manfaat cuka apel untuk diabetesCUKA APEL (APPLE CIDER VINEGAR)

Manfaat cuka apel (Apple Cider Vinegar atau ACV) untuk kesehatan sangatlah banyak. Kalau kamu pelajari lebih dalam tentang cuka apel dan manfaatnya, kamu pasti akan lebih rela menjadikan minuman ini sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan.

Mungkin ada yang mengatakan tidak tahan dengan baunya, atau merasa punya maag jadi takut dengan rasa asam, takut maagnya kambuh, takut lambung perih, dan lain-lain. Ada triknya untuk bisa minum cuka apel tanpa merasa bau atau terasa asam. Dan maag akan sembuh kalau kamu sudah rutin minum ini.

Salah satu manfaat cuka apel yang luar biasa adalah untuk melangsingkan tubuh. Oya?? Untuk melangsingkan? Iya loh! Sudah banyak yang mencoba botol berisi cairan bau asem ini dan banyak juga yang jadi langsing cantik secara alami.

Manfaat cuka apel untuk melangsingkan

Ini adalah minuman yang sifatnya berfungsi sebagai supplemen dalam proses penurunan berat badan, jadi bukan yang utama. Tentunya kembali lagi, faktor utama penentu dalam penurunan berat badan ya pola makan dan gaya hidup sehat lengkap dengan olahraga.

Apple Cider Vinegar/Cuka Apel adalah minuman yang dibuat dari fermentasi buah apel yang cairannya setelah melalui proses fermentasi ini mengandung banyak sekali enzim yang dibutuhkan oleh pencernaan kita.

Cuka Apel (ACV) bukan hanya bisa dipakai untuk melangsingkan. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan bantuan Apple Cider Vinegar dalam diet kita sehari-hari.

MANFAAT CUKA APEL

ACID REFLUX

Perut yang suka kembung, mengeluarkan gas berlebih sampai terasa mual atau bahkan sakit sampai ke ulu hati. Kondisi lambung harus selalu dalam keadaan asam, kalau lambung terlalu basa, atau kadar asamnya rendah akan banyak menimbulkan banyak masalah dalam kesehatan. Rasa mual akan terus menerus muncul. Acid Reflux ini juga sering menyebabkan kerongkongan perih karena asam yang naik ke kerongkongan.

JERAWAT

Pengobatan jerawat yang paling baik selalu dimulai dari dalam tubuh. Apple Cider Vinegar boleh diminum, ataupun dioleskan ke bagian yang berjerawat. Tentunya untuk olesan, cuka apel sebaiknya dicampur dengan air sedikit.

cuka apel menyembuhkan jerawat

Apple Cider Vinegar juga dapat membunuh bakteri pada wajah yang menyebabkan jerawat tumbuh berlebihan.

Kalau kamu ingin jerawat cepat sembuh dan hilang, coba basahi kapas dengan Apple Cider Vinegar dan usapkan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat seperti habis mengkompres. Lalu bilas dan cuci muka dengan sabun.

Cara ini efektif dan tentunya lebih efektif lagi jika dikonsumsi sebagai minuman. Karena dia akan membantu membersihkan dari dalam.

GOUT (ASAM URAT)

Konsumsi apple cider vinegar setiap hari rutin teratur akan membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Kombinasikan dengan baking soda untuk meredakan sakit yang terjadi pada persendian.

MENURUNKAN KADAR GULA DARAH

Apple Cider Vinegar mengandung acetic acid dan sudah ada studi yang membuktikan bahwa acetic acid dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. (1)

manfaat cuka apel untuk diabetes

MENURUNKAN KADAR INSULIN

Dalam studi ini juga dibuktikan bahwa acetic acid membantu menurunkan kadar insulin dalam darah. (1)

MENINGKATKAN METABOLISME

Sebuah studi bahkan membuktikan bahwa acetic acid dapat meningkatkan produksi hormon AMPK yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak dan menahan produksi gula dan lemak di dalam liver. (2)

MENGURANGI PENUMPUKAN LEMAK

Acetic acid membantu gen di dalam tubuh untuk mengurangi penumpukan lemak di bagian perut dan liver. (3 dan 4 )

MEMBAKAR LEMAK

Acetic acid membantu dalam pembakaran lemak sehingga tidak ada lemak yang menumpuk lagi. (5)

MENEKAN NAFSU MAKAN BERLEBIH

Acetic acid dapat menekan napsu makan menjadi lebih rendah. (6)

Studi di dalam link di atas dilakukan terhadap binatang, tentunya studi terhadap manusia juga perlu dilakukan untuk lebih meyakinkan lagi. Tapi memang banyak yang sudah membuktikan manfaat Apple Cider Vinegar dalam kesehatan mereka setelah mengkonsumsinya untuk beberapa saat.

