Mengenal Manfaat Nutritional Yeast

manfaat nutritional yeast

Akhir-akhir ini banyak orang yang menyadari bahwa hidup sehat itu sangatlah penting. Berbagai vitamin dan suplemen bermunculan di pasaran. Salah satunya superfood yang cukup asing di telinga kita adalah Nutritional Yeast. Banyak yang tidak tahu manfaat dari makanan unik ini, padahal sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

Apakah Nutritional Yeast itu?

 

Nutritional Yeast adalah ragi yang sudah tidak aktif lagi, sejenis Saccharomyces cerevisiae yang rasanya seperti keju dan memang digunakan sebagai pengganti keju dalam beberapa jenis masakan, seperti pasta, salad, sup. Nutritional Yeast ini aman digunakan pada golongan vegan.

 

Nutritional Yeast

 

Mari kita bahas lebih lanjut tentang Nutritional Yeast ini.

Nutritional Yeast bentuknya mirip serbuk abon kering berwarna kuning terang, ringan dan serpihannya sedikit garing. Karena rasanya yang gurih, nutritional yeast ini bisa juga dipakai sebagai pengganti MSG.

Meskipun bahan yang digunakan untuk membuat ragi ini sama, tapi produk akhir nutritional yeast ini tidak sama dengan ragi yang dipakai untuk membuat roti atau ragi untuk membuat bir. Ragi yang dipakai untuk membuat roti masih aktif, sedangkan nutritional yeast ini sudah dinon-aktifkan raginya.

Nutrional yeast mengandung banyak vitamin B1 dan merupakan sumber protein nabati. Bagi kaum vegan dan vegetarian, nutritional yeast ini dapat dikonsumsi sebagai sumber protein yang baik.

 

Apa Bedanya Dengan Ragi/Yeast Yang Lainnya?

Instant Yeast/Baker’s Yeast

Ragi yang digunakan untuk membuat roti ini bersifat aktif dan hidup. Ragi akan stop berkembang saat dipanggang dan menghasilkan rasa yang enak untuk roti.

Instant Yeast untuk roti

Brewer’s Yeast (Ragi Untuk Bir)

Ragi untuk membuat bir juga bersifat aktif dan digunakan untuk membuat bir. Pada proses membuat bir, ada ragi yang tersisa dan bisa dijadikan bahan untuk membuat nutritional yeast tapi rasanya pahit.

Brewer's Yeast untuk bir

Nutritional Yeast (nama Indonesia-nya belum ada ya)

Ragi ini sudah tidak aktif, dinon-aktifkan pada saat pembuatannya. Rasanya seperti keju dan bisa digunakan untuk memasak dan makanan lainnya.

Ada 2 tipe nutritional yeast di pasaran:

  • Fortified

         Fortified disini maksudnya adalah diperkuat dengan vitamin sintetis  untuk menambah nutrisi di dalamnya. Biasanya vitamin yang ditambahkan akan dicantumkan pada kemasan. 

  • Non fortified

Non fortified maksudnya adalah tidak mengandung vitamin sintesis tambahan. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya adalah yang secara alami berkembang saat fermentasi.

Apa Saja Manfaat Nutritional Yeast?

Nutritional Yeast memiliki banyak manfaat dalam kesehatan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat banyak dan bervariasi.

 

Nutritional Yeast Ini Mengandung Nutrisi Tinggi

Merupakan sumber protein, vitamin B dan mineral. Dalam satu sendok makan mengandung 2 gram protein. Bagi kaum vegan yang tidak makan daging, ini merupakan sumber protein yang luar biasa. Di dalamnya ada 9 asam amino yang penting.

Vitamin B adalah vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. SAtu sendok makan nutritional yeat mengandung 30 – 180% vitamin B.

Mengandung Mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh seperti zinc, selenium, manganese, dan lainnya yang membantu metabolisme, pertumbuhan dan sistim imun tubuh.

  • Membantu mengurangi stress
  • Membantu menurunkan kolesterol
  • Membantu pertumbuhan kulit, rambut, kuku, dan pencernaan
  • Membantu menurunkan gula darah
  • Membantu sistim imun tubuh

Bagaimana Cara Terbaik Mengkonsumi Nutritional Yeast?

Nutritional Yeast dapat dimakan begitu saja, langsung dikunyah dan ditelan. Tapi setelah tercampur dengan air ludah, ada kecenderungan dia bisa lengket mengenai langit-langit dan gigi. Tidak usah kuatir, cukup minum air dan bisa ditelan. Di dalam tubuh dia akan larut dengan mudah.

Selain itu, nutritional yeast juga dapat ditaburkan di atas salad, sup, bone broth, atau masakan lainnya seperti popcorn, kentang panggang dan lain-lain.

Dalam sehari, untuk 1 orang cukup mengkonsumsi 1 -2 sendok teh Nutritional Yeast.

Nutritional Yeast Seperti Apa Yang Harus Dibeli?

Pastikan untuk membeli nutritional yeast yang non GMO, non fortified tanpa vitamin sintetis.

Nutritional Yeast Non Fortified

Nutritional Yeast mengandung amino acid yang lengkap, vitamin B yang sangat lengkap, dan mineral yang juga lengkap seperti selenium, zinc, phospor.

Pengalaman Saya Mengkonsumsi Nutritional Yeast

Ini sangat serius! Sebelum saya rutin mengkonsumsi nutritional yeast, saya sering masuk angin, biasanya kalau di Indonesia, masuk angin kan dikerok ya?! Selain itu, siang/sore hari saya mudah lelah, badan sering terasa tidak fit.

Nutritional yeast yang banyak mengandung vitamin B ini jika dikonsumsi setiap hari akan bersifat akumulatif dan akan membuat tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Dalam seminggu setelah rutin konsumsi nutritional yeast ini, tidur saya lebih berkualitas, jarang sakit kepala, jarang merasa masuk angin, dan overall tubuh terasa lebih fit dan secara mental juga lebih baik.

Sampai sekarang saya masih rutin mengkonsumsi nutritional yeast setiap hari.

Silahkan dicoba! 🙂

 

 

shares