Bagaimana memilih wajan yang tepat dan sehat untuk memasak? Untuk ibu-ibu yang suka memasak, tentunya mau memberikan yang terbaik untuk keluarga tersayang. Masakan yang dipilih selalu disajikan yang terbaik, mulai dari bahannya, bumbunya, penyajiannya harus yang the best ya. Tapi, jangan lupakan alat untuk memasaknya! Ini juga penting, karena saat masakan dipanaskan, jangan sampai ada unsur kimia dari alat memasak yang tidak baik masuk ke dalam masakan dan otomatis masuk ke dalam tubuh dan menjadi cikal bakal penyakit di kemudian hari. Gejalanya tidak akan langsung terlihat, tapi jika digunakan setiap hari tentu akan sedikit demi sedikit menumpuk dalam tubuh kita.

memilih panci yang tepat

JENIS-JENIS WAJAN UNTUK MEMASAK. MANA YANG SEHAT?

1. Panci Teflon

Panci teflon ini adalah panci terpopuler dan paling sering digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Satu, karena murah dan juga kelihatan bagus. Dua, karena tidak lengket dan mudah dibersihkan.

Panci teflon

Tapi justru teflon ini adalah panci yang paling berbahaya digunakan. Panci teflon mengandung PTFE (Polytetrafluoroethylene) di lapisannya dan jika dipanaskan sampai suhu tertentu akan melepas partikel racun dari lapisannya dan masuk ke dalam masakan yang kita masak.

PTFE (Polytetrafluoroethylene) ini akan menguap bersama udara dan dihirup oleh kita di sekitarnya. Polymer fume fever atau disebut juga dengan Teflon Flu yang biasanya baru dirasakan beberapa jam setelah kita menghirup udara yang mengandung PTFE ini. Gejalanya seperti flu misalnya batuk, sakit kepala, dingin, demam. Udara teflon ini  juga berbahaya untuk binatang peliharaan.

Selain itu, ada juga satu unsur yang terdapat pada teflon yaitu PFOA ( Perfluorooctanoic Acid) atau C8. PFOA ini dapat mengendap dalam tubuh kita untuk jangka waktu yang lama. PFOA ini hanya terdapat sedikit sekali pada lapisan teflon, jadi tidak terlalu mengkhawatirkan seperti PTFE.

Carilah alat memasak yang bebas dari PTFE dan PFOA tapi, biasanya panci seperti ini dilapis oleh lapisan granit yang tipis dan mudah sekali rontok. Kalau sudah rontok, tentunya kamu harus segera mengganti alat memasaknya.

2. Panci Aluminium dan Aluminium Foil

Panci aluminium juga banyak sekali digunakan karena murah dan ringan. Tapi, panci aluminium ini mengeluarkan zat toxic yang berpengaruh terhadap sistim saraf saat digunakan atau dipanaskan. Biasanya panci aluminium ini dilapisi dengan satu lapisan yang tipis dan mudah rontok setelah digunakan beberapa kali, dan zat toxic tersebut bisa masuk ke dalam makanan yang dimasak. Tingginya kadar aluminium dalam tubuh yang berlebihan dapat mengganggu sistim saraf dan menyebabkan berbagai penyakit seperti Alzheimer.

Panci Aluminium

Aluminium foil sering digunakaan saat memasak dan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kalau kita melapis makanan dengan bahan aluminium foil ini dan dipanaskan, ada zat toxic dari kertas aluminium foil yang dengan mudah akan masuk ke dalam masakan yang kita masak, apalagi jika ditambah dengan lemon yang bersifat asam.

3. Panci Tembaga

Bahan tembaga ini memang terlihat cantik kalau dikoleksi menjadi alat memasak dan dipajang di dapur cantik kita. Tapi sama seperti aluminium, bahan tembaga ini juga mengeluarkan zat toxic yang berbahaya bagi tubuh. Tubuh kita mempunyai toleransi terhadap unsur tembaga ini dan jika berlebihan akan mengakibatkan keracunan. Gejala yang muncul bisa berupa muntah darah, pusing, kulit kuning, sakit perut.

