Collagen adalah protein yang sangat penting yang diperlukan tubuh kita. Dia mempunyai banyak peranan penting untuk kulit, rambut, dan tulang. Manfaat collagen untuk kesehatan ternyata banyak dan kita perlu mengetahuinya makanan apa saja yang dapat membantu produksi collagen dalam tubuh.

Sekarang ini banyak orang mulai menambahkan suplemen collagen dalam diet mereka. Collagen dipercaya dapat mengatasi keriput dan penuaan dini. Collagen juga dianggap bermanfaat untuk kesehatan kuku, rambut, dan kulit. Bahkan banyak produsen shampo dan body lotion menggunakan collagen sebagai bahan pembuatannya.

Akhir-akhir ini bahkan banyak yang menyebut collagen sebagai salah satu mineral yang penting untuk menjaga supaya kita tetap awet muda.

Mari kita pelajari lebih jauh mengenai collagen, tipenya, dan manfaatnya untuk kesehatan, serta makanan apa saja yang mengandung collagen.

 Apa itu Collagen?

Collagen adalah protein yang terdapat dalam tubuh dan membentuk tulang, kulit, otot, urat, dan ligamen tubuh kita. Bahkan collagen dapat ditemukan dalam saluran darah, kornea mata, kuku, gigi, dan sistim pencernaan kita.

Collagen bersifat seperti perekat yang menyatukan semuanya. Dalam Bahasa Yunanyi, kata “kola” berarti lem.

Collagen merupakan struktur pembentuk dalam tubuh kita dan terdapat dalam banyak jaringan tubuh.

manfaat collagen

Tipe-tipe Collagen

Collagen memiliki berbagai macam tipe. Yang utama ada 4 jenis yaitu disebut tipe I, II, III, IV, dan V. (1)

Tipe I

Tipe I ini adalah tipe yang terbanyak membentuk kulit, tulang, tendon, pembuluh darah, jaringan, dan gigi. Collagen tipe I ini terbuat dari serat yang sangat padat.

Tipe II

Tipe II memiliki serat yang lebih sedikit dan banyak ditemukan pada persendian tubuh dan tulang rawan.

Tipe III

Tipe III terdapat pada otot, organ tubuh, dan arteri.

Tipe IV

Tipe IV ini membantu penyaringan toxin dari luar tubuh dan banyak ditemukan pada lapisan kulit kita.

Semakin bertambahnya umur kita, dimulai dari sekitar usia 35 tahun, produksi dan elastisitas collagen akan semakin menurun. Saat usia sudah mencapai 40 tahun, collagen lebih cepat berkurang. Ini bisa terlihat pada kulit yang semakin kendur dan tidak sekencang seperti waktu masih muda.

Tipe V

Tipe V banyak ditemukan pada permukaan sel, plasenta, dan rambut.

Manfaat Collagen Untuk Kesehatan

Manfaat Collagen untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Mari kita lihat satu per satu:

1. Menjaga sistim pencernaan

Dengan adanya collagen yang cukup, sistim pencernaan akan terjaga dengan baik, sehingga terhindar dari bahaya leaky gut.

Dinding sistim pencernaan kita terdiri dari lapisan yang terbentuk dari collagen. Asam amino dalam collagen menjaga supaya tidak terjadi kebocoran pada sel dan jaringannya.

sistim pencernaan manfaat collagen

2. Menunjang kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

Collagen yang cukup dapat membantu menunjang kesehatan rambut, kuku, dan kulit sehingga tampak subur, sehat, bercahaya, dan elastis.

Perhatikan kondisi rambut, kulit, dan kuku kamu. Kalau mulai terjadi banyak keriput pada kulit, kerontokan pada rambut, atau kuku yang mudah patah, kemungkinan itu tanda collagen mulai berkurang.

Rambut menjadi menipis, kering, dan kasar. Kuku bisa mudah pecah, patah.

rambut kulit kuku sehat manfaat collagen

Collagen sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Bahkan dengan menambah suplemen collagen dalam makanan sehari-hari, stretch mark dan selulit dapat berkurang loh. Dengan semakin kendurnya kulit, selulit akan lebih mudah terlihat dengan jelas. Collagen membantu mengencangkan dan menghaluskan, seperti setrika baju. 😀

3. Menjaga persendian tubuh

Dengan adanya collagen yang cukup, persendian akan terjaga dengan baik. Analoginya seperti oli pada mobil. Collagen akan membantu gerakan pada persendian jadi lebih mudah. Kalau collagen berkurang, gerakan pada persendian jadi kaku, bengkak atau bahkan sakit, sehingga pergerakan kita terganggu.

