Apakah sebenarnya ada cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat,

  • yang tidak merusak pencernaan, yang tidak bikin sengsara,
  • yang tidak balik lagi setelah turun beratnya atau stop diet,
  • yang tidak membuat muka menjadi tua?

Tentu saja ada! Tapi banyak orang yang salah melakukan diet sehingga berat badan balik kembali setelah lepas dari diet, atau kekurangan nutrisi penting sehingga muka menjadi kelihatan lebih tua. Ada yang metabolisme nya menjadi sangat lamban. Ada yang mengalami kerontokan rambut. Ada yang menderita sekali sampai mau pingsan menahan lapar.

Obesitas telah menjadi pandemi di dunia. Saya tidak berlebihan loh. Coba perhatikan sekeliling kalian. Kegemukan bukan hanya terjadi pada usia lanjut seperti di tahun 70 an. Banyak anak kecil yang sudah mengalami kegemukan sejak usia dini. Gemuk sama dengan lucu menjadi seperti trend. Kalau anak kecil kurus, dibilang kurang gizi atau kurang makmur. Jadilah anak sekarang gemuk-gemuk. 😀

Yang lebih parah lagi, saya baca di Quora, ada seorang anak di China karena doyan makan, dijadikan konten youtube oleh orang tuanya dari kecil sampai berat badannya mencapai 45 kg di usia 3 tahun.

cara menurunkan berat badan secara alami

Hal ini dilakukan orang tuanya demi content. Penontonnya juga banyak sekali. Ini membuktikan bahwa kegemukan pada anak-anak dianggap lucu dan menggemaskan. Semoga orang tuanya cepat sadar ya!

PENYEBAB KELEBIHAN BERAT BADAN – OBESITAS

Sebenarnya apa penyebab kelebihan berat badan sampai menjurus ke obesitas? Apakah keturunan? Atau faktor lingkungan? Atau karena malas olahraga? Terlalu banyak makan atau kalori yang masuk?

Memang ada beberapa orang yang memiliki gen obesitas, dan itu berlanjut dari orang tua ke anak ke cucu. Tapi kemudian sejak tahun 1970 makanan dan gaya hidup telah berubah sehingga ikut menjadi penyebab kegemukan yang terjadi di dunia.

  • Makanan low-fat, high-carbo
  • Kebiasaan makan berkali-kali dalam sehari
  • Kebiasaan makan di luar
  • Semakin banyaknya restoran fast-food
restoran fast food
  • Mobilitas tinggi mengakibatkan semakin banyak waktu yang dihabiskan di mobil dan kendaraan umum
  • Semakin populernya video games, tentunya ada cemilan sambil main video games kan?
cara menurunkan berat badan secara alami
  • Semakin banyak penggunaan gula pada makanan
  • Semakin banyak pilihan makanan
  • Semakin banyak penggunaan high-fructose corn syrup
  • Semakin besarnya porsi makanan
  • Semakin seringnya orang berkumpul untuk bertemu yang berujung makan-makan
cara menurunkan berat badan

KEMISKINAN – KEMAKMURAN – OBESITAS

Apakah level ekonomi seseorang berpengaruh terhadap kenaikan berat badan sampai menjadi obesitas?

Coba perhatikan sekeliling kita… Ada teman yang dulunya kurus, seiring waktu berjalan, bertambah gemuk. Dan saat reuni sekolah, banyak teman berkata “Wah, dia sudah makmur sih sekarang! Sudah jadi boss! Pantas gemukan!”

Pernah kan dengar kalimat di atas. Kegemukan identik dengan kemakmuran hidup seseorang. Gambaran boss yang pas adalah orang dengan perut buncit, badan tebal. 😀

perut buncit

Kalau begitu teorinya, tidak ada dong orang dengan level ekonomi menengah ke bawah yang gemuk? Apa betul?

