PENYEBAB JERAWAT

Apakah penyebab jerawat sesungguhnya? Kenapa sudah rajin cuci muka, rajin facial di salon, rajin memakai skincare tetapi jerawat tetap datang bertubi-tubi?

Ada yang menyalahkan makanan sebagai penyebab jerawat, atau mau menstruasi, atau sedang masa puber. Berbagai macam penyebab jerawat dicari, tapi seringkali datang lagi.

Berbagai solusi dicari mulai dari facial di salon kecantikan termahal dan terkenal sampai obat jerawat yang super manjur. Ada yang berhasil, ada yang malah kulitnya tambah rusak. Ada yang mencoba scrub muka dengan roller yang mahal, atau amplas muka dengan alat canggih tertentu.

Percayakah kamu bahwa kulit harus dirawat dari dalam? Pengobatan dari luar tidak akan membantu banyak. Kita harus membenarkan yang ada di dalam tubuh kita dulu barulah kulit kita akan terlihat indah, kinclong, dan bersih.

penyebab jerawat

Jerawat bisa timbul tidak hanya di muka, tapi juga di lengan atas, punggung, leher dan dada. Tentunya selain mengganggu penampilan juga mengganggu secara fisik karena kadang terasa sakit dan juga gatal. Dan bekasnya ada yang tetap tinggal sampai kita sudah menua.

Mari kita pelajari penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasinya secara alami dan cepat.

Sebaceous gland atau kelenjar minyak yang berada tepat di bawah kulit dan bertugas mengeluarkan minyak yang disebut sebum. Makanan yang kita makan dan ekosistim bakteri dalam pencernaan kita sangat menentukan keadaan kulit kita.

penyebab jerawat
Gambar diambil dari Wikipedia

Ada 5 unsur yang terkait dan menyebabkan terjadinya jerawat di permukaan kulit.

  1. Kelenjar minyak di bawah kulit membesar
  2. Pori-pori yang tersumbat kotoran
  3. Peradangan pada kulit
  4. Jaringan ekstra pada kulit
  5. Bakteri yang mengkonsumsi minyak dari kelenjar minyak

Perubahan hormon di dalam tubuh dapat menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit membesar dan produksinya lebih banyak dari biasanya. Lalu kadang ada kotoran yang menyumbat pori-pori, bakteri yang tidak baik mulai ikut mengkonsumsi minyak dan kotoran tersebut dan terjadi peradangan pada kulit yang disebut jerawat.

Kelenjar minyak sangat terpengaruh oleh hormon estrogen dan hormon androgen.

HORMON ANDROGEN

Hormon androgen adalah hormone yang terdapat pada laki-laki, tapi juga bisa muncul pada perempuan. Saat masa puber, hormon androgen ini bertambah banyak, Kelenjar keringat membesar, produksi minyak di bawah kulit bertambah, kulit mati bertambah dan kadang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, black head dan white head jadi bertambah banyak.

Bakteri yang berada pada lapisan kulit akan memakan minyak yang terdapat di bawah kulit. Bakteri ini akan menjadi bertambah subur dengan adanya makanan dan kadang menimbulkan bau dan peradangan.

Hormon androgen yang berlebih akan meningkatkan:

  1. Produksi minyak pada kelenjar minyak di bawah kulit
  2. Ukuran kelenjar minyak akan membesar
  3. Jaringan ekstra pada kulit akan bertambah

Bagaimana kita tahu hormon androgen yang meningkat dalam tubuh?

  1. Munculnya jerawat
muncul jerawat
  1. Rambut yang rontok, atau ada beberapa area yang botak (alopecia areata)
  1. Tumbuhnya rambut halus pada wajah
rambut halus pada wajah wanita
Gambar diambil dari Destination Skin

Tumbuhnya kumis tipis atau cambang tipis pada wanita menunjukkan hormon androgen meningkat.

  1. Suara yang lebih kasar/lebih rendah

Suara menjadi lebih kasar atau lebih rendah menyerupai suara laki-laki. Ini salah satu tanda hormon androgen meningkat.

Lalu pertanyaannya adalah…. Apa yang menyebabkan hormone androgen meningkat?

Beberapa faktor yang menyebabkan hormone androgen meningkat:

  1. Kondisi PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome)

Penyebab PCOS adalah tingginya hormone insulin atau kondisi resistansi insulin. Dengan memperbaiki sesnsitifitas insulin, PCOS akan sembuh dan jerawat akan hilang.

  • Enzim yang menyebabkan hormon testosterone berubah menjadi DHT. APa yang menyebabkan terjadinya perubahan ini? Kurangnya vitamin A, B5, dan Zinc dapat menyebabkan ini.

