Sayuran sangat baik untuk diet penurunan berat badan. Apakah kalian tahu sayuran dapat membantu detoksifikasi, bahkan membantu menyeimbangkan hormon endokrin supaya tubuh dapat berfungsi dengan baik?

Tubuh yang menggemuk disebabkan oleh hormon yang berantakan, bekerja tidak semestinya. Hormon insulin yang terus meningkat dan menyebabkan resistansi insulin dalam tubuh membuat tubuh mulai menggemuk seiring waktu berjalan.

Sayuran memiliki kandungan yang menyembuhkan karena sifatnya alami dan dapat membantu mengeluarkan toxin dari dalam tubuh. Tentunya sangat baik dimakan mentah-mentah karena sayuran adalah sumber vitamin, mineral dan serat yang baik. Tingginya kandungan serat dalam sayuran dapat memperbaiki sistim endokrin dalam tubuh yang rusak oleh konsumsi makanan yang salah dalam jangka waktu panjang.

Hormon insulin adalah hormon yang menyimpan lemak dalam tubuh dan dengan konsumsi banyak sayuran, hormon insulin akan menurun. Selain itu, sayuran juga rendah gula dan rendah kalori, jadi aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sayuran memiliki kandungan potassium yang sangat tinggi dan sodium yang sangat rendah. Khusus untuk penderita batu ginjal dan batu empedu boleh mengkonsumsi bit dan seledri karena sodium akan membantu menurunkan kadar kalsium yang berlebihan pada penderita batu ginjal dan batu empedu.

sayuran untuk diet

Kebanyakan orang yang kelebihan berat badan sel tubuhnya kekurangan vitamin, mineral dan cairan meskipun sudah minum air banyak. Ini dikarenakan resistansi insulin sehingga sel tubuh tidak lagi dapat menerima vitamin dan mineral yang seharusnya diperoleh dari makanan.

Untuk mencukup kebutuhan potassium dalam sel tubuh diperlukan minimal 6 bulan untuk banyak mengkonsumsi sayuran segar setiap hari secara rutin.

Saya ingin berbagi pengalaman saya. Waktu saya didiagnosa memiliki kista besar di ovarium saya, saya mulai mengkonsumsi sayuran mentah yang saya blender setiap hari. Selama 3 bulan pertama tidak terasa ada perubahan yang berarti, tapi saya yakin ada perbaikan positif dalam tubuh saya karena kandungan potassium yang banyak di dalam sayuran kale.

Jadi saya tetap lanjutkan minum jus sayuran tersebut. Setelah bulan ke 3, saya mulai mengeluarkan banyak air lewat buang air kecil setiap hari dan berat air karena kekurangan potassium mulai berkurang.

Kekurangan potassium dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kita lebih menahan air. Ini dikarenakan makanan yang mengandung sodium yang tinggi. Sodium bersifat menahan air. Air yang tertahan akan menyusup di bawah permukaan kulit menyebabkan stretchmark pada bagian paha, perut.

Untuk memperbaiki keadaan ini, diperlukan potassium dari sayuran segar. Suplemen potassium tidak terlalu efektif. Sayuran yang dikalengkan atau diproses juga memiliki kandungan sodium yang tinggi dan rendah potassium. Jadi tidak terlalu membantu.

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi sayuran segar dan paling baik dalam keadaan mentah. Boleh diblender atau dijadikan salad atau dikukus sebentar. Dengan demikian, vitamin dan mineral di dalamnya masih dalam keadaan optimal.

MENGAPA SAYURAN BAIK UNTUK DIET PENURUNAN BERAT BADAN?

Mengapa sayuran diperlukan untuk diet penurunan berat badan?

Orang dengan kelebihan berat badan pasti memiliki kandungan sodium lebih banyak daripada potassium di dalam tubuhnya. Sayuran dengan kandungan potassium yang tinggi dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh menjadi normal kembali.