Kalau iya demikian, mudah dong untuk orang kantor pajak mencari orang yang diharuskan bayar pajak lebih banyak. Tinggal lihat siapa yang perutnya lebih buncit. 😀

Ada lagi yang berteori bahwa orang yang level ekonominya lebih baik punya akses ke segala macam fasilitas kesehatan kelas atas seperti gym, kelas yoga, pilates dan lainnya yang tidak bisa digapai orang dengan ekonomi level bawah. Kalau begitu, bertentangan dengan teori di atas ya. Orang yang level ekonominya bagus harusnya tidak ada yang buncit perutnya. Tapi?

cara menurunkan berat badan secara alami

Kenyataannya banyak juga orang yang level ekonomi menengah ke atas yang kelebihan berat badan dan sudah ikut member gym bertahun-tahun tapi tidak kurus-kurus.

Sedangkan olahraga bisa dilakukan dimana saja bahkan hampir gratis, seperti jalan kaki, lari pagi, push-up, sit-up, basket, sepak bola, dan masih banyak lagi.

Jadi sebenarnya apakah kegemukan tergantung dari level ekonomi seseorang? Tidak juga kan?

Pernah perhatikan di jalanan ada kuli bangunan yang punya badan keren, perut six-pack seperti atlit gym? Apakah dia pergi ke gym setiap hari?

Pernah lihat pak polisi lalu lintas yang perutnya buncit? Ada juga kan?

Jadi saya rasa itu bukan tergantung dari level ekonomi ataupun pekerjaan, melainkan gaya hidup, pola makan, dan makanan yang dikonsumsi orang-orang.

Penyebabnya adalah karbohidrat sederhana. Makanan karbohidrat sederhana adalah makanan paling murah dibandingkan dengan makanan lainnya. Coba lihat roti di gerai supermarket seperti Carrefour, murah sekali kan? Bandingkan dengan sepiring steak atau semangkok besar salad segar.

Penting untuk mulai mengatur pola makan dengan benar dan makan makanan yang tepat supaya secara keseluruhan tubuh kita sehat, tidak kelebihan berat badan dan tercukupi nutrisinya.

OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Sekarang ini banyak anak-anak usia dini yang sudah menjadi gemuk sebelum mencapai usia dewasa. Obesitas pada anak-anak ini kadang sering diabaikan karena menganggap usia mereka masih dini dan masih butuh gizi untuk perkembangan tubuhnya.

Tapi dengan kebiasaan makan yang terus sama tahun demi tahun, kegemukan di masa kecil terus berkembang sampai dewasa dan mendatangkan banyak masalah kesehatan.

Banyak anak muda di usia 20 an sudah menderita diabetes tipe 2 atau asam urat, kolesterol tinggi dan berbagai penyakit lainnya, bahkan berhubungan dengan jantung.

cara menurunkan berat badan secara alami

Jangan meremehkan kegemukan pada usia dini anak-anak. Harap tetap memperhatikan gizi yang seimbang, jenis makanan dan pola makannya.

Banyak orang menganggap anak kecil yang gemuk itu lucu. Anak yang gemuk adalah anak dari keluarga makmur. Ini adalah anggapan-anggapan yang beredar di masyarakat. Sedangkan anak yang kurus dianggap seperti anak orang misqueen. Duh, kasihan!

Berangkat dari anggapan-anggapan ini lah yang mendorong pola makan yang tidak beraturan, konsumsi makanan berlebihan tanpa memperhatikan makanannya dan banyak faktor lainnya.

Sekarang ini begitu banyak pilihan makanan, snack, minuman trendy yang tentunya menggoda anak-anak untuk mencobanya. Sasaran marketing makanan-makanan tersebut memang anak-anak dengan masa pertumbuhan.

KESALAHAN UMUM PADA DIET YANG SELALU GAGAL

Kenapa banyak orang sudah mencoba berbagai macam diet dan selalu gagal? Mungkin berhasil pada tahap awal saja. Begitu lepas dari program dietnya, tubuh kembali melebar dan bahkan lebih lebar dari sebelumnya.