MENGHILANGKAN BAU KAKI

Apabila memakai sepatu seharian, kaki cenderung lembab kepanasan dan bakteri mudah tumbuh sehingga menyebabkan kaki menjadi bau. Nah, cobalah rendam dengan campuran Apple Cider Vinegar dan air dalam baskom. Rendam kaki dan diamkan beberapa saat dalam baskom. Lalu bilas dan cuci dengan sabun.

CARA MENGKONSUMSI CUKA APEL

Apple Cider Vinegar TIDAK boleh dikonsumsi begitu saja, tanpa campuran apapun. Larutan yang terlalu asam bisa merusak tenggorokan, membuat saluran tenggorokan jadi iritasi.

Apple Cider Vinegar bisa dicampur dengan air atau minuman lain seperti jus cranberry, jus apel, atau jus lainnya.

Untuk menambah rasa enak, atau mengurangi bau asamnya, boleh tambahkan madu atau stevia, atau blackstrap molasses powder.

Apple Cider Vinegar yang bagaimana yang harus dibeli?

apel yang difermentasi

Kalau kita ke supermarket, pasti akan ketemu berbagai macam jenis cuka apel di raknya. Nah, jenis yang seperti apa yang bagus untuk dibeli?

#WARNA

Apple Cider Vinegar harus berwarna coklat muda keruh.

Warna dari Apple Cider Vinegar ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi apel yang difermentasi pada saat itu. Tapi kebanyakan warnanya adalah coklat muda keruh.

#ENDAPAN

Ada endapan di dasar botol. Endapan ini disebut ‘the mother’ yang justru bersifat menyembuhkan. Di dalam endapan ini banyak tersimpan enzim dan mineral yang berguna untuk kesehatan.

#ORGANIK

Organic dan Unfiltered. Apel yang dipakai dalam pembuatan Apple Cider Vinegar ini harus organik dan setelah difermentasi, tidak disaring.

Memang sampai saat ini, Apple Cider Vinegar yang terbaik tetaplah merk Bragg. Tersedia dalam botol besar (946 ml) dan sedang (473 ml). Bisa diperoleh di supermarket seperti Ranch Market, Food Hall, atau toko-toko kesehatan lainnya.

cuka apel bragg cuka apel bragg

Penyimpanan Apple Cider Vinegar tidak perlu di dalam kulkas, cukup di suhu ruangan saja. Sebelum konsumsi, botol dikocok terlebih dulu supaya ‘the mother’ atau endapannya bisa tercampur merata. Masa kadaluarsa Apple Cider Vinegar ini sangatlah lama, karena apple sudah difermentasi.

Pertama kali mengkonsums Apple Cider Vinegar ini mungkin terasa aneh, bau asem, ataupun berbagai alasan lainnya. Tapi, jika kebiasaan sehat ini dipertahankan, nanti tidak lagi terasa tidak enak ataupun bau, malah terasa tubuh lebih sehat dan lebih fit dari sebelumnya.

Berikut ini saya tuliskan resep yang biasa saya pakai untuk konsumsi Apple Cider Vinegar.

RESEP CUKA APEL YANG ENAK

  • 2 sendok makan Apple Cider Vinegar
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm air lemon
  • 1 sdm jus Cranberry (optional) atau Blueberry atau Apricot
  • 1 gelas air putih

Diaduk sampai rata, langsung diminum,

Minuman ini sebaiknya dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur dengan perut kosong atau kalau siang mau konsumsi lagi, minum 1/2 jam sebelum makan siang.

Dengan keadaan perut kosong, enzim akan lebih mudah dicerna dinding usus kita.

cuka apel lemon

Cobalah minum campuran minuman ini selama seminggu sampai 10 hari di pagi hari dengan perut kosong ya dan rasakan perbedaannya di tubuh kamu. Yang jelas di saya terasa lebih banyak energi di siang hari atau sore hari jadi ga mudah cape, metabolisme jauh lebih lancar, muka jadi lebih bersih dan kinclong, perut lebih rata karena tidak ada lagi penumpukan lemak di perut. Kalau sudah tahu begitu banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh, kenapa tidak dilanjutkan? 🙂 🙂 🙂

shares