Keseimbangan cairan tubuh ini tidak dapat dikembalikan dengan suplemen atau obat-obatan, tapi harus dengan makanan yang sesungguhnya, yaitu sayuran segar. Makanan dengan kandungan potassium yang tinggi akan membantu melepaskan air yang tertahan karena sodium yang tinggi.

Lalu potassium akan menurunkan kadar insulin. Dengan adanya potassium, hormon insulin akan menjadi terkontrol. Dengan hormone insulin yang tinggi, sulit untuk menurunkan berat badan.

Mungkin banyak orang akan mengaitkan potassium dengan buah pisang. Pisang memang memiliki kandungan potassium yang tinggi, tapi sumber terbaik potassium adalah dari sayuran. Pisang banyak mengandung gula dan ini dapat meningkatkan hormon insulin. Jadi pisang bukan merupakan pilihan yang tepat.

Sayuran terbukti mengandung potassium yang sangat banyak dan memiliki kandungan gula yang rendah. Tentunya dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon tubuh yang berhubungan dengan penurunan berat badan.

BERAPA BANYAK POTASSIUM YANG DIBUTUHKAN?

Dalam sehari, tubuh manusia memerlukan 4000 – 4700 mg potassium. Ini kira-kira sekitar 7 sampai 10 cangkir sayuran. Dari sejumlah sayuran ini memang belum tentu bisa mencapai 4000-4700 mg potassium, tapi kita bisa memperoleh potassium dari makanan lain seperti daging, telur, dan lain-lain. Jadi setelah ditotal, kan mendekati angkat tersebut. Itu sudah cukup baik untuk membuat tubuh kita lebih sehat.

Dengan mengkonsumsi sayuran mentah yang banyak dalam sehari akan merupakan langkah awal untuk menurunkan berat badan yang berlebih dan menjadi lebih sehat. Pasti kalian akan merasakan tubuh lebih segar dan lebih sehat.

Kalau kalian merasakan keharusan mengkonsumsi sayuran sebanyak itu berat, kalian bisa membaginya menjadi 2x porsi salad atau dijadikan smoothie. Dengan menjadikannya smoothies, tentu akan lebih mudah dan cepat untuk menghabiskannya.

Dan satu lagi keuntungannya. Saat kita sudah minum segelas besar jus sayuran dengan ampasnya, dijamin akan terasa lebih kenyang dan porsi makan berikutnya jadi tidak sebanyak sebelumnya.

Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan serat di dalam sayuran. Kalau terasa kembung setelah minum jus sayuran ini, kalian bisa mengganti sayurannya dengan serat yang lebih halus seperti bayam atau romaine lettuce, atau sayuran dikukus sebentar sebelum dijus.

Dengan dikukus sebentar, serat dari sayuran ini tidak akan terlalu membuat perut tidak nyaman.

CARA TERBAIK UNTUK MENGKONSUMSI SAYURAN

Sayuran lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Cara ini akan tetap menjaga nutrisi di dalamnya, karena panas akan menghancurkan sebagian nutrisi dari sayuran.

Nutrisi yang masih segar dalam sayuran mentah akan membantu menyembuhkan tubuh, membantu keseimbangan potassium dan sodium. Semakin banyak sayuran segar yang dikonsumsi, semakin cepat sistim endokrin tubuh menjadi sembuh.

Kalian bisa mengukus sayurannya sebentar saja. Kalau dikukus terlalu lama, nutrisi yang ada di dalamnya jadi hilang.

Sayuran sebaiknya dikonsumsi pada siang/sore hari. Kalau dikonsumsi pada malam hari, dikuatirkan mengganggu tidur untuk orang yang tidak tahan dengan serat sayuran.

Saat makan sayuran, tidak perlu kuatir dengan jumlah porsinya. Konsumsi sebanyak mungkin yang bisa kalian makan. Tidak ada istilah terlalu banyak. Kalaupun kebanyakan, kita bisa merasa kenyang karena serat sayuran akan mengenyangkan.

Sayuran yang bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak termasuk alfalfa sprouts, asparagus, alpukat, rebung, seledri, daun ketumbar, bit, daun bawang, lettuce, bayam, dan banyak jenis lainnya.

