PENYAKIT HATI MASA KINI

Penyakit hati masa kini yang sering dibicarakan banyak kalangan adalah fatty liver. Ini terdengar tidak hanya di kaum lanjut usia tapi juga kaum muda milenial masa kini yang penampilannya keren-keren. Banyak yang menganggap itu adalah penyakit hati modern yang dialami oleh orang yang tinggal di kota. Kedengarannya keren ya penyakitnya dan pasti konotasinya karena terlalu makan makanan berlemak.

Sebutan lain untuk fatty liver adalah NAFLD (Non-alcoholic fatty liver disease) atau penyakit hati yang tidak disebabkan oleh minuman alcohol. Minum minuman beralkohol berlebihan memang dapat menyebabkan kerusakan organ hati dan menyebabkan banyak penyakit.

Banyak pertanyaan muncul seputar kata itu saat saya pertama kali mendengarnya. Teman saya yang pertama kali menceritakan bahwa dia terkena fatty liver dan harus minum obat sepanjang waktu dan tidak tahu sampai kapan. Setelah setahun kemudian saya bertemu dia, dia masih tetap minum obat untuk fatty livernya.

Saya jadi penasaran. Apa sih fatty liver itu sebenarnya? Apakah bisa disembuhkan? Apa penyebabnya? Apakah bisa dicegah sebelum terjadi? Bagaimana kita tahu kita memiliki fatty liver? Untuk saya sendiri, saya tidak suka kalau harus minum obat kimia selama beberapa waktu, apalagi kalau harus dalam jangka waktu lama atau harus seumur hidup.

Saya mulai mencari informasi dari berbagai sumber untuk tahu lebih dalam. Di bawah artikel saya sisipkan video yang menjelaskan tentang fatty liver dan penyembuhannya. Mari kita pelajari sama-sama untuk kebaikan kita semua.

APA ITU PENYAKIT HATI FATTY LIVER?

Fatty liver adalah nama yang diberikan karena kondisi organ hati yang sudah overload, lemak yang menumpuk sehingga sudah luber meluap keluar dan memenuhi bagian luar dari organ hati sehingga perut terlihat buncit.

Yup! Ciri yang paling mudah terlihat tanpa harus ke dokter atau rontgen adalah perut buncit. Ini yang pertama kali muncul dan terlihat. Kamu bisa saja kurus, tapi perutnya membuncit.

Satu hal yang perlu diluruskan. Perut buncit bukan pertanda makmur ya. Banyak orang yang sering menganggap tubuh gemuk, perut buncit adalah tanda/ciri kemakmuran atau ciri boss. Astaga! Isi perut buncit itu bukan uang loh! Jadi mulai rubah mindset kamu kalau punya pikiran seperti ini. Mau hidup sehat sampai tua kan?

PENYEBAB FATTY LIVER

Cerita sebentar ya. Pernah dengar makanan bernama foie gras? Makanan mahal ini adalah organ fatty liver dari angsa yang digiling. Makanan ini banyak diprotes oleh penyayang binatang karena proses pembuatannya yang kejam. Angsa-angsa tersebut diberikan makanan secara paksa lewat selang sehingga fatty liver terbentuk. Makanan apa sih yang diberikan secara paksa itu?

foie gras penyakit hati fatty liver

Sekarang coba kita pikirkan bersama. Apakah makanan yang diberikan itu makanan berlemak seperti mentega, daging berlemak, minyak? Seharusnya demikian dong? Kan livernya sampai menjadi berlemak, tentunya secara logika makanan yang diberikan secara paksa itu pasti makanan berlemak.

Salah besar! Makanan yang diberikan bukanlah makanan berlemak! Tapi….JAGUNG! Karena jagung sangat tinggi kandungan fruktosanya. Organ hati akan langsung merubah fruktosa tersebut menjadi trigliserid dan menyimpannya dalam liver.

Jadi ini juga yang terjadi pada manusia. Fatty liver terbentuk karena makanan yang mengandung banyak gula dan fruktosa secara terus menerus dan bertahun-tahun. Pembentukan fatty liver memerlukan waktu lama, bukan dalam hitungan bulan. Sirup, minuman soda, roti manis, jagung, jus buah, makanan yang terbuat dari tepung. 

Fatty liver pada manusia akan menyebabkan banyak penyakit lainnya mulai dari insulin resistance, diabetes tipe 2, kanker, kegagalan organ hati.

Gagalnya organ hati yang mengharuskan orang operasi transplan organ hati memang bsia disebabkan oleh minuman beralkohol juga atau hepatitis C, tapi fatty liver juga salah satu penyebab yang dapat menyebabkan kegagalan organ hati.

Penyebab fatty liver sendiri bukanlah lemak atau makanan berminyak atau makanan yang banyak mengandung lemak, tetap karbohidrat sederhana dan gula.

