Vitamin D adalah salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan kita. Makanan apa saja yang mengandung vitamin D? Apakah kita sudah memenuhi asupan vitamin D yang disarankan? Haruskah kita menambah suplemen vitamin D? Apa saja gejala kekurangan vitamin D?

Ada dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D3 dan vitamin D2. Vitamin D3 lebih mudah diserap tubuh. Kita lebih beruntung karena tinggal di Indonesia yang persis berada di garis katulistiwa. Kita hanya perlu keluar dari rumah sebentar di pagi hari untuk mendapatkan cahaya matahari. Tubuh kita akan mengubah sinar matahari menjadi vitamin D3 yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang di dunia ini yang kekurangan vitamin D3 dan ini menyebabkan banyak sekali penyakit lain yang muncul. Di daerah yang jauh dari katulistiwa, dimana sinar matahari hanya sebentar muncul dan kadang bahkan tidak muncul sama sekali, banyak orang kekurangan vitamin D3. (1)

Minyak yang baik seperti minyak alpukat, minyak zaitun, minyak cod liver, atau minyak kelapa akan membantu penyerapan vitamin D3 ke dalam sel tubuh kita. Jangan konsumsi sembarang minyak ya. Vitamin D3 memang akan lebih mudah diserap dengan adanya minyak yang tepat.

Akibat Yang Ditimbulkan Karena Kekurangan Vitamin D

7 signs of vitamin D deficiency

1. Nyeri Pada Tulang

Sering terasa nyeri atau sakit pada tulang-tulang? Bisa jadi kamu kekurangan vitamin D3. Keadaan ini akan meningkatkan resiko kondisi Osteoporosis dan Osteomalacia. (2, 3) Jika kekurangan vitamin D3 ini tidak segera diperbaiki, tulang akan rentan dan mudah patah.

2. Rasa Lelah Terus Menerus

Kalau kamu sering merasa lelah terus menerus tanpa alasan yang pasti, segera cek level vitamin D kamu di lab. Kemungkinan inilah penyebabnya. Tentu masih ada penyebab lain kalau sering merasa lelah terus, dan salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin D3.

3. Tulang Mudah Patah/Retak

Pernahkah kamu mendengar teman yang jatuh dan tulangnya patah/retak? Ini adalah salah satu akibat yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin D3.

tulang mudah patah

4. Mudah Tertular Pilek/Batuk/Flu

Kekurangan vitamin D3 akan menyebabkan kita mudah tertular virus seperti pilek, batuk dan flu. Perhatikan kalau kamu sering dan mudah sekali tertular dari teman yang sedang terkena sakit yang disebabkan oleh virus.

flu

5. Sering Merasa Moody

Mood yang naik turun juga merupakan salah satu tanda kekurangan vitamin D3. Kalau ada teman yang suka moodnya jelek, cobalah ajak dia berjemur sinar matahari pagi, nanti moodnya akan membaik.

6. Luka Yang Sulit Sembuh

Kalau ada luka yang sulit sembuh, mungkin lama tidak kering atau tidak segera menutup, coba cek level vitami D kamu. Bisa jadi kamu kekurangan vitamin D3, atau bisa juga gejala diabetes.

7. Otot-otot Sering Sakit

Otot-otot yang sering sakit juga merupakan gejala kekurangan vitamin D3. Penuhi asupan vitamin D3 kamu, perlahan sakit pada otot akan berangsur hilang sendiri.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Makanan apa saja yang mengandung vitamin D? Apakah dengan makanan ini saja asupan vitamin D kita sudah cukup? Kalau memungkinkan, siapkan satu atau dua jenis dari makanan ini setiap hari. Atau minum suplemen vitamin D3. Mari kita perhatikan satu per satu.

