10 Benda Penting yang Harus Dimiliki Di Dalam Dapurmu

Untuk ibu-ibu muda yang baru saja memiliki rumah baru, apartemen baru, atau masih tinggal di TMI (Taman Mertua Indah) atau ibu-ibu yang ingin mulai belajar cooking or baking, saya ingin share pengalaman saya disini. Dulu waktu saya mulai mau masak-masak dan baking-baking di rumah, ya beli perangkatnya satu per satu. Kadang saat proses masak, eh… malah ketinggalan ga punya alat yang sedang diperlukan saat itu. Akhirnya kadang jadi batal masaknya atau bakingnya.

10 Benda Penting Yang Harus Dimiliki di Dapur

 

Memasak makanan sendiri di rumah banyak keuntungannya. Selain lebih hemat, juga lebih sehat dan higenis. Semua bahan kita yang beli dan persiapkan sendiri, dan tentunya kita juga yang menentukan mau beli jenis bahan yang seperti apa. Sudah pasti keluarga akan lebih sehat ketimbang makan di luar terus menerus kan?

Tapi tentu harus ada biaya yang dikeluarkan saat pertama kali mau mulai memasak di rumah. Peralatan dasar harus dibeli. Saya bantu menuliskan daftar peralatan yang pertama kali wajib dimiliki ya, karena dulu saat saya mulai tinggal di rumah sendiri juga seperti ini, nyicil beli peralatan satu per satu, sampai akhirnya lengkap. ๐Ÿ™‚

perlengkapan dapur

Jadi penting juga kalau ibu-ibu mau mulai belajar memasak, boleh mulai cek apakah sudah punya alat-alat di bawah ini atau tidak.

Ok, kita mulai!

1. Kompor (ya jelas dong)

Untuk pemilihan jenis kompor bisa mulai pilih dari yang simple sampai yang canggih.

Kompor Gas 2 Tungku adalah pilihan yang paling simple. Ini mudah dibeli dimana-mana. Merk apa yang paling oke? Banyak merk yang ada di pasaran, mulai dari Cosmos, Winn Gas, Sanken, Electrolux dan lain-lain. Untuk awal belajar memasak, yah boleh pilih yang sesuai budget deh. Kalau mau lebih murah lagi, bisa pilih kompor 1 tungku.

kompor winn gas 2 tungku

2. Timbangan

Timbangan boleh dipilih antara timbangan digital atau timbangan analog. Untuk harga memang timbangan analog lebih murah daripada timbangan digital, tapi memang lebih mudah dan presisi ya timbangan digital. Harga juga bervariasi tergantung dari kapasitas timbangannya (3 kg, 5 kg, 10 kg) dan merknya juga. Saya sendiri suka pakai merk Tanita karena cukup presisi.

timbangan digital ideal life

3.Panci

Jenis panci seperti apa yang dibutuhkan kalau baru mau mulai belajar memasak? Supaya hemat budget, tentunya tidak perlu beli banyak-banyak. Beli 1-2 jenis panci saja sudah cukup. Kalau hanya tinggal sendirian, panci dengan ukuran diameter 16 cm – 20 cm sudah cukup. Tapi, kalau tinggal bersama keluarga sekitar 5 orang ke atas, tentu panci yang lebih besar yang dibutuhkan.

Bahan juga bisa dijadikan pertimbangan. Bahan panci bervariasi dari aluminium, tembaga, besi, stainless steel, lapis keramik, dan sebagainya. Bahan menentukan panas yang dihantarkan ke makanan. Untuk lebih jelasnya, saya bahas di post yang lain.

panci penggorengan maxim

4. Talenan

Talenan ada yang terbuat dari plastik, bambu ataupun kayu. Pilih talenan yang kuat, cukup rata, tidak bergerak saat digunakan. Sekarang ini banyak talenan yang dijual 1 set berbagai ukuran seperti foto di bawah ini.

talenan oxone

5. Pengaduk/ spatula

Pemilihan jenis bahan spatula tergantung juga dari panci yang kamu miliki. Kalau pancinya dari stainless steel, tidak masalah mau pakai yang silicone ataupun yang besi. Kalau panci dari lapisan keramik, harus hati-hati menggunakan spatula dari bahan besi, karena lapisan keramiknya bisa lecet. Untuk panci berlapis keramik, sebaiknya menggunakan spatula yang terbuat dari silicone tahan panas.

spatula kitchen

 

Spatula Set dari besi.Spatula set seperti ini rapi dalam penyimpanannya, tinggal digantung setelah dicuci, jadi mudah juga untuk mengambilnya.

7. Pisau

Nah, ini sangat penting! Bagaimana mau memasak, kalau tidak punya pisau? Pisau bisa dipilih dari berbagai macam merek, mulai dari yang murah sampai yang mahal, dari ukuran kecil sampai besar. Ada jenis pisau pemotong daging, pisau golok, pisau pemotong buah, pisau kecil untuk memotong bawang dan lain-lain.

kitchen knife oxone

Set pisau Oxone. Set pisau dari Oxone ini lumayan lengkap untuk memulai belajar masak. Dan karena ada tempat menyimpannya langsung, jadi rapi dan tidak berantakan saat tidak dipakai.

8. Blender

Blender penting juga ada di dalam dapur. Dengan adanya blender kering maupun basah, bisa menghemat waktu memasak. Persiapan bumbu jadi lebih cepat dengan adanya blender. Pilih yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk awal belajar memasak, blender 2 liter sudah cukup. Biasanya blender ada 2 mangkok, yang satu untuk blender bahan basah (mangkok besar), satunya untuk bahan kering (mangkok kecil). Harga bervariasi sesuai bahan yang dibuat, ada yang mangkoknya dari plastik, ada juga yang dari kaca tebal. Merk Philips ini sudah lumayan banyak dikenal dan kualitasnya pun oke selama pemakaian masih dalam batas normal.

 

blender philips

9. Saringan

Benda kecil tapi sangat berguna ini dan harus ada di dalam dapurmu. Kadang bisa terlupakan untuk beli benda ini, tapi beneran deh, sangat amat berguna. Beli yang satu ukuran kecil dan satu ukuran besar sudah cukup untuk semua kegiatan masak-memasak di dalam dapur.

saringan

10. Rice Cooker

Jangan sampai lupa beli ini ya. Kalau ga ada, bingung deh mau masak nasi pakai apa. ๐Ÿ™‚ Tentu bisa masak dengan panci, tapi repot dong. Ga keburu kalau pancinya hanya punya 1.

Rice cooker yang tersedia di pasaran mulai dari yang murah sampai yang mahal ada. Silahkan pilih sesuai dengan budget. Semakin mahal, tombol yang tersedia semakin lengkap, bisa masak bubur, memasak brown rice dengan legit, mengukus, memanaskan dan lainnya.

panasonic rice cooker

 

Tentunya masih ada banyak lagi keperluan benda-benda di dalam dapur sehingga proses masak-memasak jadi lancar berhasil. Mungkin dari daftar yang saya berikan disini, masih ada yang kurang, tapi paling tidak, 10 benda ini wajib dimiliki kalau kalian mau mulai memasak sendiri.

Kalau ada yang ingin menambahkan, boleh tambahkan di bagian comment ya. Terima kasih ๐Ÿ™‚

Happy Cooking!!!