GEJALA ASAM LAMBUNG

Banyak orang tidak mengerti dengan jelas gejala asam lambung tinggi yang mereka alami itu bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya lainnya, seperti ulcer (luka pada lambung), naiknya asam lambung ke kerongkongan (acid reflux), GERD, rasa terbakar pada dada (heartburn), dan bahkan yang lebih parah yaitu serangan jantung atau kanker lambung.

Sekarang ini banyak sekali terdengar berita orang yang masih muda mendadak meninggal karena serangan jantung, GERD, atau sakit lambung akut. Ada yang sehabis olahraga, yang sering merasa seperti jantung terbakar. Padahal orangnya sudah rajin berolahraga dan tidak pernah didiagnosa sakit jantung.

gejala asam lambung

Tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti meskipun bisa bikin takut juga kalau gejalanya sama dengan yang kalian alami. Maksud dari tulisan ini adalah untuk mengerti lebih jelas sistim kerja tubuh kita, apa yang termasuk gejala asam lambung dan bagaimana menghindari asam lambung tinggi serta cara hidup sehat.

Mari pelajari bagaimana mekanisme asam lambung bekerja dan bagaimana menyembuhkannya secara alami sehingga tidak kambuhan lagi.

APA ITU ASAM LAMBUNG?

Asam lambung adalah komponen penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh kita. Asam lambung yang menurun produksinya akan menyebabkan tubuh kita tidak dapat menyerap protein dari makanan yang masuk.

Jangan salah, asam lambung menurun produksinya berarti kondisi lambung dalam keadaan basa. Sedangkan normalnya kondisi lambung harus dalam keadaan asam untuk bisa mencerna makanan yang masuk dan membuat katup lambung menutup dengan seharusnya.

Ayo dibaca lebih lanjut.

PH LAMBUNG

Asam lambung yang nama kerennya hydrochloric acid (HCI) membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung sehingga tubuh kita dapat mengambil nutrisi dari makanan tersebut. Sebagian makanan yang sudah kita kunyah dengan enzim yang terdapat pada air ludah kita akan menuju lambung untuk dicerna lebih lanjut.

HCI dalam lambung ini bersifat sangat asam dan bila bersentuhan dengan kulit, kulit kita akan terbakar. Kenapa harus asam sekali? Karena asam lambung ini berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat pada makanan dan menghancurkan makanan yang masuk dan menyerap nutrisi yang terdapat di dalamnya.

PH lambung yang normal berada pada angka 1 – 3. Semakin tinggi angka pH, berarti semakin basa kondisi lambung kita, dan semakin tinggi asam lambung kita. PH 1-3 adalah kondisi dimana lambung dapat menghancurkan makanan yang masuk. Memang kita membutuhkan lambung kita berada pada pH 1-3 supaya makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik.

gejala asam lambung pH asam lambung

Jika pH lambung kita berada pada angka 3 – 5, kondisi ini disebut hypochlorhydria, dan ini yang sering disebut asam lambung tinggi.

Apabila melebihi angka 5, kondisi ini disebut achlorhydria, dimana asam lambung tidak lagi ada. (1)

Selanjutnya pada bagian usus pH tidak lagi di angka 1-3, tapi di angka pH netral yaitu 7.

Pada pH lambung 1-3, kita akan dapat mencerna makanan dengan baik, katup lambung akan berfungsi dengan baik, menutup pada waktu yang seharusnya.

Semakin bertambahnya umur kita, kondisi pH lambung dapat naik menuju kondisi basa, apalagi pada usia 40 tahun ke atas, 50 dan 60 tahun. Saat asam lambung menjadi basa (pH naik/asam lambung rendah), katup lambung tidak dapat menutup. Kondisi ini menyebabkan asam lambung yang ada pada lambung kita naik ke kerongkongan. Kerongkongan terasa panas terbakar.

Biasanya orang akan minum obat untuk menurunkan asam lambung. Setelah minum obat ini, akan terasa lebih nyaman.  Tapi ini bersifat sementara. Dengan berjalannya waktu, kalau penyebabnya tidak diperbaiki, kondisi lambung akan semakin basa dan saat si penderita stop minum obat lambung itu, maka yang terjadi adalah semakin parah. Efek samping yang bisa dirasakan adalah rasa terbakar (heartburn) dan bahkan dinding lambung bisa terluka (ulcer).

gejala asam lambung pil antacid

Jadi luka pada dinding lambung itu bukan karena kita terlambat makan atau skip jam makan ya. Konsep ini perlu diperbaiki. Banyak orang tidak berani terlambat makan sebentar saja karena takut kena maag. Nanti kita pelajari lebih lanjut penyebab sakit maag.