1. Cod Liver Oil atau Hati Ikan Cod (Kalengan)

Hati ikan Cod yang dijual dalam kalengan banyak mengandung vitamin D3. Memang agak susah mencarinya disini. Di Amazon.com dijual dalam kalengan.

hati ikan makanan yang mengandung vitamin D

Kalau tidak bisa dapat hati ikan Cod, kamu boleh minum Cod Liver Oil dalam bentuk soft gel atau minyak yang banyak dijual di toko online.

cod liver oil makanan yang mengandung vitamin D

2. Ikan Yang Berlemak

Ikan yang berlemak seperti sardin, herring, dan mackerel banyak mengandung vitamin D3.

Sardin makanan yang mengandung vitamin D

3. Jerohan Hati Sapi, Babi, Ayam

hati sapi

4. Mentega

Mentega dari sapi yang dibiarkan makan rumput dan bebas berkeliaran di padang rumput jauh lebih baik karena banyak mengandung vitamin D3.

makanan yang mengandung vitamin D

5. Kuning Telur dari Ayam atau Bebek

Kuning telur dari telur ayam ataupun telur bebek banyak mengandung vitamin D3. Kalau bisa, dapatkan dari ayam atau bebek yang dibiarkan berkeliaran bebas (ayam kampung organik/ bebek kampung organik).

Manfaat dari telur terutama kuningnya sangat baik untuk kesehatan. Biasanya orang takut dengan kolesterol pada kuning telur dan menghindarinya dengan hanya makan putih telurnya saja. Pelajari lebih dalam mengenai manfaat telur.

kuning telur

6. Tuna

Ikan Tuna banyak mengandung vitamin D3. Ikan tuna boleh dimakan mentah maupun dimasak terlebih dahulu.

tuna

7. Oyster

Daging oyster banyak mengandung vitamin D3.

oyster

8. Salmon

Ikan Salmon juga banyak mengandung vitamin D3

salmon makanan yang mengandung vitamin D

9. Telur Ikan

Telur ikan dari ikan apa saja banyak mengandung vitamin D3.

telur ikan

10. Udang

Udang terutama udang laut mengandung vitamin D3. Usahakan konsumsi udang dari laut bukan udang tambak.

Udang

Dosis Vitamin D Yang Disarankan

Dosis vitamin D3 yang dibutuhkan untuk seorang dewasa dari 2000 iU sampai 10.000 iU per hari tergantung dari kondisi masing-masing. Vitamin D3 ini bisa didapatkan dari suplemen maupun makanan yang disebutkan di atas.

Untuk orang yang tinggal di daerah dengan sedikit sinar matahari, tentunya kebutuhan vitamin D3 harus lebih diperhatikan lagi. Misalnya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang disebut di atas, boleh mencari tambahan suplemen vitamin D3 dengan dosis 5000 iU sampai 10.000 iU.

Sampai sekarang belum ada tercatat kematian ataupun orang yang masuk rumah sakit karena kelebihan vitamin D3. Yang ada malah kekurangan vitamin D3.

Apa Saja Manfaat Vitamin D3?

Vitamin D banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Perhatikan saja akibat dari kekurangan vitamin D, cukup mengganggu, bukan? Kalau kekurangan vitamin D ini berkepanjangan dan dibiarkan, bahkan bisa mengarah ke kanker dan beberapa penyakit serius lainnya.

Manfaat Vitamin D:

  1. Memperbaiki Kondisi Kulit
  2. Memperbaiki Gangguan TIdur
  3. Memperbaiki Mood
  4. Mengurangi Peradangan
  5. Memperbaiki Kondisi Autoimun
  6. Meningkatkan Imun Tubuh

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui akibat yang bisa ditimbulkan karena kekurangan vitamin D, sebaiknya kita mulai memperhatikan asupan makanan kita, dan sering-seringlah berjemur matahari.

Kalau tidak bisa memenuhi daftar makanan di atas, boleh tambahkan suplemen D3 dalam daftar suplemen yang diminum.

vitamin D3

Tolong share artikel ini ya ke teman-teman yang membutuhkan. Keep healthy!

shares