Kanker memang merupakan penyakit yang mengerikan bagi semua orang. Tentunya semua orang ingin mencegahnya sebisa mungkin. Ada berbagai makanan superfood yang merupakan makanan anti kanker. Tentunya jenis makanan seperti ini diburu orang dan sebisa mungkin dikonsumsi sesering mungkin. Sekarang ini kesehatan merupakan hal nomor satu yang diinginkan orang.

Salah satu makanan anti kanker adalah Alfalfa Sprout. Ini boleh dibilang kecambah. Alfalfa Sprout ini sulit ditemukan di pasar tradisional, bahkan di supermarket pun belum tentu ada setiap hari. Tapi, jangan sedih. Cara menanamnya mudah sekali.

alfalfa sprouts makanan anti kanker

Sayuran Alfalfa Sprout ini enak rasanya, boleh dimakan mentah. Ini bisa jadi tambahan untuk salad, sandwich, burger. Kandungan potassiumnya sangat tinggi. Karena kecambah ini merupakan bakal tanaman yang baru muncul dari benih, maka enzim dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, bahkan lebih tinggi jika tumbuhan ini sudah menjadi dewasa.

Maka dari itu, alfalfa sprout menjadi penghambat bagi sel kanker untuk tumbuh di dalam tubuh. Selain alfalfa, brokoli sprout juga bersifat sama. (1)

Cara menanamnya mudah, dan bisa dilakukan di rumah kalian masing-masing. Hanya butuh sedikit peralatan yang sederhana dan cepat sekali tumbuhnya.

Saya akan bahas satu per satu cara menanamnya supaya kalian bisa menanamnya sendiri di rumah.

KEUNTUNGAN MENANAM ALFALFA SPROUTS SENDIRI DI RUMAH

  • Bersih

Karena dilakukan di rumah, bebas debu dari luar dan menggunakan air minum, tentunya alfalfa sprouts yang dihasilkan dijamin bersih.

  • Murah

Bibit sebanyak 9-10 gr bisa menghasilkan setoples alfalfa sprouts dan bisa disimpan dalam kulkas selama 10 hari. Setiap mau dimakan, tinggal ambil sejumput saja atau sesuai selera.

  • Alat yang dibutuhkan mudah didapat dan murah

Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat murah dan mudah didapat. Jadi pasti bisa dilakukan sendiri di rumah.

  • Aman

Mungkin kalian pernah baca di berita bahwa ada yang terkena bakteri Salmonella saat mengkonsumsi Alfalfa yang dibeli dari supermarket. Banyak penyebabnya, bisa jadi air yang digunakan tidak bersih, atau sudah terkontaminasi di tempat pengemasan atau penjualannya. Tentunya kalau kita menanamnya sendiri, hal ini bisa dihindari.

ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN

  • Toples Mason Jar

Carilah toples mason jar yang bisa dibuka tutupnya. Toples ini bisa dicari di Tokopedia atau toko yang menjual peralatan hobi prakarya.

mason jar

  • Kain Jaring Tipis/Tulle

Kain jaring tipis dan rapat lubangnya sebesar 15×15 cm, cukup untuk menutupi mulut lubang mason jar.

Kain Tulle
  • Benih Alfalfa

Benih Alfalfa 9-10 gr untuk ditanam dalam satu toples Mason Jar.

Alfalfa Seeds
  • Air Mineral

Air mineral yang biasa kamu minum.

CARA MENANAMNYA (lihat video di akhir artikel)

  1. Rendam benih Alfalfa dalam mason jar, isi dengan air minum sampai setengah toples ketinggiannya. Diamkan selama 12 jam.
alfalfa sprout makanan anti kanker

2. Setelah 12 jam, buang air rendamannya, bilas benih alfalfa dengan air bersih. Caranya hanya dengan menuangkan air melalui tutup yang sudah dipasangi kain jaring tipis.

Alfalfa makanan anti kanker

3. Tiriskan dengan cara membalikkan toples mason jar sehingga air di dalam dapat keluar semua.

Alfalfa makanan anti kanker

4. Tutup toples mason jar dengan kain supaya tidak terkena sinar matahari/lampu.

makanan anti kanker

5. Setiap hari bilas alfalfa ini dengan air 2x pagi dan sore.

6. Lakukan pembilasan dengan air bersih selama 4 hari dan selalu tutup dengan kain sesudah dibilas dan dibalik toplesnya.

7. Pada hari ke 4, tuang ke wadah yang ada penirisnya, buang sisa kulit air benih dan benih yang tidak pecah. Masukkan kembali alfalfa ke dalam toples. Kain penutup sudah boleh dibuka.

Alfalfa Sprout di hari ke 4

8. Letakkan toples mason jari di tempat yang terkena sinar matahari tapi tidak langsung selama setengah hari. Sinar matahari akan membuat daun awal yang tumbuh menjadi kehijauan.

9. Pada hari ke 5 atau ke 6, alfalfa sudah bisa dipanen. Tutup kain jaring sudah bisa diganti dengan tutup toplesnya yang rapat. Simpan dalam kulkas. Alfalfa sudah bisa dikonsumsi.

makanan anti kanker alfalfa sprout

Catatan:

  1. Tidak semua benih dapat dibuat menjadi sprouts. Benih yang dapat dibuat menjadi sprouts adalah brokoli, radish, lentil, alfalfa.
  2. Gunakan benih organik
  3. Gunakan alat-alat yang bersih dan tidak mudah berjamur.
  4. Gunakan air mineral yang biasa dipakai untuk air minum supaya hasilnya nanti bersih dan bisa dimakan langsung.
  5. Jangan letakan toples di tempat yang pengap atau panas tanpa aliran udara.

CARA MENGKONSUMSINYA

Alfalfa Sprouts bisa dimakan langsung, tidak perlu dimasak. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat banyak.

Taruh sejumput di atas salad.

salad

Alfalfa dan omelette

omelette

Masukkan dalam jus kale smoothiesmu.

green smoothies

MAKANAN ANTI KANKER

Mengapa alfalfa sprouts termasuk makanan anti kanker?

  1. Sprout mengandung chlorophyll yang bersifat alkali dan bersifat anti kanker.
  2. Tinggi vitamin C, zinc, selenium yang dapat membasmi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat merusak jaringan tubuh kita dan mempercepat proses penuaan.

Biasakan hidup sehat. Makan alfalfa sprout seminggu 2-3x sangat baik untuk kesehatan. Yuk, tanam sendiri!

shares