Keadaan pH 1-3 pada lambung ini sangat penting untuk mengkondisikan lambung dapat menyerap mineral dan protein yang masuk dari makanan.

Kalau pH lambung kalian tidak berada di angka 1-3, yang terjadi setiap makan atau setiap hari adalah banyaknya gas pada lambung, terus bersendawa, kembung, anemia, pencernaan bermasalah terutama jika makan daging.

GERD, ACID REFLUX, GASTRITIS, HEARTBURN

Istilah-istilah yang berhubungan sakit maag akhir-akhir ini sering bermunculan. Mari dibaca dengan lebih jelas.

ACID REFLUX

Acid Reflux adalah keadaan dimana asam lambung naik ke kerongkongan, kita bisa merasakan asam di dalam mulut kita. Naiknya asam lambung ini karena katup tidak bisa menutup semestinya. Ini dikarenakan pH yang naik ke angka di atas 3.

HEARTBURN

Rasa terbakar pada dada yang muncul akibat asam lambung yang naik (Acid Reflux). Kondisi acid refluc terus menerus akan menyebabkan rasa terbakar pada dada.

GERD

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan karena katup pada lambung yang tidak berfungsi dengan baik. Acid Reflux yang dibiarkan terus berkepanjangan akan menjadi GERD.

GEJALA ASAM LAMBUNG YANG PERLU KAMU KETAHUI

Apa saja yang termasuk gejala asam lambung tinggi? Mungkin ada beberapa yang tidak kita perhatikan.

GEJALA ASAM LAMBUNG TINGGI

  • Rasa kenyang/begah setiap kali makan padahal baru makan sedikit
  • Kembung
  • Sakit perut setiap habis makan
  • Sendawa
  • Buang gas (kentut)
  • Diare
  • Jerawat
  • Kulit kemerahan
  • Kekurangan zat besi
  • Kekurangan vitamin dan mineral
  • Kuku yang bergelombang
  • Sering merasa cape
  • Kram
  • Kulit kering
  • Makanan yang tidak tercerna dengan baik pada kotoran BAB
  • Rambut dan kuku cepat patah
  • Rambut rontok
  • Bau mulut

Gejala-gejala diatas tentunya sering kita abaikan karena mungkin tidak terlalu mengganggu aktifitas dan seringkali dianggap normal.

gejala asam lambung

Dengan berjalannya waktu, gejala-gejala di atas jika diabaikan akan menjadi semakin parah dan malah mengganggu kesehatan sehingga bisa muncul beberapa penyakit seperti di bawah ini:

  • Celiac Disease
  • Asma
  • Alergi terhadap makanan tertentu
  • Peradangan kronis
  • Eksim
  • Grave’s disease
  • Batu empedu
  • Rematik (rheumatoid arthritis)
  • Berbagai macam penyakit kulit
  • Osteoporosis
  • Kekurangan gizi yang semakin parah
  • Sindrom leaky gut
  • Diabetes
  • Kanker
  • SIBO (small intestinal bacterial overgrowth) kondisi dimana bakteri yang seharusnya ada di bagian usus malah naik ke lambung

Memang sulit untuk mendiagnosa kondisi asam lambung yang tidak cukup di tahap awal. Sebenarnya kalian bisa coba lakukan tes dengan baking soda.

  • Buat larutan berisi air hangat 100 ml ditambah 1/8 sendok the baking soda.
  • Minum larutan ini pagi hari saat baru bangun tidur dengan perut kosong, sebelum menyikat gigi.
  • Tunggu kira-kira 3-5 menit setelah minum larutan ini. Kalau kamu bersendawa, ini menunjukkan asam lambung tidak cukup pHnya (berada di kondisi basa).

Penderita kondisi asam lambung tinggi biasanya akan mendapatkan obat antacid dari dokter atau penghambat asam lambung (proton pump inhibitors/PPIs) yang dengan berjalannya waktu akan membuat gejala-gejala di atas semakin memburuk karena asam lambung akan semakin ke kondisi basa. Makanan yang masuk akan menjadi tidak sepenuhnya dicerna sehingga membusuk dalam perut menyebabkan kembung dan gasnya akan naik menyebabkan acid reflux.