Kenapa begitu banyak gym sudah bertebaran dimana-mana tapi orang gemuk tetap banyak dimana-mana? Untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga di gym tentunya berat sekali, karena patokannya kalori yang harus dikeluarkan. Kadang badan kita sudah kecapekan bekerja di kantor tapi masih harus lari 2 jam lagi.

Mari bahas sedikit beberapa kesalahan yang beredar.

PENGURANGAN KALORI

Pengurangan kalori makanan sudah sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Orang menganggap kegemukan disebabkan terlalu banyak kalori makanan yang masuk.

cara menurunkan berat badan secara alami

Apakah benar demikian?

Mari kita pikirkan ulang.

Kalori yang masuk dikurangi kalori yang keluar akan sama dengan lemak tubuh. Betulkah demikian? Kalau iya, berarti selama kita makan dalam jumlah kalori yang dibutuhkan, kita tidak akan menjadi gemuk. Tapi banyak orang yang sudah membatasi makannya, tetap menjadi gemuk. Jadi salahnya dimana?

Sebuah studi dilakukan pada tahun 1944-1945 oleh Dr. Ancel Keys pada 36 orang laki-laki sehat dengan mengurangi kalori yang masuk untuk ke 30 orang ini. Studi ini dilakukan untuk melihat apakah pengurangan kalori dapat menurunkan berat badan. Ditambah lagi, mereka harus berjalan kaki sebagai olahraga mereka sebanyak 22 mil per minggu. (1)

Dengan berkurangnya kalori masuk, tubuh mereka dengan sendirinya mengatur energi/kalori yang dikeluarkan. Metabolisme menurun. Mereka tidak tahan terhadap dingin. Detak jantung melambat dari 65 menjadi hanya 35 detak per menit. Suhu tubuh juga menurun. Kekuatan fisik mereka menurun 50%. Tekanan darah menurun. Mereka menjadi cepat lelah dan pusing. Rambut rontok dan kuku menjadi rapuh.

Ternyata efeknya tidak hanya terlihat di fisik mereka, tapi juga secara psikologi. Yang mereka pikirkan hanyalah makanan dan makanan saja. Rasa kelaparan terus dirasakan. Mereka tidak bisa konsentrasi dan bahkan ada yang sampai seperti orang gila.

Sebelum riset dilakukan, mereka makan 3000 kalori per hari. Masuk ke dalam riset ini, mereka hanya makan 1500 kalori per hari. Tubuh mereka dengan cepat beradaptasi.

Ini karena tubuh kita sangatlah pintar dan tentunya tidak ingin kita meninggal segera. Tubuh akan segera beradaptasi untuk hanya mengeluarkan sekitar 1400 – 1500 kalori per hari untuk menjaga keseimbangan. Dan metabolisme tubuh akan menurun seiring dengan turunnya jumlah kalori yang masuk.

Sekarang ini banyak orang mengira dengan mengurangi jatah makan mereka, diet mereka akan berhasil.

Diet dengan mengurangi kalori ini di awalnya memang akan terlihat pengurangan berat badan, tapi kebanyakan orang akan merasa lelah, kedinginan, cepat merasa kesal, depresi, tapi demi berat badan turun tentu akan menjalani diet penuh sengsara ini.

Contoh….kamu adalah seorang wanita muda dengan kebutuhan 2000 kalori per hari. Karena ingin berat badan berkurang, ikut program diet, kamu kurangi makan menjadi 1500 kalori per hari.

Tubuh akan melakukan penyesuaian. Kalori yang masuk hanya 1500 kalori jadi kalori yang dikeluarkan akan disesuaikan sekitar 1400-1500 kalori. Berat badan mungkin akan berkurang sedikit.

Sampai tubuh sudah menyesuaikan kalori yang dikeluarkan sesuai dengan kalori yang masuk, berat badan akan mencapai plateau, tidak turun sama sekali.