Beberapa jenis sayuran untuk diet penurunan berat badan akan saya tuliskan di bawah ini.

SAYURAN DARI KELUARGA CRUCIFEROUS

Sayuran dari keluarga cruciferous mengandung glucosinolates dan memiliki kandungan yang dapat membantu mendetoks organ hati. Sayuran cruciferous ini membantu menurunkan hormon estrogen, bersifat anti kanker, dan dapat mengeluarkan bahan kimia dan toxin dari makanan yang kita konsumsi.

Estrogen adalah salah satu hormone yang menghambat penurunan berat badan dan menghambat pembakaran lemak. Dengan mengkonsumsi sayuran jenis cruciferous ini tentunya akan membantu menurunkan berat badan.

12 JENIS SAYURAN CRUCIFEROUS UNTUK DIET

Saya akan menyertakan gambar untuk setiap jenis sayuran di bawah ini. Untuk diet, tidak semua harus dikonsumsi sekaligus. Pilih yang mudah didapat dan cocok dengan kalian.

  1. KOL

Memang ada beberapa orang tidak tahan dengan gas dari kol ini karena menyebabkan kembung. Kukus sebentar saja supaya tidak terlalu menyebabkan kembung.

Kol sayuran untuk diet
  1. BRUSSELS SPROUTS

Brussels sprouts tinggi kandungan serat, mineral dan antioksidan. Sayuran ini dapat mengurangi resiko kanker, peradangan, penyakit jantung, dan menurunkan gula darah.

Selain itu brussels sprouts membantu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan glikemik yang rendah dan tinggi serat.

Brussels sprouts

Cara mengkonsumsinya mudah, hanya dengan menumisnya sebentar atau masukkan ke dalam salad atau diblender menjadi smoothies bersama sayuran lainnya.

  1. BROKOLI

Brokoli memiliki kandungan folat yang sangat tinggi dan juga vitamin A, K, dan C. Selain itu, brokoli rendah kalori dan tinggi serat, serta memiliki kandungan anti kanker. Brokoli juga mengandung kalsium sangat tinggi yang baik untuk tulang dan memiliki kandungan phytonutrient yang membantu mendetoks organ hati.

brokoli sayuran untuk diet
  1. KEMBANG KOL

Kembang kol adalah sayuran jenis cruciferous yang sangat tinggi seratnya dan mengandung vitamin B dan C. Dia juga bersifat antioksidan dan anti kanker. Di dalam kembang kola da kandungan choline yang sangat baik untuk organ hati, membantu menghancurkan lemak pada fatty liver.

Kembang kol ini dapat menjadi pengganti nasi dalam diet ketogenic. Cukup dikukus, atau dipanggang bersama keju.

kembang kol
  1. KALE

Sayuran yang sedang popular ini adalah sayuran superfood yang tinggi kandungan seratnya. Warnanya hijau dan memiliki kandungan potassium yang tinggi dan dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu kale juga merupakan sumber vitamin C dan zat besi.

kale

Serat dalam sayuran kale dapat mengganggu sistim pencernaan beberapa orang tertentu yang tidak tahan dengan seratnya. Jadi dikukus saja sebentar sebelum dikonsumsi. Tambahkan setengah potong air lemon. Lemon membantu memberikan rasa segar pada sayuran kale.

Selain untuk salad, sayur kale dapat diblender menjadi smoothies.

Resep Jus Kale:

  • 5 lembar kale
  • 1 bongkol bok choy
  • ½ lemon diperas
  • 4 potong kecil nanas
  • Beberapa es batu
  • Segelas air 300 cc
  • Sedikit stevia (optional)
jus kale
  1. LOBAK

Lobak adalah jenis sayuran akar, merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi, anti kanker dan dapat membantu menjaga sistim pencernaan.

lobak

Taruh beberapa potong lobak tipis dalam salad atau dibuat acar atau kimchi.

