Semua orang pasti ingin tahu cara mengecilkan perut buncit dengan cepat dan efektif. Dengan perut rata tentunya mudah untuk memilih baju dan kalau difoto tentunya selalu keren kelihatannya.

Banyak orang sudah mencoba berbagai cara untuk mengecilkan perut buncit, tapi sepertinya banyak juga yang merasa efeknya kurang terasa, mulai dari olahraga, mengurangi porsi makan, bahkan sampai ada yang rela disedot lemak demi perut rata.

Perut buncit merupakan tanda insulin resistance/resistensi insulin dan juga gejala awal prediabetes. Jadi, sesungguhnya, kita sudah harus hati-hati kalau perut sudah mulai buncit. Ini bukan pertanda makmur atau ciri-ciri boss seperti yang sering dikatakan orang-orang.

Mari kita bahas beberapa cara efektif dan cepat untuk mengecilkan perut buncit. Ingat, harus konsisten dan diniatkan supaya tercapai tujuannya. Semuanya butuh proses jadi tidak mungkin bisa terjadi dalam semalam saja, atau hanya melakukan satu cara saja besoknya perut sudah kempes.

Pertama saya akan bahas prinsip dasar untuk mengecilkan perut buncit. Dibaca baik-baik beserta penjelasannya ya.

PRINSIP DASAR MENGECILKAN PERUT BUNCIT

#1. MAKAN 3 KALI SEHARI ATAU 2 KALI SEHARI

Usahakan untuk makan maksimal 3x sehari atau kalau bisa dikurangi sampai 2x sehari saja. Tentu kalian akan berkata ya sehari memang makan 3x: sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Apa spesialnya?

Eits…jangan salah! Coba hitung sungguh-sungguh berapa kali kalian bisa makan dalam sehari? Jujur dan jangan ada yang dilupakan ya!

Mulai dari pagi hari jam 7-8, kalian pasti disuguhi sarapan pagi, mungkin sepiring nasi goreng atau sepotong roti panggang. Sampai di kampus atau kantor pada jam 9-10, kalian ditawari makan snack kecil seperti risoles atau pastel, atau sepotong kue. Lalu jam 12 makan siang. Jam 2 siang harus ketemu klien atau teman, ngopi bareng plus satu donat atau muffin atau croissant. Jam 4 sore balik ke kantor ada sepiring gorengan sedap di meja. Jam 6-7 makan malam di rumah. Jam 8-9 ada snack kecil sepotong martabak manis teman nonton drakor. Total sudah 7x makan.

Kesibukan dan aktifitas sosial dapat membuat orang makan lebih dari 3x dalam sehari. Sekecil apapun porsinya, makanan yang masuk akan meningkatkan hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin dalam tubuh ini berfungsi menurunkan gula darah yang naik akibat makanan masuk.

Hormon insulin karena pola makan seperti ini akan menyebabkan insulin resistance/resistensi insulin. Selama ada hormon insulin yang tinggi dalam tubuh, kita akan kesulitan menurunkan berat badan. (1)

#2. NO CEMILAN

Semua jenis cemilan/snack di antara jam makan meskipun kecil terhitung sebagai cemilan karena akan meningkatkan insulin dalam tubuh. Ingat prinsip ini: Selama ada insulin, akan sulit menurunkan berat badan.

Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi energy bar, sepotong risoles, sepotong roti, atau sebatang coklat untuk alasan menahan lapar di sela jam makan ya.

no snacking

#3. KONSUMSI PROTEIN SECUKUPNYA

Konsumsi protein secukupnya, sekitar 85-170 gram per sajian makan. Makan protein berlebihan tidak akan membuat kita menjadi kurus, malah akan meningkatkan hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin yang tinggi akan menghambat penurunan berat badan.

#4. KONSUMSI SAYURAN YANG BANYAK

Makan sayuran dalam jumlah banyak, 1000-1500 gr per hari. Sayuran sejumlah ini bisa dibagi menjadi jus smoothies, lalapan atau salad, dan sayuran masak. Tentu yang praktis tinggal diblender dan diminum beserta ampasnya.

Sayuran segar mengandung banyak potassium yang akan membantu menurunkan hormon insulin. Potassium juga akan membantu menurunkan sodium dalam tubuh. Selain itu konsumsi sayuran yang banyak akan membantu membuang lemak yang selama ini tersimpan dalam organ hati yang menyebab perut membuncit.

cara mengecilkan perut buncit

#5. HINDARI MAKANAN YANG MENGANDUNG GULA DAN KARBOHIDRAT

Cara cepat mengecilkan perut buncit ya salah satunya adalah menjauhi makanan mengandung gula dan karbohidrat. Jadi mulai sekarang jauhi makanan seperti roti manis, martabak, permen, sirup, pancake, croissant, bahkan buah. Buah mengandung banyak fruktosa yang akan langsung menuju ke organ liver. Kelebihan fruktosa terus menerus akan melimpah keluar dan menambah lingkar pinggang.