Biasanya orang masih terus menjaga kalori yang masuk sampai lelah karena tidak ada perkembangan sama sekali, berat badan tidak kunjung turun. Sementara metabolisme tubuh akan mengikuti penurunan kalori yang masuk. Metabolisme tubuh pun melambat.

Kemudian, berat badan akan kembali naik secara perlahan, meskipun kalori sudah dijaga sedemikian rupa di angka 1500 per hari.

Kalau sudah demikian, tentu rasanya serba salah, dan sesekali rasanya kepingin nyerah deh. Saat kamu kembali makan dengan 2000 kalori per hari karena tidak melihat perkembangan apapun, metabolisme tubuh sudah melambat di 1500 per hari. Berat badan yang kembali malah bertambah dengan cepat dan kadang lebih banyak dari sebelum diet.

Dan orang di sekitar menyalahkan diet yang tidak diteruskan atau kamu kurang niat atau kebanyakan makan dan berbagai kritik tidak berguna lainnya.

Apakah ini salah kamu? Bukan! Tapi ini akan secara normal terjadi karena mekanisme tubuh sudah sedemikian pintarnya.

Pengurangan kalori dan menjaga porsi makanan hanya membuat tubuh menjadi lelah dan terus kelaparan.

Dan parahnya…berat badan yang hilang akan kembali lagi dan bahkan lebih banyak.

Pengurangan kalori atau porsi makanan bukan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

OLAHRAGA INTENS

Sudah pernahkah kamu olahraga intens dan berat badan hanya turun sedikit saja? Atau turun banyak tapi kemudian naik lebih banyak lagi, karena sudah stop olahraga intens nya.

Olahraga tentunya banyak manfaatnya untuk kesehatan tapi tidak untuk menurunkan berat badan. Makanan memegang peranan penting untuk penurunan berat badan sebanyak 95%, sedangkan olahraga hanyalah 5%.

cara menurunkan berat badan secara alami

Banyak orang yang sudah olahraga mati-matian, pagi hari bersepeda, siang ikut member gym, sore masih harus main badminton, tapi beratnya tidak juga turun. Salahnya dimana?

Pernah perhatikan kalau selesai olahraga intens biasanya orang melakukan ‘kompensasi’ dengan makan banyak atau makan karbohidrat tinggi supaya tidak lemas karena kekurangan tenaga?

Ini yang biasanya terjadi. Dan inilah penyebab berat badannya sulit turun.

Jadi olahraga bukan satu-satunya cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

HORMON YANG MEMPENGARUHI PENAMBAHAN BERAT BADAN

Pernah mendengar penyebab kegemukan yang datang dari hormon di dalam tubuh kita? Mari kita pelajari.

INSULIN

Insulin adalah hormon penyebab kegemukan baik pada bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Kadang kita bertanya-tanya, kok ada anak kecil sejak lahir sudah mengalami obesitas? Kalau memang hormon insulin penyebab kegemukan, pertanyaannya…darimana anak-anak dan bayi bisa mendapatkan hormone insulin yang tinggi? Dari ibunya.

Ibu dan janin mendapatkan pasokan darah dari sumber yang sama. Tingginya hormone insulin pada ibu akan diteruskan kepada janin melalui plasenta.

bayi gemuk
Gambar diambil dari Google

Bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita diabetes selama mengandung akan memiliki resiko obesitas dan diabetes 3x lebih tinggi dari ibu yang tidak menderita diabetes.

Anak kecil yang mengalami obesitas pada masa kecilnya akan mengalami peningkatan resiko kegemukan lebih tinggi saat dewasa nanti.

Inilah sebabnya orang sering menganggap obesitas juga dapat menurun. Sebenarnya hormon insulinnya yang diteruskan oleh ibu ke anak, sehingga anak cepat gemuk atau dari lahir sudah gemuk.

KORTISOL

Hormon penyebab kegemukan yang satunya adalah Kortisol atau hormon stress. Stress secara alami akan menyebabkan respon flight or fight (lari atau melawan).