Sel organ hati dalam keadaan sehat dapat menerima makro nutrisi dan memprosesnya dengan baik. Seiring dengan berjalannya waktu dan konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tersebut akan menyebabkan terjadinya fatty liver.

Makanan yang menyumbang terbentuknya fatty liver adalah:

  • Gula
  • Sirup jagung (HFCS) yang banyak terdapat pada minuman/sirup kalengan/botolan
  • Jus buah
  • Agave yang terdiri dari 90% fruktosa

Saat gula dikonsumsi, hormone insulin akan meningkat untuk menurunkan gula darah.

Selain makanan, fatty liver juga disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan dan berkepanjangan.

BAGAIMANA TERJADINYA FATTY LIVER?

Fatty liver tidak terjadi dalam hitungan harian, mingguan, atau bulanan. Ini adalah penumpukan lemak yang terjadi bertahun-tahun dan terus menerus. Pola makan yang salah dan konsumsi gula dan karbohidrat berlebihan adalah penyebab utamanya.

Pertama kali perut akan membuncit akibat penumpukan lemak di area organ hati. Lemak yang menumpuk mulai tumpah ke sekitar organ hati sehingga membentuk perut buncit. Organ hati secara alami tidak bisa menyimpan lemak, lemak tempatnya di sel lemak.

perut buncit

Gejala lainnya baru akan terasa setelah fatty liver semakin memburuk keadaannya. Kelelahan yang sangat, lemah, sakit perut, sakit di pundak sebelah kanan, sakit kepala di bagian kanan.

Kalau ini dibiarkan terus menerus tanpa perbaikan gaya hidup, liver akan membentuk jaringan luka yang akhirnya menjadi cirrhosis. Fungsi hati yang seharusnya mendetoks apa yang masuk ke dalam tubuh menjadi tidak berjalan lagi.

Hormon kortisol (hormon stress) yang berlebihan tidak dapat keluar dari dalam tubuh dan juga hormon estrogen yang berlebihan. Organ hati liver berfungsi mengeluarkan hormone yang berlebihan dalam tubuh kita. Kalau fungsinya terganggu, tentunya akan terjadi penumpukan hormone yang berlebih.

Hormon estrogen yang berlebihan akan menyebabkan munculnya man-boob (payudara pada laki-laki), kanker yang berhubungan dengan organ reproduksi pada wanita, menstruasi yang tidak lancer atau terganggu.

Terganggunya fungsi liver akan mempengaruhi produksi cairan empedu. Dengan berkurangnya produksi cairan empedu, tubuh tidak dapat menyerap vitamin yang ada pada makanan : A, D, E, K. Selain itu, tubuh tidak dapat memproses lemak dan sisa buangan makanan.

SIAPA SAJA YANG BISA MENGALAMI FATTY LIVER?

Kalau kamu overweight, …

Kalau kamu punya gejala insulin resistance, …

Kalau kamu terdiagnosa diabetes tipe 2, …

Sudah dapat dipastikan, kamu mengalami fatty liver.

Mungkin kalian berpikir harus ke dokter untuk memastikan dengan biopsi atau dengan cek darah di lab. Tentu saja lebih baik memastikan ke dokter. Tapi dari beberapa gejala di atas sudah bisa dipastikan ada penumpukan lemak pada organ hati.

liver yang sehat
Liver yang sehat
fatty liver penyakit hati masa kini
Fatty Liver; penyakit hati masa kini

Masalahnya, fatty liver ini bisa saja berakumulasi tanpa ada gejala sama sekali untuk waktu yang cukup lama, sehingga sulit didiagnosa oleh dokter. Pada tes darah, bahkan tidak akan ada tanda-tanda kalian memiliki fatty liver ini. Mungkin nanti saat kerusakan pada liver sudah mencapai 80-90%, barulah tanda-tanda muncul pada tes darah bahwa Anda memiliki fatty liver.

Ini tentu bahaya sekali untuk kesehatan kita. Karena sel pada organ hati yang ditutupi lemak akan menjadi luka dan berakumulasi menjadi cirrhosis. Mungkin yang terasa malahan sendi-sendi yang sakit, arthritis, lelah yang berkepanjangan.

Pankreas tetap mengeluarkan insulin, tapi sel tubuh dan organ hati tidak dapat menerima insulin yang dihasilkan pancreas, sehingga liver tetap meminta insulin, dan pancreas akan menghasilkan lebih banyak insulin untuk tubuh. Yang terjadi adalah insulin akan dikeluarkan oleh pancreas lebih banyak lagi 5-7x.

