, menurunkan hormon kortisol.

Stress dapat membuat sistim imun tubuh menurun, tekanan darah naik. Ini tentunya tidak akan membuat hormon dalam tubuh seimbang. Seiring dengan munculnya stress karena pikiran, hormon kortisol akan melonjak. Adanya hormon kortisol akan ikut menstimulasi hormon insulin.

cara menghilangkan perut buncit dengan meditasi

Cobalah berlatih meditasi mulai dari 5 menit, 10 menit. Saat kalian sudah bisa menenangkan pikiran dan focus pada satu hal dalam meditasi tersebut, kalian pasti sudah berbuat sesuatu yang baik untuk tubuh.

Banyak juga yang berpendapat meditasi dikaitkan dengan agama tertentu jadi banyak orang tidak mau melakukannya atau mitos-mitos lainnya yang kadang tidak masuk akal.

Meditasi disini tidak perlu dengan duduk bersila, cukup duduk bersandar di kursi dan memejamkan mata, fokus pikiran pada satu titik, dan menenangkan pikiran yang simpang siur.

Dari 10 cara menghilangkan perut buncit ini kalian boleh coba beberapa dulu, tentunya kalau semuanya dilakukan dengan konsisten akan menghasilkan apa yang kita mau. Menghilangkan perut buncit bukan lagi hal yang mustahil.

Yuk, dicoba!