HORMON ESTROGEN

Beberapa penyebab hormon estrogen dapat meningkat:

  1. Fatty liver, gangguan pada organ hati, munculnya jaringan luka pada hati yang akhirnya dapat menjadi cirrhosis
  2. Obat tekanan darah tinggi
  3. Obat antibiotiK
  4. Alkohol
  5. Obat lambung
  6. Obat anti depresi
  7. Konsumsi beberapa makanan tertentu yang bersifat estrogenik seperti tahu, tempe, susu kacang kedelai, dan produk turunan kedelai lainnya.

CEK APAKAH TUBUH KITA BERMASALAH

Ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab untuk mengetahui apakah tubuh kalian bermasalah dan menjadi penyebab jerawat muncul.

  1. SEBERAPA SERING KALIAN BAB?

Kalau kalian BAB setiap hari, itu berarti aman. Kalau kalian BAB 2-3 hari sekali atau bahkan seminggu hanya sekali, lampu merah akan menyala. Itu artinya banyak toxin yang tidak keluar dari dalam tubuh.

Pembuangan yang lancar akan membantu membersihkan toxin dari dalam tubuh dan sisa

  1. APA KALIAN SERING MERASA KEMBUNG/MUAL SETELAH MAKAN?

Kalau kalian sering kembung atau mual setelah makan atau tanpa makan pun bisa kembung, itu tanda bahwa ekosistem bakteri dalam tubuh tidak cukup baik. Bakteri yang baik kalah dengan bakteri yang tidak baik dalam pencernaan kalian.

perut kembung
  1. APAKAH KALIAN SERING KONSUMSI ANTIBIOTIK?

Sering konsumsi obat antibiotik akan menyebabkan kerusakan ekosistim bakteri dalam pencernaan dan menyebabkan leaky gut. Ini akan mengakibatkan berbagai macam penyakit kulit seperti jerawat, alergi, eksim, dan banyak penyakit lainnya.

Tiga pertanyaan di atas akan menuntun kalian untuk mulai memperbaiki asupan makanan dan pola makan supaya penyembuhan mulai terjadi.

MAKANAN PENYEBAB JERAWAT

Apakah ada makanan penyebab jerawat yang harus dihindari? Banyak orang akan menyebut coklat, kacang, telur. Apakah betul? Mari kita pelajari.

Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat.

  1. Karbohidrat

Makanan yang terbuat dari karbohidrat seperti roti, croissant, pasta, serela, cracker, bakmi, bihun. Makanan ini menyebabkan naiknya hormon insulin dengan cepat, apabila terus menerus dapat menimbulkan resistansi insulin.

Resistansi insulin dapat meningkatkan hormon androgen menjadi lebih aktif dan otomatis menyebabkan timbulnya jerawat. Kelenjar minyak akan membesar dan sel kulit tumbuh lebih cepat. Perbaiki kondisi resistansi insulin segera dengan memperbaiki pola makan.

  1. Makanan manis

Di jaman modern banyak sekali pilihan dessert makanan manis mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Martabak, roti manis, bubble tea, kopi gula aren, dan berbagai makanan kekinian yang sangat digemari anak muda.

makanan manis penyebab jerawat

Perhatikan teman kalian yang lebih sering makan makanan seperti ini, resiko jerawat tumbuh akan naik hingga 30%. Kurangi konsumsi makanan manis selama seminggu untuk tes apakah jerawat berkurang atau tidak.

  1. Produk olahan dari susu sapi

Susu mengandung gula. Produk olahan dari susu seperti es krim, yogurt dan lainnya banyak memiliki tambahan gula dan bahan kimia lainnya sehingga tidak baik untuk kesehatan pencernaan kita, dan akhirnya mengakibatkan jerawat muncul. Hindari susu dan produk olahan dari susu yang mengandung gula.

  1. Makanan dari fast food restoran

Makanan fast food seperti burger, kentang goreng, nugget, soda, milkshake, olahan ayam negeri seperti ayam geprek dan lainnya melalui banyak proses yang memakai bahan pengawet, perasa tambahan, dan karbohidrat tinggi.

fast food
  1. Coklat karena mengandung gula

Coklatnya tidak salah, tapi gula yang terkandung dalam coklat ini yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jadi sebaiknya dihindari, apalagi coklat yang manis.

  1. Protein whey

Protein whey mengandung asam amino yang meningkatkan hormon insulin lebih cepat sehingga menyebabkan resistansi insulin. Dengan resistansi insulin, hormone androgen dan hormon estrogen akan lebih aktif dan menimbulkan jerawat.

whey protein
  1. Buah kering

Buah kering banyak mengandung gula untuk proses pengawetan dan pengeringannya. Kandungan gula yang tinggi dari buahnya sendiri dan gulanya akan menyebabkan bakteri tidak baik dalam sistim pencernaan berkembang dengan pesat dan tentu tidak baik untuk kesehatan kulit.