Pada jaman dahulu kala, saat manusia masih hidup di alam bersama binatang liar, kalau bertemu binatang liar, akan muncul hormon kortisol yang membuatnya mencari glukosa dari dalam darah untuk memberikan tenaga pada otot yang digunakan untuk lari dari penyebab stress tersebut.

Di jaman modern ini, penyebab stress bisa datang dari berbagai arah misalnya masalah perkawinan, masalah pekerjaan, pertengkaran dengan anak-anak, kurang tidur, kemacetan sehari-hari.

hormon kortisol cara menurunkan berat badan secara alami

Stress seperti ini tidak membuat kita bergerak lari sehingga membakar gula darah dalam tubuh, dengan stress seperti ini, gula darah akan tetap menjadi tinggi dan apalagi tidak adanya penyelesaian pada penyebab stress tersebut. Ini menyebabkan gula darah tetap tinggi selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, dan menyebabkan keluarnya hormon insulin.

Tingginya hormon kortisol yang disebabkan stress akan menimbulkan naiknya insulin dan kadar gula darah. Dan insulin adalah penyebab utama kegemukan, hormon yang menyimpan lemak. Jadi tidaklah heran kalau BMI tubuh, berat tubuh naik, dan lingkar perut bertambah ukurannya.

HGH (Human Growth Hormone)

Kalau keadaan ini berlanjut terus, yang terjadi kemudian adalah RESISTANSI INSULIN pada tubuh atau kemampuan tubuh untuk mengolah insulin akan menurun.

RESISTANSI INSULIN

Saat orang mengkonsumsi antibiotik untuk membunuh bakteri yang ada dalam tubuh, seluruh bakteri dalam tubuh akan ikut mati. Dengan berjalannya waktu, beberapa jenis bakteri akan semakin kebal dan akan dibutuhkan dosis lebih tinggi untuk membunuh bakteri tersebut.

Hal ini juga terjadi pada orang yang kecanduan narkoba ataupun alkohol. Semakin sering digunakan, akan semakin tinggi dosis yang dipakai untuk mencapai hasil yang sama karena terjadi resistansi secara alami dalam tubuh.

Resistansi insulin dalam tubuh terjadi karena tingginya level insulin secara terus menerus.

Hormon insulin akan menurunkan gula darah. Kebanyakan orang tidak akan mengecek hormone insulin saat tes lab, melainkan yang diukur adalah gula darah.

Yang terjadi akan seperti lingkaran setan, tingginya insulin menyebabkan resistansi insulin. Tapi resistansi insulin juga menyebabkan naiknya hormon insulin. Semakin tinggi level insulin, akan semakin hebat resistansi insulin yang terjadi. Ini akan terus terjadi.

Yang terlihat dari luar adalah penderita akan semakin gemuk meskipun makanan yang dikonsumsi sudah dikurangi, meskipun makanan sudah dihitung berdasarkan kalori yang ketat.

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN SECARA ALAMI DAN CEPAT

Sekarang setelah kita tahu penyebab utama kegemukan yang membandel, apa saja yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami, cepat dan tahan lama?

Cara-cara di bawah ini semua adalah gratis, tidak berbayar, tidak menggunakan obat-obatan kimia, dan tidak perlu diet super ketat sampai kelaparan. Sudah banyak orang mencobanya dan selalu berhasil.

  1. KURANGI PEMAKAIAN GULA

Gula adalah penyebab utama naiknya hormon insulin dalam darah. Naiknya hormon insulin dalam darah terjadi secara langsung dan juga dalam jangka waktu panjang. Ini karena gula terdiri dari glukosa dan fruktosa. Fruktosa yang mengakibatkan resistansi insulin pada organ hati dan akhirnya membuat hormon insulin meningkat.

Selain gula, apa saja yang harus dihindari?

Banyak makanan yang diproses mengandung gula tersembunyi di dalamnya. Contoh makanan yang diawetkan dengan menggunakan gula.