Tentunya dengan menurunkan pH asam lambung ke angka seharusnya (1-3), pencernaan akan menjadi lebih baik, katup lambung akan menutup lebih rapat dan keadaan seperti dada terbakar, acid reflux dan GERD akan semakin sembuh.

PENYEBAB NAIKNYA ASAM LAMBUNG

Naiknya pH asam lambung ke angka 3-5 biasanya karena stress dan makanan yang kita makan. Dua hal ini yang sangat mempengaruhi kondisi pH asam lambung kita.

Perhatikan saja… dokter akan menanyakan apakah kamu stress atau tidak kalau kamu mengeluh sakit maag.

BEBERAPA PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

  1. Makanan yang terlalu pedas
  2. Konsumsi gula berlebihan
  3. Kekurangan zinc
  4. Usia yang bertambah
  5. Obat antibiotik tertentu
  6. Obat penghambat asam lambung yang dikonsumsi terus menerus
  7. Infeksi bakteri yang disebabkan oleh Helicobacter pylori (H. pylori)
  8. Stress kronis
  9. Minum alcohol yang berlebihan
  10. Diet pembatasan kalori yang berlebihan

SUPLEMEN YANG MEMBANTU UNTUK PENDERITA MAAG

1. Apple Cider Vinegar

Banyak orang mendengar kata cuka apel sudah berpikir kok orang sakit maag disuruh minum yang asem-asem?

Ini karena salah kaprah mengenai asam lambung tadi. Coba test minum larutan Apple Cider Vinegar di pagi hari saat perut masih kosong dan perhatikan apakah rasa panas yang dirasakan dalam perut menjadi membaik.

mengenal bone broth

2. Lemon

Air perasan lemon dicampur dengan air hangat juga efektif untuk menjaga pH lambung untuk berada di angka yang seharusnya. (2)

Lemon sangat efektif dalam membasmi bakteri H pylori yang ada dalam lambung yang bermasalah.

3. Wheatgrass juice powder

Selain bersifat anti kanker, wheatgrass juice powder dapat membantu meningkatkan fungsi lambung. (3)

 wheatgrass mengobati asam lambung

4. Chlorophyl

Minuman mengandung chlorophyll sangat membantu dalam penyembuhan ulcer, apabila maag terasa perih. (4, 5)

chloropyll mengatasi ulcer

5. Betaine Hydrochloride

Kapsul ini dapat diberikan untuk yang mengalami kondisi asam lambung tinggi (pH di atas 3). Ini cukup efektif.

Betaine Hydrochloride

6. Dandelion, artichoke, milk thistle

Kombinasi dari satu atau ketiga tanaman herbal ini dapat membantu mengaktifkan enzim yang akan membuat asam lambung berada di pH yang normal, liver juga bekerja optimal untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, dan cairan empedu juga dapat membantu menghancurkan lemak di saluran pencernaan.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA MAAG

  1. Makanan yang mengandung gula
  2. Makanan yang berkarbohidrat sederhana
  3. Kopi dengan gula dan krimmer
  4. Minuman bersoda manis
  5. Minuman beralkohol
  6. Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit
  7. Makanan pedas
  8. Jus buah yang manis

CARA MENGATASI ASAM LAMBUNG TINGGI SECARA ALAMI

1. Mengurangi makanan berkarbohidrat dan gula

Kurangi makanan berkarbohidrat dan mengandung gula tinggi. Apabila bisa, lakukan diet Ketogenic.

2. Biasakan minum larutan cuka apel di pagi hari saat perut kosong

Cuka apel yang terbuat dari apel yang difermentasi dengan ragi dan menghasilkan bakteri baik kaya dengan protein dan enzim untuk menghancurkan bakteri pada makanan yang kita konsumsi.

Dengan rutin mengkonsumsi larutan cuka apel, gejala asam lambung seperti acid reflux, diabetes, gula darah tinggi dapat perlahan tapi pasti membaik.