Collagen mengandung asam amino alycine dan proline, yang dapat mendukung pergerakan dan kesehatan sendi.

persendian

4. Membantu menjaga berat tubuh yang seimbang

Collagen dapat membantu menjaga berat tubuh tetap seimbang. Glycine, asam amino yang terdapat pada collagen membentuk otot dengan mengubah gula darah menjadi energi. Dengan bertambah banyaknya jaringan otot dapat membantu meningkatkan metabolism tubuh karena otot dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Collagen membantu merubah tubuh menjadi mesin pembakar lemak, terutama saat tidur. Dan dengan mengkonsumsi collagen, rasa kenyang lebih cepat muncul setelah makan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat dan kuat terjaga dengan adanya produksi collagen yang berkecukupan.

Dengan adanya proline di dalam collagen, penumpukan lemak pada arteri dapat dihindari. Penumpukan lemak pada arteri dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah dan pengerasan pembuluh darah.

6. Membantu menunjang kesehatan tulang

Tulang juga akan terbentuk dengan baik dan kuat dengan adanya collagen yang cukup.Kalsium bukan komponen satu-satunya yang menentukan kesehatan tulang. Sepertiga dari struktur tulang kita terdiri dari collagen yang memberikan kelenturan pada tulang.

Dengan konsumsi supplemen collagen, kandungan mineral dalam tulang juga akan bertambah. Bahkan osteoporosis dapat membaik kalau penderitanya mengkonsumsi kolagen hidrolisat. (2)

manfaat collagen

7. Menjaga Fungsi Liver

Salah satu manfaat collagen adalah membantu menjaga fungsi liver dengan baik sehingga pembuangan racun dalam tubuh menjadi lancar. (3)

Pembuangan racun dari dalam tubuh terjadi di liver. Glycine yang ada di kolagen dapat membantu kesehatan liver sehingga proses detox lebih lancer. Glycine juga dapat membantu tidur menjadi lebih lelap.

Sekarang kita sudah tahu manfaat collagen, mari kita lihat apa saja sumber makanan yang mengandung collagen.

manfaat collagen

Sumber Makanan Yang Mengandung Collagen

Collagen ditemukan pada jaringan tubuh binatang, misalnya daging ayam dan kulit babi.

Sumber collagen terbanyak yang bisa kita dapatkan ada di bone broth, kaldu tulang (ayam, sapi, ikan, babi) yang dimasak perlahan selama 24-48 jam.

Pernah dengar kata gelatin? Gelatin adalah collagen yang sudah dimasak, dan mengandung asam amino yang sangat tinggi.

Bone broth, gelatin, kulit ayam, kulit sapi, dan kulit babi memiliki kandungan collagen yang sangat tinggi.

Cara Membuat Bone Broth dan Manfaatnya dapat dilihat disini. (link)

Makanan Yang Dapat Membantu Tubuh Memproduksi Collagen:

1. Bone Broth

Sekarang ini bone broth sangat populer di kalangan pencinta hidup sehat. Dengan memasak tulang ayam, sapi, babi, atau ikan selama 24 jam atau lebih akan mengeluarkan kolagen dari dalam tulang-tulang tersebut.

Manfaat bone broth ini segudang dan sangat baik untuk kesehatan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Gunakan slow cooker atau pressure cooker serta Apple Cider Vinegar untuk mengambil lebih banyak mineral dari dalam tulang. Resep yang paling sederhana bisa dilihat disini.

bone broth

2. Daging Ayam

Banyak suplemen kolagen menggunakan ayam sebagai bahan bakunya. Ayam memang merupakan sumber kolagen yang sangat banyak. (3)

ayam manfaat collagen

3. Ikan

Ikan memiliki tulang yang terbuat dari kolagen. Ikan memiliki jenis collagen yang disebut marine collagen berasal dari laut dan sangat mudah diserap tubuh kita.

Sumber kolagen pada ikan justru terdapat pada tulang dan kulitnya dan bukan pada dagingnya. (4)

ikan

4. Putih Telur

Telur tidak mengandung kolagen, tapi di dalamnya ada asam amino yang sangat diperlukan dalam produksi kolagen dalam tubuh, yaitu proline. (5)

telur

Selain putih telur, konsumsi juga kuning telurnya ya, karena kuning telur mengandung banyak vitamin di dalamnya.

5. Buah dari keluarga jeruk (Citrus)

Di dalam jeruk terdapat banyak vitamin C yang sangat membantu produksi kolagen dalam tubuh kita.

Buah-buahan dari keluarga jeruk seperti orange, lemon, grapefruit, jeruk nipis sangat tinggi kandungan vitamin C nya.

6. Berry

Selain keluarga jeruk, keluarga berry juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Contohnya buah strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry.

