Pernah dengar jus sayuran? Mungkin kamu lebih sering dengar orang minum jus buah karena dari dulu sering sekali terdengar dimana-mana bahwa buah itu baik untuk kesehatan. Sayuran juga baik untuk kesehatan, tapi biasanya dimasak, bukan dijus. Ya kan?

jus sayuran

Manfaat minum jus sayuran ini sangat banyak. Jangan merasa mual dengar kata jus sayuran. Kita semua butuh sayuran karena kandungan potassiumnya yang tinggi. Setiap hari tubuh kita membutuhkan sekitar 4500-4700 mg potassium supaya bisa tetap sehat. Ekosistim mikroba dalam pencernaan kita juga harus seimbang. Ini bisa dicapai kalau kita banyak makan sayuran dan probiotik yang baik untuk pencernaan kita.

Tapi…makan sayuran untuk memenuhi jumlah potassium yang dibutuhkan tubuh sebanyak itu pasti juga banyak sekali sayurannya. Dan saya tahu, makan banyak sayuran itu repot….haha.. repot kunyahnya dan makan waktu lama. Apalagi sayuran mentah seperti salad.

Jadi enaknya bagaimana?

Paling praktis dan cepat, ya dijus. Tapi jangan disaring. Ampasnya juga diminum karena banyak serat terkandung di dalamnya.

Takut pahit rasanya? Atau takut muntah karena tidak tahan serat sayuran atau bau langu sayuran? Ada triknya untuk mengatasi itu. Kita bisa menambahkan beberapa jenis buah yang bisa mengurangi bau langu sayuran.

Kebiasaan baik minum jus sayuran ini harus rutin. Banyak orang tidak bisa rutin karena merasa jus sayurannya tidak enak, jadi susah diminumnya. Padahal untuk membuat jus sayuran yang enak itu mudah sekali.

Saya sendiri mulai kebiasaan ini sejak tahun 2018, rutin setiap hari sampai sekarang. Sayuran yang saya pilih adalah kale, brokoli, brussel sprouts, bokchoy, selada romaine, bayam, pagoda, dan bahkan pare. Jangan takut, ini bukan sekaligus diblender semuanya. Dari jenis sayuran yang saya sebut itu, silahkan pilih sesuai selera atau ketersediaannya di tempat kalian masing-masing.

Sekarang ini banyak sayuran organik tersedia di pasar atau supermarket. Bahkan kalau mau menanam sendiri, banyak media seperti hidroponik yang sederhana atau bisa tanam di halaman rumah sendiri.

Saya sendiri lebih sering memilih kale, bokchoy. Kalau kesulitan mencari kale, saya ganti dengan pare, brokoli, atau bayam. Pokoknya setiap hari harus ada jus sayuran.

Khusus untuk sayuran kale, jangan lupa menambahkan lemon karena kale ini dapat mengganggu fungsi thyroid.

Apakah sesudah minum jus sayuran, tidak perlu konsumsi sayuran lainnya?

Saya tidak pernah membatasi jumlah sayuran yang saya konsumsi setiap hari. Jadi, selain jus sayuran itu, saya juga kadang masih makan sepiring besar salad atau gado-gado, atau karedok, dengan catatan kurangi gulanya.

MANFAAT MENGKONSUMSI SAYURAN/JUS SAYURAN DALAM JUMLAH BANYAK

Sejak kecil, hampir semua orang tua pasti menganjurkan anak-anaknya untuk banyak makan sayuran dan buah-buahan. Saya suka keduanya, tapi belakangan setelah mengerti tentang kandungan gula fructose dalam buah-buahan, saya mengurangi konsumsi buah-buahan terutama yang manis.

Mulai kebiasaan sehat ini setiap hari. Kalau dilakukan teratur, pasti banyak manfaatnya untuk kesehatan.

BEBERAPA MANFAAT UNTUK KESEHATAN:

Mengurangi water retention. Dengan kandungan potassium yang tinggi akan membantu mengurangi water retention yang biasanya terjadi karena banyak makan makanan yang mengandung MSG atau sodium. Ini biasanya terjadi pada ibu-ibu yang sulit mengurangi berat badan.

Membersihkan liver. Sayuran-sayuran di atas sangat membantu dalam membersihkan liver/organ hati kita. Kandungan potassium, vitamin, mineral dan phyto-nutrientnya akan membantu mengeluarkan toxin dari organ hati.