Biasakan membaca label pada makanan yang dijual di supermarket. Gula seringkali tidak tertera pada label makanan, yang tertulis adalah sukrosa, glukosa, fruktosa, maltose, dextrose, molasses, hydrolyzed starch, madu, gula tebu, glukosa-fruktosa, sirup jagung fruktosa tinggi, gula palem, pemanis jagung, sirup maple, golden, malt, beras, dan nectar agave.

Itu adalah sederetan nama-nama pengganti gula.

label makanan

Perhatikan label bahan pada saus spaghetti, saus barbeque, saus plum, saus hoisin, saus asam manis, salad dressing, bumbu-bumbu jadi.

Sebenarnya hampir semua bahan makanan jadi mengandung gula. Jadi memang paling aman adalah memasak sendiri dengan bahan-bahan alami sebisanya. Kalaupun harus selalu makan di luar, usahakan memilih makanan yang fresh, langsung dimasak, atau jelas bahan-bahannya.

  1. STOP NGEMIL

Kadang orang tidak sadar bisa kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan. Bahkan saya pernah mendengar saran dari beberapa dokter untuk makan beberapa kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan lambung.

Setiap kali kita makan, hormon insulin akan meningkat. Hormon insulin meningkat karena bertujuan untuk menurunkan gula darah yang naik karena ada makanan masuk.

Ngemil

Selama ada hormon insulin dalam tubuh, tidak akan terjadi penurunan berat badan atau pembakaran lemak berlebih dalam tubuh.

BERAPA KALI KALIAN MAKAN DALAM SEHARI?

Biasanya saat orang ditanya sehari makan berapa kali akan menjawab otomatis 3x. Itu yang dihitung berdasarkan makan besar atau makan dengan nasi dan lauknya.

Mari kita jujur pada diri sendiri dan mulai menghitung berapa kali kita bisa makan dalam sehari.

berapa kali makan dalam sehari

Mulai dari bangun pagi, biasanya perut lapar dan akan mencari makan pagi. Mungkin sepiring nasi uduk atau beberapa potong singkong rebus, semangkok oatmeal dan segelas susu, atau sepiring nasi goreng. Itu misalnya terjadi di jam 8 pagi.

Lalu dalam perjalanan ke kantor atau ke sekolah atau ke kampus, mungkin ada cemilan seperti sepotong donat yang dimakan sejam setelah makan pertama kali tadi. Atau setiba di kantor atau di kampus, baru sepotong donat itu dimakan.

Jam 11 mungkin ada teman yang mengajak minum kopi di Starbucks. Secangkir latte dan sebuah muffin. Boleh deh.

Lalu jam 1 makan siang bersama di kantor. Sedikit kok. Sepiring nasi padang. 😀

Jam 3 sore meeting dengan klien di café dekat kantor. Secangkir mocchachino dan sebuah croissant.

Jam 6 sore makan malam bersama keluarga.

Jam 8 nonton Netflix di rumah plus cemilan keripik singkong pedas.

Jam 10 makan sepiring kecil buah-buahan sebelum tidur.

Nah, coba dihitung berapa kali makannya? Bisa 8x ya. 😀

Itu hanya contoh saja ya, jangan marah dan dimasukkan ke dalam hati kalau benar demikian. Kalau memang seperti ini, coba kurangi yang tidak perlu.

Setiap makanan yang masuk meskipun kecil, apalagi ada rasa manis gurih, akan menimbulkan hormon insulin yang memberi tanda ke tubuh bahwa ada makanan masuk. Kalau ini terjadi terus menerus, akan terjadi resistansi insulin pada tubuh.

Dengan mengurangi frekuensi makan, kita dapat membantu menurunkan hormon insulin dalam darah.

Cobalah mulai mengurangi frekuensi makan, mulai dari sehari 3x (benar-benar 3x loh!) tanpa ngemil di antaranya.