Larutkan 1 sendok makan apple cider vinegar dengan segelas air. Konsumsi pada saat perut kosong lebih baik.

cuka apel mengobati asam lambung

3. Berpuasa (Intermittent Fasting)

Berpuasa baik untuk memberikan istirahat pada pencernaan sehingga lambung bisa berfungsi normal kembali. (6, 7)

4. Perbanyak makan sayuran

Makanan yang seimbang, banyak konsumsi sayuran dapat membuat asam lambung di pH yang seharusnya. Sayuran yang mengandung banyak serat boleh dikukus terlebih dulu supaya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

sayuran hijau

5. Kurangi stress

Usahakan mengurangi stress dari TV, berita yang tidak baik, kenalan yang toxic, atau kegiatan yang menguras pikiran dan energi.

6. Makan sayuran yang difermentasi

Sayuran yang difermentasi seperti kimchi, sauerkraut dan acar secara alami akan memperbaiki asam lambung. Sayuran yang difermentasi ini memiliki probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan, melawan bakteri yang jahat dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh rendahnya level asam lambung.

kimchi probiotik

6. Kurangi konsumsi makanan yang diproses di pabrik

Makanan yang diproses dan mengandung gula dapat menyebabkan peradangan pada lambung, mengurangi produksi asam lambung, dan menyebabkan acid reflux.

makanan kalengan yang diproses

7. Konsumsi jahe

Jahe memiliki kemampuan membasmi peradangan yang disebabkan oleh asam lambung tinggi pH. Jahe bisa dikonsumsi berupa the jahe, atau dimasak dalam masakan atau sebagai suplemen. Konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

jahe untuk asam lambung

MENU DIET PUASA UNTUK MAAG, GASTRITIS, DAN GERD

Usahakan untuk menghindari makanan berkarbohidrat dan mengandung gula. Contoh menu untuk penderita maag, gastritis, dan gerd.

Makan pagi (jam 8/9)

  • Segelas Apple Cider Vinegar (1 sdm ACV dan segelas air) – setengah jam sebelum makan atau saat bangun pagi
  • 1-2 Telur dadar
  • 3-5 lembar Bacon sapi
  • Sayur rebus seperti brokoli, buncis (boleh dalam jumlah banyak)

Makan siang (jam 12/13)

  • Segelas Apple Cider Vinegar (1 sdm ACV dan segelas air) – setengah jam sebelum makan
  • Sepiring sayuran rebus
  • Semangkuk sop ayam

Makan malam (17/18)

  • Segelas Apple Cider Vinegar (1 sdm ACV dan segelas air) – setengah jam sebelum makan
  • 1-2 Telur dadar
  • 2-3 potong ayam bakar
  • Sepiring tumis sayuran

Usahakan TIDAK ada cemilan di antara jam ketiga jam makan tersebut.

Di minggu ke 2 boleh coba menghilangkan jadwal makan pagi. Lakukan diet puasa sebisanya hingga mencapai 24 jam.

KESIMPULAN

Asam lambung adalah factor yang penting dalam sistim pencernaan kita. Asam lambung yang berada pada pH yang normal (1 – 3) akan membuat penyerapan nutrisi dan vitamin dari makanan optimal. Naiknya kadar asam lambung ke pH di atas 3 akan menyebabkan banyak ketidaknyamanan dalam tubuh dan juga menyebabkan tubuh lebih mudah terinfeksi dan sakit.

Pelajari penyebab naiknya level pH asam lambung dan rubah gaya hidup menjadi lebih sehat, perbaiki dietmu untuk mencapai pH asam lambung yang normal.

Berikut tipsnya:

1. Kurangi frekuensi makan per hari.

Lakukan intermittent fasting dimulai dengan 16/8, 18/6, 20/4, 24 jam Dengan mengurangi intensitas makan, kamu memberikan waktu istirahat untuk sistim pencernaan kamu. Dengan demikian, sistim pencernaan kamu memiliki kesempatan memperbaiki kondisi lambung.

2. Stop makanan berkarbohidrat dan gula

Periksa semua label makanan, hindari yang mengandung gula dan tepung. Lakukan diet keto. Biarkan tubuh terbiasa dengan kondisi ketosis.

3. Makan/minum makanan atau minuman probiotik

Kimchi, sauerkraut termasuk makanan yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam sistim pencernaan kita.

Kombucha, Apple cider vinegar, kefir termasuk minuman probiotik yang membantu keseimbangan bakteri dalam sistim pencernaan.

Mari hidup sehat!

shares