Menghaluskan kulit. Dengan banyak konsumsi sayuran dalam bentuk salad ataupun jus smoothies, regenerasi kulit akan terjadi dari dalam.

Mikrobiome dalam perut akan semakin terjaga keseimbangannya. Bakter baik akan semakin banyak dalam tubuh.

JENIS SAYURAN YANG BISA DIPAKAI UNTUK JUS SMOOTHIES SAYURAN

KALE

Mungkin banyak yang tidak tahu tentang sayur kale ini. Mencari sayur kale ini juga susah-susah gampang, seringkali tidak ditemukan di pasar tradisional. Carilah di supermarket yang lengkap, biasanya di pagi sampai siang hari masih banyak.

Ada beberapa jenis kale yang ditanam para petani organik di Indonesia, yang umum dijual di pasaran adalah:

  • Kale Nero
Kale Nero
  • Kale Curly
Kale Curly
  • Kale Russian Red dan macam-macam kale lainnya.
Macam-macam kale

Keduanya memiliki manfaat dan kandungan yang sama baiknya, tinggi dalam vitamin C dan zat besi serta memiliki kandungan potassium dan serat yang tinggi.

PAKCHOY

Sayuran ini lebih mudah ditemukan di pasar/supermarket, baik yang organik maupun non-organik.

bokchoy

BROKOLI

Tentu semua orang tahu brokoli, tapi tidak semua suka brokoli kan? Hehehe…

Brokoli Jus Sayuran

Kalau tidak suka rasanya, siasati dengan resep yang lebih asik, jadi tidak terasa makan brokolinya. Apalagi diblender jadi smoothie.

LEMON

Kalau kamu menggunakan sayur kale, jangan lupa masukkan perasan setengah butir lemon. Lemon perlu untuk membantu mengurangi efek kale terhadap tiroid.

Lemon yang dipakai boleh lemon import ataupun lemon lokal.

lemon

ALFALFA SPROUTS

Kalau ada alfalfa sprouts boleh tambahkan sedikit. Alfalfa sprouts ini sangat tinggi kandungan enzim, vitamin dan mineralnya karena tanaman ini masih berupa tunas.

Alfalfa sprouts memang sulit dijumpai di pasar atau supermarket terkenal sekalipun. Kalaupun ada, harganya biasanya mahal.

Jangan sedih dulu! Cara menanamnya sangat mudah sekali, setelah jadi pun bisa disimpan dalam kulkas beberapa hari. Selain itu karena menanam sendiri, tentunya lebih bersih. Cara menanam sprouts bisa dilihat disini.

alfalfa sprouts

Alfalfa Sprouts ini selain bisa diblender, juga bisa dikonsumsi langsung dalam sandwich, atau salad. Rasanya manis dan segar.

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MINUM JUS SAYURAN

Kapan waktu yang tepat untuk minum jus sayuran?

Ini tergantung dari aktifitas kamu sehari-hari. Kalau tujuannya untuk mengurangi berat tubuh, jus sayuran bisa dikonsumsi pada pagi hari atau setengah jam sebelum makan siang. Karena sesudah minum jus sayuran segelas penuh lengkap dengan ampasnya, dijamin perut akan lebih kenyang, dan kamu cenderung makan lebih sedikit.

Sebaiknya jangan konsumsi jus sayuran menjelang tidur. Kandungan serat yang tinggi dalam jus sayuran bisa mengganggu tidur sehingga menjadi kurang pulas.

Jadi waktu terbaik adalah pagi atau siang hari.

RESEP JUS SAYURAN SIMPLE

  • 5 lembar daun kale
  • 4 lembar daun pakchoy
  • 2-3 potong nanas
  • Perasan lemon setengah butir
  • Segelas air 300 ml
  • Beberapa potong es batu
  • Madu 1 sendok makan/Stevia (optional)
Jus Sayuran
Jus Sayuran
Air dan es batu. Madu atau stevia jika perlu.

Masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses selama 2-3 menit sampai halus, segera diminum.

Jus Sayuran
Madunya saya hanya pakai sedikit sekali.
Jus Sayuran
Siap diminum

Mulailah kebiasaan hidup sehat!

Kalau kamu suka artikel ini, boleh bagikan ke teman yang membutuhkan.

shares