Untuk lebih jelasnya, cek daftar makanan yang harus dihindari disini.

#6. KONSUMSI LEMAK ALAMI

Satu-satunya cara untuk dapat bertahan pada pola makan 2-3x saja dalam sehari tanpa merasa lapar adalah dengan mengkonsumsi lemak alami. Apakah itu lemak alami? Lemak alami terdapat pada alpukat, virgin coconut oil, bacon berlemak, daging paha ayam.

Ke 6 prinsip di atas harus selalu diingat dan diterapkan pada pola makan sehari-hari sehingga dapat mengecilkan perut buncit.

cara mengecilkan perut buncit

TIPS TAMBAHAN UNTUK MENGECILKAN PERUT BUNCIT

Speed things up with:

  1. KONSUMSI VIRGIN COCONUT OIL

Virgin Coconut Oil (VCO) mudah didapat di Indonesia dan murah juga harganya. Saat jeda antara jam makan, biasanya rasa lapar akan datang, apalagi di saat mulai menjalankan program pengecilan perut buncit. Minumlah 1-2 sendok makan VCO. VCO ini mengandung kalori tinggi dan bersifat mengenyangkan tapi tidak akan membuat gemuk.

cara mengecilkan perut buncit

  1. MAKAN BANYAK SAYURAN HIJAU

Makanlah banyak sayuran hijau setiap hari. Sayuran hijau mengandung potassium yang dapat membantu mengeluarkan toxin dan insulin dari dalam tubuh. Kalau selama ini kamu mengalami kesulitan menurunkan berat badan, ini disebabkan karena hormon insulin yang tinggi.

Potassium bisa didapatkan dari banyak sayuran berwarna hijau gelap atau kalau perlu boleh konsumsi suplemen bernama Potassium Citrate. Suplemen ini sebaiknya diminum setengah jam sebelum tidur.

cara mengecilkan perut buncit

  1. MINUM APPLE CIDER VINEGAR DENGAN RESEP DI BAWAH INI

Setiap pagi setelah bangun tidur, minumlah segelas air dan 1 sdm Apple Cider Vinegar di dalamnya. Aduk jadi satu. Kalau mau tambahkan 1 sdm madu, boleh saja. Atau 1 sdm air lemon.

apple cider vinegar

Kandungan asam acetic di dalam cuka apel akan menurunkan hormon insulin dan memperbaiki kondisi resistensi insulin dalam tubuh. Ini juga baik untuk penderita diabetes. Konsumsi ini di pagi hari, atau setengah jam sebelum makan siang atau makan malam, maksimum 3x sehari.

  1. KONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG CHROMIUM

Konsumsi makanan yang banyak mengandung chromium seperti brokoli, daging sapi, daging ayam, atau suplemen Chromium Picolinate 200 mcg. Chromium adalah salah satu jenis mineral yang membantu menurunkan hormon insulin.

daging sapi
  1. PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN B

Suplemen yang dikonsumsi boleh pilih antara vitamin B1, B Kompleks atau Nutritional Yeast yang merupakan sumber vitamin B alami yang lengkap.

  1. LAKUKAN OLAHRAGA INTENS DENGAN INTERVAL (HIIT)

Video lengkap mengenai HIIT ini saya taruh di bawah ya. Lakukan ini seminggu 2x, sesuaikan dengan diri kamu sendiri.

cara mengecilkan perut buncit
  1. TIDUR YANG CUKUP

Paling baik adalah tidur mulai jam 10 dan bangun jam 5-6 pagi. Kalau tidak bisa, usahakan untuk tidur siang untuk mendapatkan jam tidur yang cukup.

  1. JEDA/ISTIRAHAT SETELAH OLAHRAGA

Jeda/istirahat setelah olahraga intens sangat diperlukan untuk memberi kesempatan otot-otot regenerasi kembali. Jadi, kalau kamu melakukan olahraga intens, usahakan untuk beristirahat keesokan harinya, jangan lakukan olahraga yang sama.

HAL YANG HARUS DIHINDARI DAN DIPERHATIKAN

Untuk segera mendapatkan perut yang rata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari. Segera lakukan hal yang dapat mengurangi beberapa hal di bawah ini, jangan dibiarkan berlarut-larut.