Selain ini keluarga berry ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan dapat melindungi kulit dari kerusakan.

berries manfaat collagen

7. Buah-buahan tropis tertentu

Beruntunglah kita sebagai orang Indonesia karena banyak buah-buahan tropis di sini yang mudah didapatkan dan murah harganya. Buah-buah tropis ini mengandung banyak vitamin C, contohnya mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji (guava). Jambu biji (guava) juga mengandung mineral zinc yang membantu produksi kolagen.

8. Bawang Putih

Barang putih mengandung banyak sulfur yang sangat membantu dalam produksi kolagen dalam tubuh. Memang kandungannya tidaklah banyak tapi lumayan untuk membantu menjaga kebutuhan kolagen dalam tubuh.

9. Sayuran hijau

Sayuran hijau memanglah salah satu jenis makanan sehat. Sayuran hijau mengandung klorofil dan bersifat antioksidan. Klorofil sangat membantu dalam produksi kolagen untuk kulit kita.

sayuran hijau

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung mineral yang penting untuk produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses sintesa kolagen.

11. Tomat

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, tomat juga mengandung lycopene yang membantu kesehatan kulit. (6)

12. Paprika

Paprika juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan juga capsaicin, yang dipercaya dapat mengatasi penuaan dini.

paprika

Makanan Yang Merusak Collagen Dalam Tubuh

Setelah mengenal beberapa jenis makanan yang dapat menunjang produksi collagen, ada hal lain yang perlu kamu ketahui. Ternyata ada makanan yang dapat merusak kandungan collagen dalam tubuh kita.

Ini penting untuk diketahui. Setelah konsumsi makanan yang mengandung collagen, kalau kita juga mengkonsumsi makanan yang merusak collagen, sama saja bohong dong.

Selain makanan, juga ada kebiasaan yang dapat merusak kandungan Collagen dalam tubuh kita. Mari diperhatikan.

1. Gula dan Karbohidrat

Gula dapat mengganggu pembentukan collagen dalam tubuh. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat yang diproses tinggi seperti tepung dan makanan yang dibuat dari 2 jenis bahan tersebut. (7)

gula dan karbohidrat

2. Berjemur Terlalu Lama

Berjemur memang baik untuk menambah vitamin D dalam tubuh kita, tapi kalau terlalu lama dan terlalu sering akan menyebabkan collagen dalam tubuh berkurang. (8)

3. Merokok

Merokok dapat mengurangi produksi collagen dalam tubuh. Kandungan dalam rokok menghambat penyembuhan luka pada kulit dan menyebabkan keriput lebih cepat. (9)

merokok

4. Penyakit Autoimun

Beberapa jenis penyakit autoimun dapat menyebabkan kerusakan collagen dalam tubuh. Contohnya penyakit Lupus.

Hindari konsumsi gula dan karbohidrat berlebihan, paparan sinar matahari berlebihan atau kebiasaan merokok yang terlalu banyak. Dengan demikian, produksi collagen dalam tubuh tidak terganggu.

Suplemen Collagen

Sekarang ini banyak dijual suplemen collagen yang dapat dibeli dan dikonsumsi untuk menambah kandungan collagen dalam tubuh kita.

Tentunya suplemen Collagen ini akan sangat membantu, karena tidak setiap hari kita bisa makan makanan yang mengandung collagen secara lengkap sekaligus kan?

suplemen collagen

Suplemen Collagen ini dapat membantu dalam:

1. Pembentukan otot

Untuk yang senang berolahraga di gym, yang ingin membentuk otot dengan cepat, pasti pernah mendengar suplemen collagen peptide yang membantu dalam latihan beban. (10)

Biasanya suplemen collagen peptide ini berupa bubuk dan dapat dilarutkan dalam jus sayur atau smoothies.

2. Mengurangi Nyeri Arthritis

Konsumsi suplemen collagen secara teratur bahkan dapat mengurangi rasa sakit yang diderita pada pasien arthritis. (11)

3. Menambah Kekenyalan kulit

Kalau kamu rajin mengkonsumsi suplemen collagen, kulit akan terlihat lebih kenyal. Pemakaian collagen juga bisa secara topical untuk mengurangi kerutan pada muka. (12)

Kesimpulan

Manfaat collagen ternyata tidak hanya untuk elastisitas kulit, tapi juga dapat membantu persendian, otot, dan juga pencernaan. Sekarang kamu sudah tahu manfaat collagen dan juga makanan pendukung dan perusak collagen.

Tentunya tidak semua jenis makanan pendukung collagen yang disebutkan di atas dapat kita konsumsi setiap hari secara lengkap. Kalau kamu ingin menambahkan suplemen collagen dalam daftar suplemen, tentu saja boleh.

Kalau kamu suka artikel ini, bagikan ke teman-teman kamu ya.

shares