  1. STOP SARAPAN PAGI

Usahakan menggeser jam makan pagi 1 jam lebih lambat sampai akhirnya tidak makan pagi sama sekali. Jadi makan pertama setelah bangun tidur itu bisa makan siang di jam 11 atau jam 12.

Kalau kamu sehari sebelumnya makan terakhir di jam 6 sore, berarti kamu sudah melakukan puasa selama 18 jam dengan makan pertama di jam 12.

tidak sarapan cara menurunkan berat badan secara alami

Ini bisa dilakukan bertahap. Misalnya di minggu pertama hanya sanggup tidak makan makan sampai jam 9, ya tidak apa. Hargai usaha kamu. Itu berarti kamu sudah berpuasa selama 15 jam.

Mundurkan lagi jam makan pagi jadi di jam 10 terus sampai bisa di jam 12.

Perhatikan tubuh kamu setelah terbiasa stop sarapan pagi. Apa yang dirasakan?

Banyak manfaat kesehatan yang didapat apabila sudah terbiasa melakukan puasa sarapan pagi ini. Kalaupun ingin sarapan setelah berat badan mencapai normal, pastikan untuk konsumsi makan pagi yang berkualitas.

  1. KURANGI KONSUMSI MAKANAN BERKARBOHIDRAT

Hapus makanan berkarbohidrat seperti nasi, tepung, bakmi, roti, lontong, bagel, pizza, burger, pasta, biscuit, cookies, muffin, dan masih banyak lagi.

Lalu saya harus makan apa? Kamu akan bertanya. Awalnya memang sulit karena di sekitar kita semua makanan mengandung karbohidrat; nasi, bakmi, roti, pasta, siomay, baso, lontong, bihun, kwetiaw.

Sekarang banyak dijual bakmi dan nasi shirataki yang rendah karbohidrat. Rasanya kenyal dan mengenyangkan.

Karbohidrat juga banyak terdapat di sayuran. Penuhi kebutuhan karbohidrat dari sayuran segar. Untuk sayuran, boleh diperbanyak porsinya sampai kenyang.

sayuran hijau cara menurunkan berat badan secara alami

Dengan mengganti konsumsi karbohidrat, dapat dipastikan berat badan akan menurun dan pembakaran lemak akan terjadi.

  1. KONSUMSI PROTEIN DALAM JUMLAH CUKUP

Protein memang penting untuk kesehatan tubuh, tapi berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh? Konsumsi protein berlebihan dapat meningkatkan hormon insulin. Masih ingat kan…insulin menyebabkan penumpukan lemak. Jadi jangan kebanyakan makan protein.

cara menurunkan berat badan secara alami

Konsumsi protein per hari untuk orang dewasa adalah

  1. PERBANYAK KONSUMSI SAYURAN

Makan banyak sayuran dalam sehari penting untuk memenuhi kebutuhan potassium dalam tubuh. Dalam sehari seseorang membutuhkan sekitar 4700 mg potassium untuk mencukup kebutuhan tubuh supaya sehat.

Kalau kamu kesulitan dalam mengunyah sayur karena memang makan sayuran/salad dalam jumlah banyak memerlukan waktu, sayurannya diblender saja. Tinggal diminum. Sayur kale banyak manfaatnya untuk kesehatan. Resep jus kale yang enak ada disini.

  1. TAMBAHKAN SUPLEMEN PENDUKUNG

Penuhi kebutuhan vitamin B dari makanan atau dari suplemen pendukung seperti nutritional yeast.

nutritional yeast

Wheatgrass powder untuk membantu darah dalam regenerasi sel. Aduklah 1-2 sendok teh bubuk wheatgrass ke dalam segelas air 250 cc.

wheatgrass mengobati asam lambung

Virgin coconut oil membantu produksi cairan empedu dari pancreas.