  1. KEKURANGAN TIDUR

Ini penting sekali! Kekurangan tidur akan menyebabkan hormon adrenal meningkat dan akan semakin sulit untuk menurunkan berat badan kalau kita berada dalam kondisi kurang tidur. Jadi, usahakan sudah berada di kamar tidur pada jam 9 atau 10 malam. Biarkan tubuh rileks dan jangan menonton berita di TV yang seringkali membuat pikiran menjadi stress dan akhirnya sulit tidur.

  1. PERUT KEMBUNG

Perhatikan kalau perut kembug. Bisa jadi ini karena sistim pencernaan tidak biasa dengan serat sayuran yang dikonsumsi. Kamu bisa merebus sebentar sayurannya supaya lebih mudah dicerna. Atau segera minum segelas air dan cuka apel untuk mengurangi efek kembung.

perut kembung
  1. JADWAL MENS YANG TIDAK TERATUR

Hormon estrogen yang berlebihan akan menghambat kerja kelenjar thyroid dan menyebabkan penumpukan lemak di paha dan pinggul. Hindari makanan yang mengandung estrogen tinggi seperti tahu, tempe, susu kacang kedelai.

  1. STRESS BERLEBIHAN

Hindari menonton berita di TV atau membaca hal yang membuat stress di media apapun. Jaman sekarang ini kita terhubung dengan dunia luar hanya lewat handphone dan dengan mudah dan cepat sekali kabar buruk bisa membuat mood jadi down. Selain berita, juga hindari teman atau anggota keluarga yang membawa pengaruh negatif.

menjauhi stress cara cepat menghilangkan perut buncit

Stress berlebihan akan meningkatkan hormon cortisol, dan celakanya hormon cortisol ini menghambat penurunan berat badan.

Belajar meditasi untuk meningkatkan kesadaran. Kesadaran yang tinggi akan membantu kita untuk selalu bersyukur dan dengan demikian meningkatkan hormon bahagia.

  1. KONSUMSI MSG

MSG banyak dijumpai pada makanan jajanan di luar. Sebisa mungkin, hindari jajanan/makanan yang mengandung MSG. Perhatikan label bahan makanan pada saat membeli di supermarket. MSG atau Monosodium Glutamate yang juga memiliki nama lain yaitu Modified Food Starch.

Sekarang ini banyak dijumpai kaldu jamur Totole pengganti MSG yang katanya lebih aman dari MSG micin yang sebelumnya sering dipakai. Jangan gunakan berlebihan ya.

  1. HINDARI MAKANAN RESTORAN SEBISANYA

Makanan di restoran pasti banyak memakai bahan kecap atau saos yang mengandung MSG atau bahan pengawet lainnya. Kalau ingin segera memiliki perut rata tanpa buncit, sebaiknya hindari makanan restoran dan usahakan masak sendiri.

hindari restoran
  1. TERLALU SERING BEROLAHRAGA

Olahraga yang terlalu sering tanpa jeda istirahat juga akan meningkatkan hormon Cortisol. Sebaiknya berikan waktu jeda, misalnya olahraga seminggu 1x, atau 2x. Sisanya berikan waktu untuk pemulihan otot tubuh dan regenerasi sel tubuh.

  1. SEMBELIT

Sulit buang air besar adalah salah satu hambatan mengecilkan perut buncit. Jadi tolong diperhatikan, kalau terjadi sembelit, cek apakah makanan kamu sudah banyak mengandung fiber dari sayuran atau belum. Kalau sudah, mungkin perut atau sistim pencernaan tidak tahan terhadap serat dari sayuran tertentu seperti Kale. Coba rebus dulu sayurannya sebentar supaya seratnya tidak terlalu berat untuk sistim pencernaan kamu. Atau minum Virgin Coconut Oil untuk membantu sistim pencernaan.

KESIMPULAN CARA CEPAT MENGECILKAN PERUT BUNCIT

Usahakan untuk mentaati prinsip dasar dari cara mengecilkan perut buncit ini. Hanya dengan prinsip dasar saja kamu sudah bisa melihat hasilnya dalam 10 hari sampai 2 minggu. Jangan lupa beberapa tips tambahan dan hal yang harus dihindari dalam proses ini.

Cobalah prinsip dasar ini selama 1-2 minggu, ukur lingkar pinggang sebelum dan sesudah menerapkan prinsip dasar ini. Kalau kamu suka dengan hasilnya, bagian artikel ini ke teman lainnya. Dengan begitu, kamu menyelamatkan teman lain dari penyakit-penyakit di masa yang akan datang. Ajak dia mengecilkan perut buncitnya!

shares