Panci Tembaga

Kalaupun panci tembaga dilapisi dengan lapisan lain, perhatikan apakah lapisan ini terbuat dari Nikel atau tidak karena unsur kimia dari Nickel juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

4. Panci Berlapis Keramik

Sekarang juga banyak dijual panci berlapis keramik yang cantik-cantik ya. Memang banyak yang mengklaim bahwa panci berlapis keramik ini aman digunakan dan baik untuk kesehatan. Tapi setelah beberapa waktu digunakan, apalagi kalau setiap hari, lapisan keramik akan retak dan mulai rontok. Pada bagian yang retak akan ditemukan unsur lead dan cadmium yang akan masuk ke dalam tubuh kita lewat masakan yang dimasak.

panci lapis keramik

Lalu, panci dengan bahan apa yang sebaiknya digunakan? Di bawah ini ada beberapa jenis bahan yang baik untuk dipakai memasak.

5. Panci Besi

Masih ingat di jaman dulu, orang tua kita menggunakan kuali besi yang berat sekali dan tebal besinya? Ini adalah wadah memasak yang paling bagus. Jaman dulu, anak-anak selalu cukup zat besinya, karena orang tua kebanyakan memasak dengan panci besi seperti ini. Panci jenis ini tahan lama, anti gores, tebal bahannya dan sangat kuat. Berbagai macam dan ukuran panci besi bisa ditemukan sekarang ini di toko-toko online ternama.

wajan yang sehat untuk memasak

6. Panci Dari Bahan Kaca / Pyrex

Cobalah alat masak dari kaca/gelas tebal atau biasa disebut pyrex. Saat memanaskan dengan bahan kaca, tidak ada zat toxic yang keluar dari bahan ini. Selain itu bahan dengan kaca tebal ini tidak lengket, dan mudah dibersihkan.

wajan yang sehat untuk memasak

7. Panci Stainless Steel

Panci dari bahan stainless steel yang aman untuk dipakai memasak juga digemari. Memang harganya lebih mahal dan banyak orang takut pancinya lengket saat digunakan.

Sebenarnya ada trik supaya panci stainless steel ini tetap cantik dilihat dan anti lengket saat digunakan.

Pada saat pemakaian pertama kali:

  1. Oleskan minyak tipis-tipis di bagian bawah panci yang bersentuhan dengan api. Ini supaya bagian bawah panci tidak mudah hitam dan mudah dibersihkan setelah pemakaian.
  2. Pemakaian pertama digunakan untuk menggoreng dengan minyak banyak. Berikutnya tidak akan lengket, apalagi kalau bahannya tebal.

Panci Stainless Steel ini sekarang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan jenis masakan kita. Pastikan panci stainless steel yang Anda beli tidak mengandung  nikel ataupun bahan chrome.

wajan yang sehat untuk memasak

8. Panci Keramik 100%

Panci yang terbuat dari keramik 100% termasuk panci yang aman digunakan karena tidak ada zat kimia yang keluar dari lapisannya saat panci dipakai untuk memanaskan makanan. Panci jenis ini biasanya berat dan tebal dan harganya mahal. Tentu, seperti kata pepatah, ada harga, ada barang! Panci keramik ini tersedia dalam berbagai jenis, warna, dan merk tersebar di banyak toko online. Pastikan membeli yang benar-benar terbuat dari bahan keramik semua, bukan hanya lapisan saja.

Wajan yang sehat untuk memasak

Dari berbagai jenis panci di atas, kembali lagi ke budget yang akan dikeluarkan saat membeli panci. Ibu-ibu yang suka memasak biasanya tertarik dengan bentuk, warna, dan merk panci. Cek dulu review para pembeli yang sudah mencoba panci yang akan dibeli tersebut.

KESIMPULAN WAJAN YANG SEHAT UNTUK MEMASAK BERDASARKAN URUTAN:

  1. Panci/wajan keramik
  2. Panci stainless steel
  3. Panci pyrex
  4. Panci besi

Dari semua jenis panci/wajan untuk memasak, kamu sendiri pakai yang mana?

Kalau kamu merasa tulisan ini berguna untuk teman-teman yang suka memasak, silahkan bagikan ya. Terima kasih.

shares