  1. LOBAK TURNIP

Lobak jenis ini daun dan bagian akarnya dapat dimakan, sarat dengan nutrisi dan rendah kalori. Karena kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi, lobak turnip ini membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu juga lobak turnip ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

turnip sayuran untuk diet
  1. BOKCHOY

Bokchoy adalah jenis sayuran cruciferous, rasanya manis. Cara mengkonsumsinya mudah, hanya perlu dimasak sebentar dengan minyak zaitun, bawang putih dan kecap asin. Selain itu diblender dengan sayur kale sangatlah enak.

bokchoy sayuran untuk diet
  1. SELADA AIR (WATERCRESS)

Selada air sekarang banyak disebut sebagai sayuran superfood karena memiliki kandungan anti kanker, antioksidan yang tinggi. Selain itu, selada air dapat menurunkan tekanan darah tinggi, memperkuat tulang, dan menurunkan gula darah.

selada air sayuran untuk diet

Selada air dapat dimakan sebagai salad, atau dimasak sebentar saja, diblender. Kalau dimakan sebagai sup, taruh selada air terakhir setelah semua bahan matang.

  1. COLLARDS

Collards sejenis sayuran yang mirip sawi penampilannya, satu keluarga dengan kale, turnips dan mustard. Sering digunakan dalam masakan khas Selatan. Sayuran ini memiliki tekstur lebih kenyal dan rasa kubis yang lebih kuat.

collards
  1. MUSTARD GREENS

Mustard green memiliki kandungan phenol yang sangat tinggi, kaya flavonoids, boleh dibilang nomor 2 setelah kale. Ini boleh termasuk salah satu jenis sayur cruciferous yang penting untuk dimasukkan ke dalam diet. Keuntungan yang diberikan oleh sayur ini luar biasa.

mustard greens sayuran untuk diet

Mustard greens ini dapat dimakan sebagai salad atau smoothies.

  1. RUTABAGA

Rutabaga adalah jenis sayuran yang akarnya dimakan, serupa dengan turnip lobak. Rutabaga adalah jenis persilangan antara turnip dan kol. Rutabaga dapat tumbuh di dataran tinggi. Bentuknya besar dan sedikit kekuningan.

rutabaga sayuran untuk diet

Ada sedikit rasa pahit tapi saat dimakan mentah akan terasa manis sedikit dan empuk. Saat dimasak, akan keluar rasa gurih sedikit seperti kentang, dan dapat dihaluskan, dicampur dengan cream dan keju.

SALAD DRESSING

Saat memilih salad dressing, jangan asal memilih. Perhatikan label bahannya, usahakan untuk tidak mengkonsumsi yang menggunakan minyak kedelai, minyak jagung, minyak canola, karena kebanyakan dari minyak jenis ini adalah GMO. Hindari pemakaian high fructose corn syrup, MSG, dextrose, dan gula tebu.

Kalau perlu, buatlah sendiri balsamic vinegar dengan minyak zaitun, apple cider vinegar, dan lemon. Tambahkan nutritional yeast di atas salad sehingga memberi rasa seperti keju.  

Mungkin ada yang pernah mendengar bahwa sayuran cruciferous dapat mengganggu fungsi tiroid dan mengurangi yodium di dalam tubuh kita. Jangan kuatir. Tambahkan suplemen iodine dari rumput laut di dalam sup atau makanan lainnya. Rumput laut mengandung yodium, selenium, dan beberapa mineral penting untuk merubah hormon tiroid T4 menjadi T3.

Manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi sayuran cruciferous ini sangatlah banyak. Selain membantu menyeimbangkan hormon, mendetoks organ hati, sayuran ini juga memiliki antioksidan yang tinggi. Organ hati akan semakin membaik. Hati (liver) adalah tempat hormon pembakaran lemak, tentunya jika berfungsi dengan baik, dia akan membantu kita menurunkan berat badan yang berlebih.

Bagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang membutuhkannya. Sayuran-sayuran ini bukan saja untuk diet, tapi untuk memperbaiki kesehatan kita secara menyeluruh.

Sehat dulu yuk baru berat badan ideal akan tercapai! 🙂

shares