Coba bayangkan kalau Anda sebagai orang tua memberitahu anak untuk menyelesaikan PR, tapi sang anak tidak mendengar dan terus bermain. Tentu sebagai orang tua, kita bisa menjadi kesal dan berteriak lebih keras lagi. Ini kondisinya mirip dengan organ hati yang tidak menerima insulin dan minta insulin lebih banyak lagi dari pancreas.

Dengan bertambahnya waktu, organ hati akan mengalami penumpukan lemak. Ini akan terlihat pada lingkar pinggang yang bertambah terus.

Tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti kalian tapi untuk membuka pikiran kalian supaya mau merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Fatty liver ini harus diperhatikan sejak awal karena dapat menyebabkan banyak penyakit lainnya.

Dari tadi mendengar kabar buruk tentang fatty liver ini, mari dengar kabar baiknya.

Hal baik tentang organ hati adalah…. sel pada organ hati masih bisa diperbaiki jika ada kerusakan, meskipun tidak instant ya, perlu waktu untuk memperbaiki organ hati yang rusak atau berlemak. Organ hati dapat ber-regenerasi menjadi sehat kembali jika pola makan dan makanan yang dikonsumsi diperbaiki. Tapi ini perlu waktu yang lama ya. Tidak instant!

Berapa lama waktu yang diperlukan? Setiap orang tentunya berbeda-beda kadar kerusakan dan penumpukan lemak pada fatty livernya. Dibutuhkan waktu 1-3 tahun untuk merubah fatty liver menjadi sehat kembali. Dengan catatan merubah makanan yang dikonsumsi dan pola makan juga dirubah dengan diet ketogenic dan intermittent fasting.

GEJALA FATTY LIVER YANG TERLIHAT DAN DAPAT DIRASAKAN

  • Perut membuncit di lingkar pinggang. Ada orang yang tubuhnya kurus tapi perutnya membuncit. Ini juga perlu diperhatikan. Tanda fatty liver yang mudah terlihat adalah lingkar pinggang yang mulai membuncit.
  • Naiknya kadar kolesterol dan trigliserid dalam darah.
  • Mudah dan sering kelelahan
  • Lingkar hitam di bawah mata
  • Masalah dengan kulit seperti jerawat, gatal-gatal, dan bercak coklat.
  • Mual
  • Masalah dengan pencernaan
  • Munculnya batu empedu
  • Sering sakit kepala
  • Alergi dan daya tahan tubuh menurun
  • Keringat berlebihan
  • Bau mulut
  • Lidah yang dilapisi lapisan putih
  • Mata yang memerah dan gatal

Tentu kamu bisa melakukan tes ke dokter dengan biopsi atau tes darah untuk memastikan bahwa kamu menderita fatty liver.

Namun, dengan gejala-gejala di atas sudah saatnya merubah pola makan dan gaya hidup kamu kan?

APAKAH BISA DISEMBUHKAN?

Sebenarnya tidak ada pil ataupun suntikan yang dapat menyembuhkan fatty liver. Cara satu-satunya untuk menyembuhkan hanyalah dengan memperbaiki pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Itu saja. Tentu hasilnya tidak akan instant, tapi nantinya fatty liver akan perlahan menghilang dan kamu menjadi sehat kembali.

Jadi untuk yang mengalami fatty liver ini ada kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya adalah penyakit ini bisa disembuhkan secara alami dengan merubah makanan yang dikonsumsi dan pola makan sehari-hari.

Kabar buruknya adalah perbaikan liver tidak dapat terjadi dengan cepat. Kebiasaan sehat yang baru perlu dijaga dan diteruskan selama 1-3 tahun untuk mendapatkan kembali organ hati yang sehat seperti semula.

MAKANAN YANG DISARANKAN UNTUK MEMPERBAIKI FATTY LIVER

Tentunya banyak orang akan berpikir untuk segera mengurangi asupan lemak pada makanan, jauhi makanan yang berminyak, mulai minum jus buah, atau konsumsi banyak buah-buahan. Ini semua tidak sepenuhnya benar.

Dua unsur yang membantu memperbaiki fatty liver adalah Methionine dan Choline. Riset  yang dilakukan pada tikus dengan memberikan mereka makanan yang tidak mengandung methionine dan choline membuktikan bahwa mereka mengalami fatty liver setelah beberapa saat. (1)

Choline adalah suplemen terbaik untuk penderita fatty liver. Choline dapat membantu menghancurkan lemak yang menumpuk pada organ hati.

Makanan yang mengandung Methionine:

  1. Daging sapi
  2. Daging ayam
  3. Daging babi
  4. Kacang-kacangan
  5. Ikan
  6. Telur

Makanan yang mengandung Choline:

  1. Kuning telur.
  2. Hati sapi, hati ayam, hati babi.
  3. Produk dairy grassfed seperti susu, keju yang sapinya diternak dengan makan rumput.
  4. Sayuran dari keluarga cruciferous seperti kale, brokoli, brussels sprouts, bokchoy.

