CEYLON CINNAMON VS CASSIA CINNAMON

 

Banyak orang mengatakan bahwa kayumanis adalah rempah yang baik untuk kesehatan khususnya untuk mencegah diabetes. Apakah benar demikian? Sebenarnya kayumanis yang beredar di pasaran itu kayumanis jenis apa dan manfaatnya apa saja untuk kesehatan? Banyak orang tidak menyadari atau tahu bahwa kayumanis ada beberapa jenis dan kita harus pintar-pintar memilihnya untuk menjaga kesehatan kita.

Ada 2 jenis kayumanis yang beredar di pasaran saat ini. Keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan tapi salah satunya justru kalau dikonsumsi terlalu banyak, malah bisa membahayakan kesehatan.

ceylon cinnamon vs cassia cinnamon pilih yang mana

Di Indonesia kayumanis yang sering dipakai untuk masakan ataupun di kue-kue adalah kayumanis Cassia (Cassia Cinnamon). Ini juga banyak terdapat di Amerika dan negara-negara Asia.

Ada kayumanis jenis lainnya yaitu Ceylon Cinnamon yang seperti namanya, berasal dari Ceylon, Sri Lanka. Kayumanis jenis ini agak sulit dicari di Indonesia.

Baik Ceylon Cinnamon maupun Cassia Cinnamon sama-sama dapat membantu mengurangi kadar gula darah jika dikonsumsi secara rutin, tapi mana yang lebih menyehatkan untuk tubuh, mari kita pelajari.

Keduanya Mengandung Coumarin.

Coumarin adalah sejenis bahan yang ditemukan secara alami dalam beberapa tumbuhan, yang jika dalam dosis besar malah membahayakan kesehatan.

Coumarin ini yang sudah pernah dites pada tikus, menyebabkan kerusakan ginjal, liver dan paru-paru dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Tentunya ini bisa terjadi pada manusia juga.

Dari riset yang ada, Coumarin yang diperbolehkan dikonsumsi oleh manusia per hari adalah sebesar 0.1 mg/kg berat tubuh manusia. Jadi jika seseorang berat tubuhnya 55 kg, courmarin yang boleh dikonsumsi per hari sebesar 5.5 mg.

Cassia Cinnamon mengandung banyak bahan Coumarin ini, sekitar 1% dari beratnya. Sedangkan Ceylon Cinnamon mengandung sekitar 0.004% saja.

Jadi jika seseorang mengkonsumsi kayumanis sebanyak 1-2 sendok teh saja per hari, itu sudah mendekati batas konsumsi coumarin per hari.

Kalau ingin membantu mencegah atau mengurangi kadar gula darah dengan mengkonsumsi kayumanis, pastikan untuk memilih Ceylon Cinnamon jenis kayumanis dari Sri Lanka ini.

 

Bagaimana Cara Membedakan Ceylon Cinnamon dengan Cassia Cinnamon?

Dari bentuknya, kalau yang masih berupa gulungan sekilas terlihat mirip sekali. Jika diamati lebih jeli, Cassia Cinnamon berwarna lebih gelap daripada Ceylon Cinnamon. Cassia Cinnamon berwarna coklat tua ke arah merah, sedangkan Ceylon Cinnamon berwarna coklat muda, lebih terang.

Lalu, jika disentuh, Cassia Cinnamon ini lebih keras dan susah dipatahkan. Ceylon Cinnamon lebih rapuh, dan mudah sekali dipatahkan atau hancur.

Cassia Cinnamon

Jadi sebenarnya, kedua jenis kayumanis ini mudah dibedakan.

Ceylon Cinnamon

 

Penggunaan Cassia Cinnamon dan Ceylon Cinnamon

 

Keduanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan terutama mengendalikan gula darah pada pasien diabetes atau untuk yang sehat, jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengatasi tingginya insulin.

Kayumanis bisa digunakan untuk memasak, aromanya menambah wangi rempah. Untuk sehari-hari, bisa gunakan untuk menambah aroma pada minuman seperti teh, kopi, atau minuman lainnya.

Di bawah ini saya tuliskan resep yang suka saya pakai ya.. untuk minum kopi sehari-hari.

COLD BREW COFFEE LATTE WITH CINNAMON AND MOLASSES

  • 1 gelas cold brew coffee (250 ml) – resep di post yang lain.
  • 50-75 cc susu segar
  • 25 gr whipping cream
  • 1-2 sdt blackstrap molasses
  • 1/2 sdt ceylon cinnamon powder

cold brew coffee

Kopi ini karena cold brew jadi aman untuk penderita sakit lambung, tidak bersifat asam tinggi. Lalu ada sedikit aroma wangi kayumanis ceylon dan sedikit rasa manis dari blackstrap molasses yang mengandung mineral yang banyak. Enak loh dan sehat!

MANFAAT CASSIA CINNAMON DAN CEYLON CINNAMON

Kedua jenis kayumanis ini sama-sama baik untuk kesehatan, jadi memang baik untuk dikonsumsi, hanya saja pilih yang terbaik, yang kandungan coumarinnya rendah.

Berikut ini adalah manfaat kayumanis:

  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Membasmi infeksi bakteri dan jamur.
  • Bagus untuk kesehatan otak dan daya ingatan, mencegah penyakit Alzheimer.
  • Membantu pencernaan.

Di negara yang sangat memperhatikan kesehatan seperti Australia, Cassia Cinnamon tidak boleh dilabel Cinnamon, tapi hanya boleh ditulis Cassia, supaya tidak rancu.

Buat kalian yang memperhatikan kesehatan, mulai sekarang sudah bisa membedakan antara kayumanis Cassia dan kayumanis Ceylon ya.

Have a healthy life!