VCO penyakit hati

Apple cider vinegar setiap pagi setelah bangun tidur untuk membantu pencernaan makanan.

cuka apel

Bone broth atau kaldu tulang akan sangat membantu menekan rasa lapar di awal-awal selama diet puasa berkala (Intermittent Fasting/IF).

bone broth

POLA MAKAN BARU UNTUK TUBUH BARU

Biasakan untuk stop cemilan di antara jam makan. Beri jeda minimal 4 jam di antara jam makan. Lebih baik lagi kalau kamu bisa melakukan intermittent fasting sehari makan 1-2x saja dan tanpa cemilan.

Dengan demikian, hormon insulin akan turun, sensitifitas insulin akan berkurang, dan pembakaran lemak akan terjadi dengan sendirinya. Kelebihan lemak dari dalam tubuh akan dipakai untuk tenaga.

PANDUAN DIET PUASA BERKALA (INTERMITTENT FASTING)

Lakukan diet puasa berkala atau intermittent fasting atau di Indonesia dikenal dengan diet Deddy Corbuzier. Saya dan teman-teman saya sudah mencobanya dan semuanya berhasil asalkan mengikuti aturannya dengan disiplin.

Jangan jadikan ini sebagai cobaan hidup yang berat, menganggapnya sebagai diet yang menyusahkan, tapi anggaplah sebagai gaya hidup baru yang lebih sehat dan baik untuk diterapkan selamanya.

CONTOH MENU DIET PENURUNAN BERAT BADAN

Tabel menu di bawah ini hanya merupakan contoh. Menu boleh diganti-ganti sesuai selera, asalkan tetap menuruti 7 cara menurunkan berat badan secara alami seperti di atas.

  • Pada 3 hari sampai 7 hari biasakan untuk makan hanya 3x tanpa ngemil sama sekali. Tanpa cemilan, hormon insulin akan menurun dan hormon pertumbuhan akan naik.
  • Kalau sudah terbiasa makan sehari 3x tanpa ngemil dan ingin langsung melanjutkan ke makan 2x dalam sehari, silahkan. Progress akan terlihat lebih cepat.
  • Lanjutkan hanya makan 1x dalam sehari. Dan kalau berat badan sudah normal, tetaplah untuk menjaga pola makan seperti ini, tanpa cemilan.
cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat
  • Perhatikan pada minggu pertama, masih boleh makan 3x dalam seminggu, tanpa cemilan di antaranya. Usahakan menggeser jam makan pagi dari jam 8 sampai akhirnya bisa di jam 10 untuk mempersiapkan diri tidak makan pagi di minggu ke 2.
  • Teh dan kopi tanpa gula. Usahakan minum teh hijau karena teh hijau sangat membantu dalam penurunan berat badan. Untuk kopi, usahakan minum kopi yang digiling sendiri bijinya, putuskan hubungan dengan kopi sachet apapun merknya. Diantara jam makan boleh minum minuman yang tidak mengandung gula.
cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat
  • Pada minggu ke 2, hilangkan sarapan. Makan pertama boleh di jam 11 atau kalau bisa ditunda ke jam 12 atau bahkan jam 1 siang.
  • Perhatikan menu sehari-hari tidak ada nasi, bakmi, roti, dan gula. Minumlah kopi, teh tanpa gula.
  • Porsi makanan boleh banyak kalau belum terasa kenyang, terutama sayuran. Supaya lebih cepat kenyang, perbanyak sayuran.
  • Setelah terbiasa tanpa sarapan selama minggu ke 2, lanjutkan dengan hanya makan sekali dalam sehari di minggu ke 3.
cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat
  • Pada minggu ke 3, hormon insulin pasti sudah menurun, sensitifitas insulin juga sudah membaik. Rasa lapar tidak akan muncul sesering sebelumnya. Akan lebih mudah menjalankan sehari makan 1x pada minggu ke 3, jadi tidak usah kuatir lapar karena hanya makan 1x.
  • Ingat! Kalori tidak mempengaruhi berat badan, yang akan dikendalikan adalah hormon insulin. Pada saat jam makan, makanlah yang cukup kenyang.

shares