Dalam memperbaiki fungsi liver yang terganggu karena penumpukan lemak ini tentunya kita ingin membuang semua toxin yang menumpuk pada organ hati dan kemudian membuang lemak yang menumpuk juga.

Untuk itu, diperlukan sayuran (cruciferous vegetables) yang banyak mengandung phytonutrients dan mengurangi asupan karbohidrat. Diet rendah karbohidrat ini atau diet Ketogenik dapat membantu membuang toxin yang menumpuk dan dikombinasi dengan Intermittent Fasting, lemak pada organ hati ini dapat dipakai sebagai energi.

sayur kale

Perlu dicatat diet rendah lemak akan menurunkan produksi cairan empedu. Kalau cairan empedu tidak cukup, maka akan sulit untuk mendetoks toxin yang sudah menumpuk pada organ hati.

Produksi cairan empedu akan meningkat dengan adanya asupan lemak jenuh yang berasal dari kuning telur, organ hati binatang, protein yang cukup dari daging.

SUPLEMEN UNTUK MEMBANTU FATTY LIVER

Suplemen yang boleh ditambahkan selain makanan di atas yang sudah dikonsumsi adalah choline dalam bentuk suplemen. Dosis yang disarankan adalah 300-500 mg per hari.

choline fatty liver penyakit hati

Suplemen Choline ini akan membantu mempercepat pengikisan lemak pada organ hati dan akan lebih baik lagi dilengkapi dengan vitamin B lainnya yaitu Nutritional Yeast.

Virgin Coconut Oil untuk membantu produksi cairan empedu. Cairan empedu yang cukup dapat membantu pengikisan lemak pada organ hati.

VCO penyakit hati

FATTY LIVER DAN INTERMITTENT FASTING

Meskipun kamu sudah memiliki gejala fatty liver sejak lama, bahkan bertahun-tahun sekalipun, jangan kuatir. Ini bisa disembuhkan dengan alami, permanen dan kondisi liver bisa kembali sehat seperti semula.

Dengan melakukan Intermittent Fasting (puasa berkala), tubuh akan mengambil energi dari lemak yang tersimpan pada organ hati. Pengikisan lemak pun mulai terjadi.

Lakukan puasa berkala secara bertahap mulai dari 16 jam, 18 jam, 20 jam sampai tubuh terbiasa untuk bisa melakukan 24 jam. Yang dimaksud disini adalah 16 jam tidak makan (berpuasa), sisanya dalam sehari ada 8 jam jendela makan saat kamu boleh makan. Perhatikan asupan makanannya. Kalau ingin lebih cepat sehat, lakukan diet ketogenic. Untuk lebih jelasnya, baca panduannya disini.

Dengan berpuasa, energi akan diambil dari lemak yang menumpuk pada liver. Lemak ini akan digunakan sebagai sumber energi. Perlahan tapi pasti, lemak pada organ hati akan dikikis.

FATTY LIVER DAN OLAHRAGA

Olahraga yang tepat untuk membantu  mengikis lemak pada fatty liver adalah High Intensity Interval Training dan berjalan kaki.

Olahraga membantu kontribusi pengikisan lemak dalam tubuh sebanyak 15%. Jadi sebanyak 85% adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan pola makan kita.

Dengan berolahraga, pembakaran lemak pada organ hati dapat terjadi, resistansi insulin yang selama ini terjadi dapat perlahan membaik, peradangan akan berkurang, fibrosis pada liver akan berkurang.

Olahraga apa yang tepat untuk fatty liver? Olahraga apa saja boleh. High intensity interval training, jalan kaki, angkat beban, low intensity,

PENGALAMAN SAYA MENYEMBUHKAN FATTY LIVER SECARA ALAMI

Saya sendiri tidak tahu saya menderita fatty liver. Perut saya dulu memang agak membesar, tapi saya masih berpikir itu karena kista atau karena makan karbohidrat. Konsumsi makan saya tidak pernah berlebihan, bahkan saya makannya cenderung sedikit. Tapi saya pernah mengalami kista di indung telur dan dioperasi. Setelah dioperasi pun, berat badan langsung naik padahal tidak makan banyak.

Saya memutuskan untuk memperbaiki kesehatan saya dengan merubah gaya hidup dan pola makan sekaligus. Saya minum jus kale setiap hari, diet ketosis dan intermittent fasting. Memang awalnya tidak mudah, tapi kalau dijalankan semuanya bisa kok. Semua saya lakukan tanpa obat-obatan dari dokter dan saya yakin sekali kesehatan saya jauh lebih baik sekarang dibanding dulu.

Semoga tulisan ini bisa membantu kalian yang mengalami hal yang sama ya.

shares