Bau mulut dari mana sih? Apakah dari makanan yang kita makan, dari gigi, dari perut?

Jawabannya bisa macam-macam. Kadang kita makan makanan tertentu yang menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, petai, jengkol, atau durian. Bau mulut juga bisa berasal dari rokok yang dihisap, atau bahkan pencernaan yang tidak baik.

Tapi yang jelas penyebab utama dari bakteri yang terdapat dalam mulut kita.

Oil Pulling – Kumur Mulut Dengan Minyak

Cara ini sudah dipakai sebagai pengobatan oleh masyarakat tradisional Indian untuk memutihkan gigi, menyegarkan mulut dan meningkatkan kesehatan mulut.

Minyak yang digunakan adalah minyak kelapa dan sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

Meskipun belum ada riset yang lebih mendalam, banyak orang mengklaim bahwa giginya bisa lebih terlihat bersih dan putih setelah melakukan oil pulling beberapa lama.

bau mulut

Bakteri Dalam Mulut

Bakteri utama yang terdapat dalam mulut adalah Streptococcus mutans yang berperan dalam pembentukan plak dan kerusakan gigi.

Sebuah studi dilakukan terhadap 60 orang dewasa yang menunjukkan bahwa kumur dengan VCO selama 10 menit setiap hari selama 2 minggu dapat mengurangi bakteri S. mutans dalam air liur. (1)

Bagaimana Caranya?

Ambil satu sendok makan minyak kelapa, masukkan ke dalam mulut, kumur-kumur selama 15-20 menit. Dengan melakukan ini, bakteri jahat dalam mulut akan berkurang.

Di dalam mulut kita ada ratusan jenis bakteri, ada bakteri baik, dan ada juga bakteri jahat. Kalau terdapat lebih banyak bakteri jahat dalam mulut, ini akan menciptakan lapisan tipis pada gigi yang disebut plak.

Tentunya wajar bila ada sedikit plak pada gigi, tapi kalau jumlahnya berlebihan, ini akan membawa masalah baru seperti bau mulut, radang gusi, gingivitis, dan lubang pada gigi.

Manfaat Oil Pulling

  1. Mengurangi Bakteri Tidak Baik Dalam Mulut

Dengan berkurangnya bakteri dalam mulut tentu akan meningkatkan kebersihan mulut dan mencegah berbagai kerusakan gigi.

  1. Mengurangi Bau Mulut

Banyak orang mengalami bau mulut yang dikenal dengan nama halitosis. Memang banyak penyebab bau mulut,

  1. Mencegah Kerusakan Gigi

  1. Mengurangi Radang Gusi dan Meningkatkan Kesehatan Gusi

Step by Step Menghilangkan Bau Mulut (Oil Pulling)

Cukup gunakan 1 sendok makan Virgin Coconut Oil, kumur seputar mulut, bakterinya akan tersapu dan ikut dalam minyak tersebut.

bau mulut

Sebenarnya oil pulling ini bisa dilakukan dengan minyak lain tapi minyak yang paling baik digunakan adalah extra virgin coconut oil karena ada aroma harum dari kelapa.

Selain itu extra virgin coconut oil mengandung asam laurat yang bersifat anti bakteri. (2). Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Masih ada lagi manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui.

Step by Step Oil Pulling:

  1. Ambil 1 sendok makan minyak, VCO, minyak wijen, atau minyak zaitun.
  2. Kumur di dalam mulut selama 15-20 menit, jangan sampai ditelan.
  3. Setelah selesai berkumur, buang ke kantong sampah.
  4. Bilas mulut dengan air sebelum makan atau minum yang lain.
  5. Lakukan beberapa kali dalam seminggu, 3x dalam sehari paling banyak.

Catatan:

Kalau 15-20 menit dirasa terlalu lama, mulailah dengan kumur hanya 5 menit, pelan-pelan biasakan dengan menambah durasinya sampai bisa mencapai 15-20 menit.

Untuk hasil terbaik, lakukan di pagi hari pada saat perut kosong.

shares