  1. Jus buah cold pressed

Jus buah kekinian yang banyak dijual di mal memang terlihat menarik dan terkesan sehat. Tapi jus buah ini banyak mengandung gula dari buah-buahan yang dipakai. Jus buah cold pressed ini sudah tidak mengandung serat sehingga tidak baik untuk pencernaan kita. Gula dari buah berupa fruktosa akan menghambat kerja organ hati.

cold pressed juice
  1. Minuman beralkohol

Alkohol menyebabkan hormon estrogen meningkat. Selain itu juga akan berakibat tidak baik untuk organ hati. Jadi sebaiknya dihindari.

soju
  1. Lemak trans: margarin, minyak kelapa sawit dan berbagai produk makanan yang mengandung lemak trans ini.

Perhatikan label makanan yang kalian beli, hindari makanan yang mengandung lemak trans ini. Selain dapat menyumbat pembuluh darah, juga dapat menyebabkan banyak peradangan dan memperparah jerawat.

  1. Udang dan lobster

Udang dan lobster memiliki kandungan yodium yang tinggi. Kandungan yodium yang tinggi menyebabkan jerawat semakin meradang.

PENGOBATAN JERAWAT SECARA ALAMI

  1. MULAI KONSUMSI SAYURAN HIJAU (CRUCIFEROUS VEGETABLES) ATAU DIM

Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli, kale, lettuce, bokchoy, kalian, kembang kol. Sayuran jenis ini adalah sayuran dari keluarga cruciferous.

sayuran hijau

Dengan banyak konsumsi sayuran cruciferous ini akan membantu organ hati mengeluarkan toxin dari dalam tubuh.

  1. RUBAH POLA MAKAN DENGAN INTERMITTENT FASTING

Lakukan intermittent fasting (diet puasa) untuk memberikan sistim pencernaan kita waktu beristirahat dengan regenerasi sel tubuh. Jangan takut dengan kata puasa karena puasa bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

  1. RAJIN KONSUMSI PROBIOTIK

Konsumsi probiotik seperti kombucha, kimchi, kefir akan membantu pertumbuhan bakteri baik dalam sistim pencernaan kita sehingga dapat melawan bakteri jahat. Selain itu, probiotik dapat membantu memperbaiki leaky gut. Coba kalian yang suka nonton drakor, orang Korea suka makan kimchi untuk kesehatan pencernaannya, kulitnya bagus-bagus kan?

Kombucha
Kombucha
  1. MENCUCI MUKA SAAT KOTOR

Kalau sering berada di luar rumah, kena debu, kotoran, berkeringat, bawalah sabun cuci muka. Tidak perlu setiap 5 menit mencuci muka, tapi kalau sudah kotor sebaiknya dicuci. Terlalu sering mencuci muka juga tidak baik karena akan menyebabkan kulit menjadi kering. Tapi kalau sudah terlalu kotor, jangan lupa untuk mencuci muka.

cuci muka
  1. KONSUMSI VITAMIN A DAN E

Vitamin A bisa didapat dari suplemen Cod Liver Oil atau makan telur, hati sapi, hati ayam, hati babi. Vitamin A dapat membantu mencegah jerawat baru timbul.

Sedangkan vitamin E akan membantu penyembuhan jerawat dan mencegah timbulnya luka atau bekas jerawat pada kulit.

Boleh tambahkan suplemen vitamin A dan E sehari-hari.

  1. KURANGI STRESS

Kurangi menonton acara TV yang membuat stress. Belajar bermeditasi. Hidup manusia tidak luput dari masalah, jadi kita hanya perlu menyiapkan diri untuk lebih kuat menghadapi masalah.

Suplemen yang dapat membantu dalam menghadapi stress adalah Nutritional Yeast.

nutritional yeast
Nutritional Yeast
  1. BIASAKAN MINUM APPLE CIDER VINEGAR

Biasakan minum apple cider vinegar setiap pagi setelah bangun tidur. Cukup 1 sendok makan untuk 1 gelas air 200-250 cc.

cuka apel mengobati asam lambung

Apple Cider Vinegar (ACV) dapat membantu keseimbangan bakteri baik dalam sistim pencernaan dan menjaga keasaman lambung.

Sekarang mulailah hidup sehat dan jaga kesehatan pencernaan dengan mengatur pola makan dan makanan yang kita konsumsi. Silahkan bagikan ke teman yang memerlukan artikel ini.

shares