Manfaat Apple Cider Vinegar untuk Kesehatan

 

Pasti banyak juga yang sudah dengar bahwa cuka apel/Apple Cider Vinegar ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, tapi mungkin belum tahu detilnya, belum pernah mencoba atau bahkan belum tahu bahwa Apple Cider Vinegar itu bemanfaat untuk kesehatan.

Mari kita bahas Apple Cider Vinegar dan manfaatnya terutama untuk kesehatan dan kelangsingan tubuh. Oya?? Untuk melangsingkan? Iya loh! Sudah banyak yang mencoba botol berisi cairan bau asem ini dan banyak juga yang jadi langsing cantik secara alami.

apple cider vinegar for weight loss

Bagaimana caranya kok bisa?

Ini adalah minuman yang sifatnya berfungsi sebagai supplemen dalam proses penurunan berat badan, jadi bukan yang utama. Tentunya kembali lagi, faktor utama penentu dalam penurunan berat badan ya pola makan dan gaya hidup sehat lengkap dengan olahraga.

Apple Cider Vinegar/Cuka Apel adalah minuman yang dibuat dari fermentasi buah apel yang cairannya setelah melalui proses fermentasi ini mengandung banyak sekali enzim yang dibutuhkan oleh pencernaan kita.

 

Apple Cider Vinegar bukan hanya bisa dipakai untuk melangsingkan. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan bantuan Apple Cider Vinegar dalam diet kita sehari-hari:

Acid Reflux

Perut yang suka kembung, mengeluarkan gas berlebih sampai terasa mual atau bahkan sakit sampai ke ulu hati.

Acne

Pengobatan jerawat yang paling baik selalu dimulai dari dalam tubuh. Apple Cider Vinegar boleh diminum, ataupun dioleskan ke bagian yang berjerawat. Tentunya untuk olesan, cuka apel sebaiknya dicampur dengan air sedikit.

Gout (Asam urat)

Konsumsi apple cider vinegar setiap hari rutin teratur akan membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebihan.

Masih banyak penyakit lain yang terbantu jika kita rajin mengkonsumsi Apple Cider Vinegar.

 

Cara Mengkonsumsi Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar TIDAK boleh dikonsumsi begitu saja, tanpa campuran apapun. Larutan yang terlalu asam bisa merusak tenggorokan, membuat saluran tenggorokan jadi iritasi.

Apple Cider Vinegar bisa dicampur dengan air atau minuman lain seperti jus cranberry, jus apel, atau jus lainnya.

Untuk menambah rasa enak, atau mengurangi bau asamnya, boleh tambahkan madu atau stevia, atau blackstrap molasses powder.

Apple Cider Vinegar yang bagaimana yang harus dibeli?

 

apple cider vinegar

Kalau kita ke supermarket, pasti akan ketemu berbagai macam jenis cuka apel di raknya. Nah, jenis yang seperti apa yang bagus untuk dibeli?

1. Apple Cider Vinegar harus berwarna coklat muda keruh.

Warna dari Apple Cider Vinegar ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi apel yang difermentasi pada saat itu. Tapi kebanyakan warnanya adalah coklat muda keruh.

2. Ada endapan di dasar botol. Endapan ini disebut ‘the mother’ yang justru bersifat menyembuhkan. Di dalam endapan ini banyak tersimpan enzim dan mineral

3. Organic dan Unfiltered. Apel yang dipakai dalam pembuatan Apple Cider Vinegar ini harus organik dan setelah difermentasi, tidak disaring.

Memang sampai saat ini, Apple Cider Vinegar yang terbaik tetaplah merk Bragg. Tersedia dalam botol besar (946 ml) dan sedang (473 ml). Bisa diperoleh di supermarket seperti Ranch Market, Food Hall, atau toko-toko kesehatan lainnya.

apple cider vinegar

Penyimpanan Apple Cider Vinegar tidak perlu di dalam kulkas, cukup di suhu ruangan saja. Sebelum konsumsi, botol dikocok terlebih dulu. Masa kadaluarsa Apple Cider Vinegar ini sangatlah lama, karena apple sudah difermentasi.

Pertama kali mengkonsums Apple Cider Vinegar ini mungkin terasa aneh, bau asem, ataupun berbagai alasan lainnya. Tapi, jika kebiasaan sehat ini dipertahankan, nanti tidak lagi terasa tidak enak ataupun bau, malah terasa tubuh lebih sehat dan lebih fit dari sebelumnya.

Berikut ini saya tuliskan resep yang biasa saya pakai untuk konsumsi Apple Cider Vinegar.

Resep dengan Apple Cider Vinegar

2 sendok makan Apple Cider Vinegar

1 sdm madu

1 sdm air lemon

1 sdm jus Cranberry (optional) atau Blueberry atau Apricot

1 gelas air putih

Diaduk sampai rata, langsung diminum,

Minuman ini sebaiknya dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur dengan perut kosong atau kalau siang mau konsumsi lagi, minum 1/2 jam sebelum makan siang.

Dengan keadaan perut kosong, enzim akan lebih mudah dicerna dinding usus kita.

flat belly